Resep Membuat Kue Semprong Renyah dan Gurih

2 min read

Resep dan Cara Membuat Kue Semprong

Resep Kue Semprong – Kue semprong merupakan salah satu jajanan kue kering yang dipercaya berasal dari Indonesia. Kue dengan bentuk silinder panjang seperti pipa ini memiliki rasa yang unik dan khas. Semprong terkadang juga menjadi salah satu suguhan kue kering di hari raya seperti lebaran dan natal. Rasa kue yang gurih dan tidak terlalu manis, menjadi pilihan banyak orang untuk mencicipinya karena akan terasa renyah saat digigit.

Dalam perkembangannya kue semprong memiliki banyak bentuk baru. Hal ini dikarenakan adanya cetakan kue semprong yang bervariasi. Sehingga jamak ditemukan resep kue semprong dengan bentuk segitiga dan persegi panjang. Bentuk baru seperti ini semakin memikat para penggemar kue kering untuk menyantapnya karena lebih ringkas sehingga lebih mudah untuk dibawa bepergian.

Kue semprong atau dikenal juga dengan nama kue gapit dipercaya merupakan modifikasi dari kue kering Norwegia yang dinamakan krumkake. Hanya saja bahan dan bentuknya sudah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia.

Resep dan Cara Membuat Kue Semprong
Kue Semprong

Meskipun semprong sangat populer di masyarakat, ternyata kue ini agak sulit ditemukan di pasar tradisional maupun pasar modern dikarenakan keterbatasan produksi dan produsennya. Untuk itu agar Anda tidak perlu repot mencari kue kering renyah yang satu ini, alangkah baiknya jika bisa membuatnya sendiri di rumah. Alih-alih menjadi cemilan keluarga, mungkin bisa menjadi salah satu penghasilan tambahan untuk menjualnya secara online ataupun offline. Hal ini tentu saja lebih menguntungkan karena resep kue semprong cukup sulit ditemukan.

Cara Membuat Kue Semprong Enak dan Gurih

Tapi Anda tidak usah khawatir, di artikel ini akan ada ulasan resep bagaimana cara membuat kue semprong yang enak, renyah dan gurih. Untuk tidak berlama-lama lagi, mari simak langkah-langkah pembuatan kue semprong berikut ini.

Bahan-bahan Membuat Kue Semprong

  • 250 gram tepung beras
  • 200 ml santan kelapa
  • 3 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram wijen
  • 50 gram Tepung sagu 50 gram
  • 165 gram gula halus 165 gram
  • 60 gram margarin, dilelehkan

Cara Membuat Kue Semprong Enak dan Renyah:

  1. Langkah awalnya adalah dengan mencampur gula pasir bersamaan dengan 3 butir telur ayam yang kemudian dikocok hingga mengental.
  2. Lalu masukkan tepung beras, dan tepung sagu yang dilakukan secara sedikit demi sedikit sambil diayak, sambil diaduk-aduk hingga rata.
  3. Kini lanjutkan dengan menambahkan santan kelapa, dan margarin yang sudah leleh. Tetap diaduk hingga tercampur rata.
  4. Setelah itu, masukkan wijen dan garam, sambil tetap diaduk rata hingga membentuk adonan.
  5. Kini tuangkan adonan tersebut ke dalam cetakan kue semprong yang sebelumnya telah disiapkan dengan cara memanaskannya terlebih dahulu menggunakan api sedang.
  6. Setelah adonan masuk merata ke cetakan semprong, tangkupkan penutupnya dan jangan lupa untuk membolak-balik supaya semprong matang dengan sempurna.
  7. Kini setelah semprong matang dan kering, angkat dan gulung kue semprong selagi masih panas. Bentuk sesuai selera Anda.
  8. Masukkan ke dalam wadah kedap udara agar kerenyahannya tetap terjaga.

Cukup mudah bukan cara membuat kue semprong?, bisa Anda praktekkan di rumah dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang mahal. Yang harus Anda perhatikan saat membuat kue semprong ini adalah ketelitian dan hati-hati karena kue semprong harus dibentuk selagi masih panas.

Anda juga bisa mengganti tepung beras dengan tepung ketan, resep kue semprong tepung ketan ini hanya berbeda di penggunaan jenis tepung saja, sedangkan proses dan langkah-langkah pembuatannya tetap sama.

Demikian ulasan resep kue semprong yang enak, renyah dan gurih. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi Anda untuk membuat semprong di rumah. Selain kue semprong, kue kering yang layak Anda coba juga adalah kue serabi atau aneka olahan tahu seperti resep tahu gejrot yang rasanya enak dan pedasnya menggoda. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *