5 Resep Cara Membuat Donat Gampang, Anti Gagal

5 min read

Resep Donat Kentang

Resep Donat – Donat merupakan jenis kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Mulai dari donat kelas pinggir jalan hingga yang dijual di pusat perbelanjaan selalu menjadi tempat yang ramai oleh pembeli dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Tampilan kue donat yang sederhana berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya yang mirip cincin telah menarik banyak peminat apalagi ditambah dengan berbagai topping yang menarik, manis dan lembut saat digigit.

Donat dalam proses pembuatannya menggunakan bahan yang mirip dengan jenis kue lainnya yaitu bahan adonan tepung terigu, gula dan mentega. Bahan yang sederhana, mudah ditemukan, serta kelezatan rasanya telah membuat banyak orang tertarik untuk membuat kue yang satu ini, sehingga tak jarang jamak ditemui orang-orang yang ingin mengetahui resep dan cara membuat donat kentang.

Asal Mula Kue Donat

Kue donat bukan makanan tradisional asli Indonesia layaknya kue serabi. Sejarah kue donat masuk ke negeri ini pun tidak bisa dipastikan siapa yang memulainya dan tahun berapa mulai masuk ke negeri nusantara ini. Tetapi yang pasti, kue cincin yang populer ini dipercaya kali pertama muncul dari Amerika Serikat. Hanya saja siapa yang menciptakannya telah menjadi perdebatan yang panjang.

Ingin makan kue serabi notosuman?, atau surabi enhai bandung?, Tapi kok jauh dari rumah. Tidah usah risau, pakai saja resep dan cara membuat kue serabi yang bisa dipraktekan di rumah.

Salah satu klaim yang hingga sekarang banyak didukung adalah versi lembaga National Dunking Association of America, sebuah lembaga yang dikhususkan untuk mempelajari seluk beluk tentang donat. Menurut lembaga ini, orang pertama yang menemukan kue donat adalah Hanson Crocket Gregory, walaupun klaim ini ditentang oleh suku asli Amerika, suku Indian.

Hanya saja setelah melalui proses perdebatan dan didukung oleh data-data yang ada, cerita mengenai sejarah kue donat yang diamini kesahihan sejarahnya adalah ditemukan pertama kali oleh Hanson Gregory, walaupun penemuan ini bisa dikatakan karena tidak sengaja. Ada dua cerita mengenai kapan dan mengapa kue ini berbentuk cincin.

Cerita pertama adalah saat Hanson Gregory secara tidak sengaja menancapkan kue ke roda kemudi kapalnya. Hal ini dikarenakan Hanson adalah seorang kapten kapal yang sering kali menghadapi badai di lautan. Badai yang kerap terjadi tersebut, memaksa Hanson untuk selalu sigap dibalik kemudi kapal, maka tak heran kue yang menjadi perbekalannya ditancapkan ke bagian roda kemudi sehingga bagian tengah kue menjadi bolong, hal ini sebenarnya hanya untuk menghemat waktu dan siap mengarungi badai laut.

Di cerita kedua, berawal dari Hanson Gregory muda, seorang remaja tanggung berumur sekitar 15 tahun yang mempunyai kebiasaan mencungkil bagian tengah kue yang belum matang. Tindakan ini dilakukan Hanson muda karena di jaman itu teknologi pemanggangan kue belum secanggih sekarang, yang mana selalu menyisakan bagian tidak matang di bagian tengahnya. Kebiasaan Hanson muda ini, akhirnya ditiru oleh ibunya, yang akhirnya bagian tengah kue pun bisa matang seluruhnya. Dan hal ini tetap berlanjut hingga dewasa, dan sejak saat itu kue dengan bentuk cincin ini pun menjadi populer dan menyebar ke seluruh dunia.

Kini, dengan semakin majunya teknologi, kue donat pun semakin populer. Tampilannya semakin berubah dan tidak lagi bulat atau berlubang di tengahnya. Berbagai variasi rasa, bentuk tampilan yang cantik dengan memanfaatkan bagian tengahnya sudah menjadi hal yang jamak kerap dijumpai di berbagai toko donat.

Ini dia resep dan cara membuat Serabi Notosuman yang rasanya enak, renyah, dan lembut di mulut.

Hal ini semakin membuat banyak orang penasaran yang ingin tahu cara membuat donat kentang yang praktis dan mudah dilakukan. Resep dan cara membuat donat kentang sebenarnya tidaklah sulit, hal ini pun bisa kamu lakukan di rumah dengan mudah. Hanya membutuhkan niat, ketekunan dan terus berlatih untuk mendapatkan rasa donat, dan bentuk donat versi kamu sendiri. Untuk itu berikut kamu siapkan resep-resep membuat kue donat kentang yang manis, enak dan praktis. Ayo simak, ini dia resep cara membuat donat.

Resep Membuat Donat Kentang Original

Resep Membuat Donat Kentang Original
Resep Donat

Jenis donat yang satu ini mudah ditemui di lapak-lapak kecil di pusat-pusat perbelanjaan. Penyajiannya sederhana dan hanya ditaburi dengan gula halus. Tetapi dibalik kesederhanaannya tersebut, terdapat rasa yang lezat, manis, dan lembut saat digigit. Dengan kata lain, kamu bakal ketagihan untuk mencicipinya. Untuk itu, inilah resep kue donat yang pertama yang bisa Anda coba di rumah

Bahan Donat Kentang Original

  • 75 gram mentega atau margarin
  • 4 kuning telur
  • 11 gram ragi instan
  • 500 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi
  • 100 gram gula kastor atau gula halus
  • 200 gram kentang kukus yang sudah ditumbuk sampai halus dan sudah dingin
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 ml air
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Donat Kentang Original

  1. Untuk langkah pertama, campurkan terlebih dulu beberapa bahan seperti tepung terigu, susu bubuk, garam, gula halus, dan ragi. Lakukan dengan benar ya, campur semuanya hingga rata.
  2. Setelah campuran bahan bubuk rata, kini dilanjutkan dengan memasukkan kuning telur serta kentang yang sebelumnya sudah ditumbuk hingga halus. Lalu secara perlahan tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga adonannya kalis.
  3. Jangan lupa untuk menambahkan mentega ataupun margarin sambil terus diuleni hingga adonan jadi elastis dan kalis.
  4. Sekarang diamkan adonan donat tersebut sekitar 20-30 menit (atau bisa juga lebih lama lagi), tapi jangan terlalu lama ya. Saat mendiamkan adonan, tutup bagian atas adonan dengan serbet lembab, tidak boleh ada air yang menetes ke adonan, ini merupakan langkah pencegahan agar adonan tidak menjadi kering.
  5. Setelah didiamkan, kini donat dapat dikempeskan dan dibentuk menjadi bentuk donat. Gunakan cetakan donat untuk mempermudah dan mempercepat proses ini.
  6. Setelah semua adonan terbentuk, kini diamkan lagi dengan waktu yang kurang lebih sama yaitu sekitar 20 hingga 30 menit, jangan lebih dari itu ya.
  7. Sekarang bisa dilanjutkan dengan menggoreng donat kentang menggunakan api kecil hingga warnanya menjadi kecoklatan sebagai tanda sudah matang.
  8. Angkat donat agar tidak gosong, lalu dinginkan. Nah kini, gunakan kreasimu dengan menghiasi bagian atas donat dengan berbagai kreasi topping yang kamu suka. Jika tidak mau ribet, pakai saja taburan gula halus.

Resep Membuat Kentang Coklat

Resep Membuat Kentang Coklat
Resep Donat Kentang

Resep donat yang satu ini merupakan resep modifikasi untuk mengisi donat dengan cokelat agar saat digigit, akan terasa kombinasi rasa lembut donat dan cokelat secara bersamaan. Hal inilah yang membuat donat semakin disukai karena bisa digunakan untuk memanjakan selera makan dan bikin ketagihan akut. Resep dan caranya pun gampang dan bisa kamu lakukan di rumah.

Ini dia caranya bikin bolu kukus mekar, enak, praktis, dan anti gagal. Yang rasa pandan dan seperti pelangi juga ada. Yuk simak resep dan cara membuat bolu kukus.

Bahan-bahan untuk Donat Kentang Isi Coklat

  • 50 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan.
  • 50 gram gula pasir.
  • 50 gram margarin.
  • 400 gram tepung terigu protein tinggi.
  • 150 ml air es.
  • 1 sendok teh ragi instan.
  • 1 butir telur ayam.
  • 1 sachet susu bubuk.
  • 1 sendok teh garam.

Bahan Isi untuk Donat

  • Air secukupnya
  • 250 gram coklat masak pekat yang sudah dipotong kecil-kecil

Bahan Pelengkap Donat

  • Gula halus sebagai taburan

Cara Membuat Isian Cokelat untuk Donat

  • Langkah pertama adalah membuat bahan isi donat, dengan melelehkan cokelat menggunakan air menggunakan cara di tim.
  • Air yang telah mendidih, masukkan potongan kecil-kecil cokelat ke dalam mangkuk tahan panas, lalu letakkan di atas panci dengan air yang mendidih tersebut.
  • Kemudian lanjutkan dengan memanaskan cokelat hingga meleleh seluruhnya.
  • Setelah cokelat meleleh, matikan api dan diamkan sebentar cokelat.

Cara Membuat Donat Kentang Isi Coklat

  1. Buat adonan dengan mencampurkan berbagai bahan seperti kentang yang sudah dihaluskan, susu bubuk, tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir.
  2. Kini aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
  3. Uleni bahan adonan tersebut sambil ditambahkan sedikit demi sedikit telur dan air es, terus diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  4. Tambahkan garam dan margarin, terus ulenin hingga adonan benar-benar menjadi kalis dan elastis.
  5. Kini diamkan adonan kurang lebih 15 menit.
  6. Siapkan loyang dan taburi permukaan loyang dengan tepung terigu secukupnya.
  7. Sekarang bagi adonan menjadi beberapa potongan, yang tiap potongannya sekitar 30 gram. Bentuk adonan menjadi bulat donat dan letakkan bulatan adonan tersebut ke atas loyang.
  8. Kini diamkan kembali adonan hingga 45 menit.
  9. Setelah waktu 45 menit, goreng adonan di dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Jika telah matang tiriskan minyaknya.
  10. Gunakan sumpit untuk melubangi salah satu bagian sisi donat, lalu semprotkan cokelat leleh secukupnya.
  11. Untuk menambah rasa manis, kamu juga bisa menaburi gula halus ke donat hingga seluruh seluruh permukaannya tertutup.
  12. Kini donat kentang isi cokelat siap disajikan dan disantap bersama keluarga atau orang yang kamu sayangi.

Resep Membuat Donat Kentang Madu

Resep Membuat Donat Kentang Madu
Resep Donat Kentang

Resep donat kentang madu merupakan salah satu resep favorit karena rasanya yang enak, praktis, dan mudah dipraktekan di rumah. Kelembutan donat saat digigit kini akan berpadu dengan manisnya rasa madu yang menyegarkan, sehingga tak heran kamu akan berkali-kali mengambil donat yang tersaji hingga tak terlewat satu pun di piring. Penasaran bukan dengan resep dan cara membuatnya?, ayo kita mulai saja.

Bahan Donat Kentang Madu

  • 400 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan.
  • 200 ml air dingin.
  • 200 gram gula pasir.
  • 150 gram mentega atau margarin.
  • 100 gram susu bubuk putih atau susu skim bubuk.
  • 50 ml madu.
  • 20 gram ragi instan.
  • 6 buah kuning telur.
  • 2 liter minyak goreng untuk menggoreng.
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi.
  • 1 sdt garam

Cara Membuat Donat Kentang Madu

  1. Ayak terlebih dahulu bahan tepung terigu dan susu bubuk, pastikan tidak ada yang bahan yang menggumpal karena akan berpengaruh pada hasil donatnya.
  2. Kini campurkan bahan seperti susu bubuk, tepung terigu, ragi instan dan gula pasir, aduk perlahan hingga semuanya menjadi adonan yang tercampur merata.
  3. Sembari tetap diaduk, tambahkan air sedikit demi sedikit, hingga campuran adonannya tercampur rata.
  4. Kini giliran memasukkan kuning telur, kentang serta madu, tetap sambil diaduk dan diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  5. Kini tambahkan mentega dan garam, tetap diuleni hingga adonan menjadi kalis. Kini diamkan selama 15 menit dengan menutupnya menggunakan kain lembab.
  6. Setelah 15 menit didiamkan, keluarkan, kemudian kempeskan, lalu potong-potong adonan menjadi beberapa potongan dengan berat 50 gram.
  7. Sekarang bentuk adonan menjadi bulat, kemudian diamkan kembali selama 20 menit untuk membiarkannya mengembang.
  8. Kini lubangi bagian tengah adonan hingga bentuknya mirip seperti donat.
  9. Sekarang goreng adonan yang sudah dibentuk bulatan donat ke dalam minyak panas sambil terus diputar-putar bagian tengahnya yang bolong tersebut menggunakan sumpit.
  10. Lakukan hal ini hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan. Kini angkat dan tiriskan.
  11. Donat kentang madu pun kini siap disajikan, untuk topping bisa kamu tambahkan sesuai selera.

Demikianlah resep dan cara membuat kue donat yang bisa dicoba di rumah. Mudah bukan?, prosesnya pun praktis dan sederhana, tapi dijamin rasanya enak dan lembut saat digigit. Terimakasih sudah mampir di artikel mengenai resep donat kali ini, sampai jumpa di artikel resep masakan berikutnya.

Resep Bolu Gulung

Ais
1 min read

Cara Membuat Pizza di Rumah

Ais
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *