Cara Membuat Kue Serabi Tepung Beras yang Sederhana dan Lezat

4 min read

resep kue serabi tepung beras

Cara Membuat Kue Serabi Tepung Beras – Serabi adalah salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang dibikin menggunakan tepung beras dengan berbagai rasa. Pada umumnya ada dua jenis serabi, serabi manis menggunakan kinca dan serabi asin yang menggunakan oncom.

Seiring waktu, serabi semakin beragam dengan berbagai topping yang semakin menarik untuk disajikan. Tak heran meskipun serabi adalah jenis jajanan tradisional, hal ini tiak mengurangi kepopulerannya. Bahkan kini banyak cafe serta restoran yang kembali mengangkat serabi sebagai menu andalan mereka. 

Respon positif juga didapat karena kue serabi juga memiliki rasa yang enak dan cocok di lidah. Yang paling penting, kue serabi tidak dijual dengan harga yang mahal, sehingga sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Resep dan Cara Membuat Kue Serabi

Hal ini juga ditunjang dengan kreatifitas pembuatnya sehingga serabi atau dikenal juga dengan kue surabi mempunyai beragam rasa, tampilan dan cara membuatnya. Berikut adalah berbagai resep kue serabi yang bisa kamu coba di rumah atau bisa dijadikan sebagai usaha kecil menjajakan jajanan tradisional dari rumah atau secara online.

Yuk dicobain resep mie goreng enak, lezat, dan dijamin bikin kamu ketagihan untuk mencoba semuanya.

Kue Serabi Tepung Beras

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat sajian kue serabi juga terbilang sederhana dan mudah didapatkan.  Jika Anda berniat untuk membuat sendiri kue serabi di rumah, coba simak saja resep kue serabi tepung beras  dibawah ini.  Resep ini juga sudah kami sertakan kuah kinca yang akan membuat rasa kue serabi Anda makin nendang di lidah.

resep kue serabi tepung beras
Kue Serabi Tepung Beras

Bahan-bahan untuk membuat kue serabi tepung beras

  • Tepung beras sebanyak 200 gram
  • Kelapa setengah tua sebanyak 150 gram, keruk dan parut kasar
  • Santan kelapa sebanyak 500 ml dari ½ butir kelapa
  • Air perasan daun suji sebanyak 50 ml, dibuat dari 10 lembar daun suji ditambah 50 ml air
  • Garam halus sebanyak ½ sdt

Bahan kuah kinca:

  • Gula merah sebanyak 120 gram, sisir halus
  • Santan kelapa kental sebanyak 100 ml
  • Daun pandan sebanyak 3 lembar, potong jadi 2 bagian
  • Garam halus sebanyak ½ sdt
  • Gula pasir sebanyak 20 gram

Cara Membuat Kue Serabi Tepung Beras

  1. Pertama kita buat dahulu adonan kue serabinya. Siapkan wadah yang bersih dan berukuran cukup besar, masukan bahan-bahan seperti tepung terigu, kelapa parut, dan garam.  Aduk bahan hingga tercampur dengan merata.
  2. Tuangkan santan ke dalam campuran bahan kering tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk.  Pastikan bahwa campuran bahan-bahan ini menjadi adonan yang cukup cair.
  3. Masukan air perasan daun suji, aduk kembali semua bahan hingga adonan berwarna hijau.
  4. Panaskan cetakan serabi, gunakan saja api sedang dan jika dirasa cetakan sudah panas, kecilkan api.
  5. Tuangkan 1 sendok sayur adonan serabi ke dalam cetakan tersebut, tutup dan masak sampai matang kira-kira 2 sampai 3 menit. Lakukan sampai semua adonan habis dan sisihkan.
  6. Sekarang untuk kuah kinca, siapkan panci bersih dan masukan santan serta daun pandang serta masak hingga mendidih.
  7. Tambahkan irisan gula merah, gula pasir dan sedikit garam, aduk rata rata dan masak hingga larut. Matikan api dan dinginkan.
  8. Siapkan piring saji, letakan beberapa kue serabi dan guyurkan kuah kinca. Kue serabi siap untuk dinikmati.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan serabi yang sudah mengalami peleburan budaya di daerah Solo. Tekstur serabinya lembut, tipis, dan kenyal. Rasa manis, legit, dan gurih menjadi rasa orisinal yang ditawarkan oleh kue tradisional ini meskipun dalam perkembangannya kini memiliki varian rasa yang lain.

Serabi Notosuman yang lembut, kenyal, tipis
Serabi

Jika awalnya serabi disajikan dengan kuah, maka serabi notosuman tidak menggunakannya. Maka tak heran jika serabi khas solo ini disajikan dalam gulungan bungkus daun pisang.

Kue serabi merupakan salah satu jenis kue basah, dan kelemahan kue jenis ini tidak bisa bertahan lama sehingga agak repot bagi mereka yang berada di luar kota Solo. Tapi jangan khawatir, ikuti saja resep serabi notosuman di bawah ini karena bisa kamu coba sendiri di rumah dan hitung-hitung sebagai penawar rindu akan gadis Solo.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 700 ml santan kental
  • 50 gram gula pasir
  • ¼ sdt baking soda
  • ½ sdt vanili
  • ½ sdm ragi instant
  • 2 lembar daun pandan
  • Daun pisang secukupnya
  • Topping: cokelat, keju, atau potongan nangka

Cara membuat:

  1. Rebus santan beserta daun pandan hingga mendidih. Jangan lupa diaduk-aduk agar tidak pecah.
  2. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan pada suhu ruang hingga hangat kemudian ambil sekitar 100 ml santan untuk dipergunakan sebagai areh.
  3. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan bahan kering lainnya. Tambahkan santan yang dimasak tadi sambil diaduk-aduk pelan hingga tercampur rata,
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam hingga muncul buih-buih pada permukannya.

Resep Serabi Bandung

Serabi Bandung lembut dan sedap
Serabi

Serabi Bandung merupakan salah satu kue serabi yang terkenal selain serabi khas Solo. Walaupun saat dimasak masih menggunakan cetakan yang berasal dari tanah liat, kue surabi Bandung pada umumnya tampil lebih kekinian dengan berbagai varian rasa dan topping yang bisa menyesuaikan keinginan konsumen. Penyajiannya pun sudah modern tanpa perlu lagi menggunakan daun pisang, kuah santan dan gula merah.

Salah satu surabi bandung yang disuka adalah kue serabi dengan topping coklat. Rasanya manis, kenyal dan menyegarkan dengan tampilan yang menggugah selera makan. Berikut adalah resep serabi bandung.

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram kelapa parut yang sudah dikupas kulit luarnya
  • 800 ml santan atau air
  • Garam secukupnya
  • Keju sesuai selera
  • Meses ceres sesuai selera
  • Susu kental manis

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung beras, kelapa, garam, dan tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Diamkan adonan hingga 45 menit
  2. Panaskan cetakan dengan ukuran api kecil. Jika cetakan sudah panas, masukan adonan sampai setengah. Tabur meses ceres sampai setengah matang
  3. Setelah setengah matang, masukkan adonan lagi. Tabur dengan meses ceres, dan tutup cetakan kembali.
  4. Setelah matang, parutkan keju di atasnya, dan tuangkan susu cokelat kental manis di atasnya.

Resep Surabi Enhai

resep surabi enhai
Kue Surabi

Serabi enhai atau surabi enhai merupakan pengembangan dari kue serabi yang dikenal sebagai jajanan khas tradisional Indonesia. Pengembangan yang dilakukan adalah dengan memodifikasi rasa surabi yang awalnya hanya manis dan asin menjadi lebih dari 23 varian rasa.

Dengan modifikasi rasa ini akhirnya serabi enhai atau juga dikenal sebagai serabi imut menjadi sangat terkenal dan menjadi kuliner wajib yang harus diicipi saat bertandang ke kota Bandung.

Bahan-bahan

  • 150 gr parutan kelapa muda
  • 250 gr tepung beras
  • 500 ml santan kental
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan topping serabi enhai

  • Keju parut secukupnya
  • 200 gr meisis coklat
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat

  1. Campurkan santang, kelapa parut, garam, dan tepung beras hingga merata dan menjadi adonan serabi.
  2. Siapkan cetakan serabi dan berikan sedikit minyak goreng agar ketika adonan dipanggang nantinya tidak lengket dan menempel pada cetakan.
  3. Setelah cetakan panas, Anda bisa menuangkan adonan serabi yang telah dibuat ke dalam cetakan. Masak adonan serabi dalam panggangan hingga muncul gelembung-gelembung.
  4. Setelah ada gelembung, Anda bisa menutup cetakan dan memasak adonan serabi hingga matang.
  5. Setelah adonan serabi matang, Anda bisa mengangkatnya dan menaruhnya pada suatu wadah untuk diberikan toping meisis, keju, dan susu kental manis.
  6. Serabi Enhai Bandung yang enak dan gurih siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Untuk masalah toping pada atas serabi, anda dapat menggunakan topping lainya seperti selai coklat, kacang tanah, gula halus, dll. Serabi akan sangat nikmat untuk disantap ketika masih dalam keadaan panas.

Itulah beberapa resep serabi yang bisa dicoba di rumah. Bahan dasar kue serabi adalah tepung beras, namun dengan berbagai kreasi kekinian, jajanan tradisional ini akhirnya menemukan kembali kepopulerannya setelah dimodifikasi dengan berbagai varian rasa dan kemasan yang semakin praktis dan sederhana tanpa perlu adanya kuah.

Untuk hasil yang lebih merata tingkat kematangannya dan unsur gurih, disarankan untuk menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat dibandingkan dari material baja.

Baca juga : Cara Membuat Bumbu Ikan Bakar Enak dan Lezat

Semoga kumpulan resep cara membuat kue serabi tepung beras yang enak, sederhana dan tentunya mudah dilakukan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *