Perbedaan Antara Pergola dan Kanopi

Membahas setiap bagian dari rumah tidak cukup dihabiskan dalam satu hari, bahkan jika diwujudkan dalam bentuk buku akan membutuhkan edisi berjilid-jilid untuk menuntaskannya.

Salah satu bagian dari desain rumah yang sering salah dimengerti dan tertukar adalah Pergola dan Kanopi. Dua bagian yang mirip tapi tak sama ini nasibnya sama dengan teko dan ceret, meski hamper memiliki fungsi yang sama tetapi ada perbedaan fungsi secara keseluruhan.

Baca juga: Inspirasi Desain Interior Dapur Ideal di Apartemen

Untuk itu penulis mencoba untuk memberikan informasi agar kita cerdas mengetahui perbedaan antara pergola dan kanopi.

pergola design

Kanopi dan pergola memang serupa dimana keduanya memang ditempatkan di luar rumah. Hanya saja banyak orang menganggap pergola adalah salah satu gaya dari kanopi, padahal hal ini tidaklah benar.

Dan bagi sebagian orang juga menganggapnya satu hal yang sama meskipun telah diberikan contoh adanya perbedaan antara pergola dan kanopi. Jadi, apakah Anda juga menganggap pergola dan kanopi hal yang sama?, jika iya, baiknya membaca artikel hingga selesai.

Kanopi dan pergola memiliki fungsi untuk melindungi benda atau area yang ada di bawahnya. Tetapi karakter melindungi ini ternyata sangat berbeda diantara keduanya. Perbedaan inipun sangat mencolok dilihat dari fungsi maupun bentuknya. Mari kita simak sama-sama perbedaan yang ada diantara Kanopi dan Pergola.

kanopi minimalis

Perbedaan Kanopi dan Pergola

1. Fungsi

Dari sisi fungsi, meskipun sama-sama memiliki kegunaan untuk melindungi benda atau area di bawahnya, ternyata pergola sering dijumpai menggunakan atap tanaman rambat yang dibentuk sedemikian rupa agar bisa menjadi peneduh atau pelindung dari cahaya matahari.

Lihat juga: 10 Desain Dapur Minimalis Terbaik

Sedangkan untuk kanopi, memiliki fungsi yang lebih jauh dan tidak hanya sebagai peneduh atau pelindung dari cahaya matahari karena kanopi juga mempunya fungsi sebagai media penghalang cuaca, yaitu saat cuaca hujan sehingga benda atau area di bawahnya bisa terlindungi dari curahan air hujan. Dari sini terlihat jika pergola tidak memiliki fungsi ini karena struktur pergola yang hanya menggunakan atap dari tanaman rambat.

2. Konstruksi Atap

Kanopi dan pergola memiliki perbedaan yang sangat mencolok dan mudah dilihat secara visual dari struktur konstruksi atap. Pergola hanya memiliki atap yang terbuat dari tanaman rambat seperti alamanda, sedangkan atap kanopi biasanya menggunakan atap berbahan plastic polimer atau polycarbonate sehingga mampu melindungi dari segala cuaca.

Struktur atap kanopi cukup beragam bentuknya, bisa berbentuk melengkung atau miring dengan rangka yang terbuat dari besi hollow ataupun baja ringan, sedangkan pergola biasanya berbentuk berbentuk datar dan tersusun dari rusuk-rusuk kayu sejajar berselang-seling. Hanya saja karena pergola sering dianggap salah satu gaya kanopi, jamak ditemukan pergola dengan atap selain tanaman rambat.

3. Material

Material yang digunakan pergola biasanya dibuat dari bahan kayu untuk memberi kesan kuat alami. Walaupun demikian, akibat perkembangan jaman dan desain ekterior rumah sekarang ini banyak pergola ditemukan menggunakan bahan logam dan beton. Artinya pergola sudah memasuki era dimana kombinasi dari berbagai bahan dapat dijadikan sebagai material pembuatannya.

Untuk kanopi bisa menggunakan bahan apa saja. Tetapi biasanya material pembuatan kanopi menggunakan bahan yang tahan cuaca, apalagi kanopi akan banyak terkena sinar matahari dan hujan. Sehingga bahan material yang tahan terhadap korosi atau pelapukan menjadi pilihan utama seperti stainless steel.

4. Kesan

Sebagai bagian dari eksterior rumah, kanopi dan pergola dapat ditempatkan di mana saja pada bagian luar rumah. Bisa ditempatkan di taman, balkon, garasi, ataupun teras dapur.

Dan disinilah nantinya akan terlihat perbedaan kesan antara menggunakan pergola atau kanopi. Bagi yang ingin menonjolkan kesan alami, asri dan bernuansa tropis maka pergola menjadi pilihan utama. Sedangkan untuk kanopi, dikarenakan material dan struktur bentuknya, akan memberikan kesan  kokoh dan simple. Bagi penggemar desain minimalis, kanopi menjadi pilihan yang tepat untuk memperkuat kesan tersebut.

Kanopi dan pergola merupakan bagian dari eksterior rumah yang meskipun tampak sama tetapi memiliki sejumlah perbedaan. Dengan mengetahui perbedaan diantara keduanya, maka kita akan bisa menempatkan dengan pas dimana pergola atau kanopi yang akan menjadi pilihan.