Cara Membuat Kroket Enak, Lezat dan Lembut Menggoda

Resep Kroket – Suka dengan kentang?, pasti sudah sangat paham dengan cara membuat kroket kentang, jajanan yang satu ini masuk ke Indonesia saat masa penjajahan Belanda dan kini sudah menjadi salah satu makanan kegemaran masyarakat seperti kue nastar keju yang lembut dan lumer di mulut.

Kroket bentuknya mirip dengan lumpia dan risoles, namun yang bisa menikmati makanan ini hanya orang-orang tertentu. Namun hal tersebut sudah berlalu karena cara membuat kroket kentang sudah menjadi hal yang mudah dilakukan, terlebih dengan bahan utama kentang dan isiannya pun sangat mudah ditemui. Makanan ini kini banyak digemari orang-orang, terutamanya anak-anak karena tekstur kulit luarnya yang renyah namun lembut di bagian dalamnya. Perpaduan tekstur inilah yang makin membuat banyak orang jatuh cinta.

Seiring waktu, cara membuat kroket kentang tidak hanya mengandalkan isian yang itu-itu saja. Layaknya resep membuat combro dan resep kue serabi, variasi rasa kroket pun semakin banyak yang disesuaikan dengan selera masing-masing penikmatnya, sehingga kroket dengan isi daging, mie, sayuran, ayam, dan kornet kini menjadi pilihan rasa yang ditawarkan ke konsumen.

Resep dan Cara Membuat Kroket Renyah Enak dan Lembut
Resep Kroket Kentang

Cara membuat kroket kentang sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang, meskipun demikian cita rasa dan kelezatannya tidak bisa dikalahkan begitu saja dengan resep cemilan modern. Hal ini bisa dibuktikan dengan masuknya penjual cemilan di mal-mal dengan menawarkan kroket sebagai salah satu menu mereka.

Kentang yang bermutu baik menjadi faktor penentu keberhasilan membuat kroket, karena bahan inilah yang menjadi bahan utamanya. Untuk itu banyak penjual kroket dan restoran menggunakan kentang impor. Tetapi kentang lokal tetap bisa Anda gunakan, asalkan memilah dan memilih yang berkualitas bagus dan masih baru saat membeli. Pastikan juga kentang yang dipilih bagian luarnya mulus dan tidak busuk, hal ini sebagai syarat utama agar kroket yang Anda buat tidak terasa pahit.

Sudah penasaran bukan bagaimana cara membuat kroket kentang?, kali ini kita akan membuat kroket isi tuna sebanyak 15 buah dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang, kukus, kupas kulit
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm margarin
  • Garam secukupnya
  • Lada  bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Isi:

  • 1 kaleng ikan tuna, lumatkan
  • 5 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 3 buah cabai merah keriting, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya

Pelapis:

  • 2 butir telur ayam, kocok lepas
  • 200 gram tepung panir

Cara Membuat Kroket Isi Tuna:

  1. Bahan Isi: Tumis bawang putih hingga layu, masukkan bawang merah, tumis hingga harum. Tambahkan cabai merah, aduk hingga layu. Masukkan ikan tuna dan sedikit air. Bumbui dengan garam dan penyedap rasa, masak hingga matang.
  2. Kukus kentang selama 30 menit hingga empuk, angkat dan haluskan. Masukkan telur ayam, margarin, garam dan lada. Aduk rata.
  3. Ambil sekitar 30 gram adonan kentang, pipihkan. Beri isi di bagian tengahnya, bentuk lonjong. Celupkan ke dalam telur ayam lalu gulingkan di ada tepung panir hingga permukaannya tertutup rata. Simpan dalam lemari es minimal selama 1 jam.
  4. Goreng kroket dalam minyak panas di atas api sedang hingga kecokelatan, angkat dan tiriskan. Sajikan bersama pelengkap.

Baca juga: Resep Cimol yang satu ini sangat enak, dan lembut meskipun kenyal di mulut.

Bagaimana dengan resep kroket kentang isi tuna ini?, cukup mudah bukan cara membuatnya. Dijamin citarasa dan teksturnya tidak kalah dengan kroket yang dijual di pusat-pusat berbelanjaan ataupun restoran terkemuka lainnya. Lagipula, tidak ada salahnya untuk Anda coba di rumah karena jajanan yang satu ini cocok disantap di berbagai kesempatan. Anda pun bisa mencoba resep membuat kue tradisional ongol-ongol yang tak kalah lembutnya saat di mulut.