Cara Mudah Merawat Furniture Metal Anti Karat

Banyak orang masih menganggap furniture metal hanya cocok diletakkan di luar rumah sebagai furnitur taman. Contohnya, seperangkat kursi dari besi tempa lengkap dengan mejanya. Kekokohan furnitur ini rasanya terlalu kaku kalau dibawa masuk ke dalam rumah.

Namun furniture berbahan besi pilihannya tak hanya itu. Sekarang ini justru furniture metal kembali digemari karena sosoknya yang terkesan modern karena bahan metal dipakai sebagai penanda mulainya peradaban baru yang lebih maju.

Bentuknya pun dibuat sederhana dengan detail yang minim sehingga pas untuk penyuka langgam minimalis. Terlebih lagi, furniture berbahan metal sangat cocok dengan gaya hidup sehat karena tidak ada lagi ukiran yang dapat menyimpan kotoran dan debu. Kilap produknya pun dijamin kinclong tanpa perlu polesan seperti pada furniture kayu

furniture metal untuk meja makan

Bahan logam atau metal memang identik dengan sesuatu yang berat. Tapi metal sendiri mempunyai jenis yang beragam. Saat ini dengan perkembangan teknologi yang maju mampu diciptakan metal semacam alumunium yang kuat namun sangat ringan.

Baca juga: Begini cara membuat ruangan di rumah menjadi teduh dan hemat listrik

Baja pun ada yang diolah sedemikian rupa agar bobotnya enteng namun masih memiliki keunggulan material baja. Kemampuan material metal yang seperti inilah akhirnya memungkinkan model furniture dibuat lebih ramping sehingga lebih hemat ruang.

Bahan metal dikesankan sebagai bahan yang “dingin” karena pada awalnya furniture metal lebih banyak digunakan oleh kantor-kantor, kesan formal dan dingin ini masih terbawa saat akan digunakan untuk berbagai ruangan di rumah.

Jika hal ini ingin dihindari, maka pilih kombinasi metal dengan bahan yang lebih hangat seperti kayu dan kulit. Pemilihan warna pun perlu diperhatikan dengan menggunakan warna-warna hangat seperti oranye, merah, dan kuning yang bisa membantu menghangatkan kesan dingin bahan metal.

Contoh bahan metal yang cocok untuk furnitur dalam rumah adalah perangkat meja dan kursi makan yang terbuat dari bahan metal dengan kombinasi kayu dan pemilihan warna oranye. Kombinasi ini cocok digunakan pada rumah mungil tanpa melupakan kenyamanan karena bentuknya dibuat seergonomis mungkin yang menyesuaikan dengan lekuk tubuh manusia.

Cara Menghilangkan Karat pada Furnitur Metal

Setiap furnitur membutuhkan perawatan yang teratur dan disesuaikan dengan bahan pembuatnya. Untuk furnitur bahan metal, munculnya karat merupakan hal yang tidak bisa dihindari terlebih di daerah tropis seperti Indonesia yang kaya akan curah hujan dan kelembaban. Karat sendiri merupakan hasil dari proses oksidasi yang tidak bisa dihindari karena hal itu merupakan proses alam.

Namun jangan khawatir karena hal ini bisa dihindari dengan beberapa tips cara tepat menghilangkan karat pada furniture metal.

Yuk simak: Beberapa contoh gambar desain ruang tamu yang menggunakan konsep minimalis modern

  • Furnitur metal tidak sulit perawatannya. Cukup dilap dengan kain kering. Jika ada kotoran membandel, lap permukaan metal dengan kain basah dan sedikit deterjen lembut. Kemudian keringkan permukaannya dengan kain kering untuk menghindari terjadinya noda bekas air.
  • Jika karat muncul, gunakan air perasan jeruk lemon yang mengandung asam, dan bisa digunakan sebagai penghilang karat alami. Caranya dengan menyemprotkan air lemon ke bagian yang berkarat, lalu diamkan beberapa menit. Gunakan sikat kasar untuk menggosok area yang terkena karat. Kemudian bilas hingga bersih dan pastikan kering.
  • Jika air perasan air jeruk lemon tidak ada, bisa menggunakan alternatif lain yaitu dengan menggunakan cuka dapur atau cuka apel karena mempunyai kandungan asam yang tinggi. Caranya pun sama dengan air perasan jeruk lemon.
  • Bagaimana jika karat sudah terlihat parah di furnitur metal?, mau tak mau hal ini perlu dihilangkan dengan menggunakan bahan kimiawi yang mengandung zat aktif asam oksalat. Biasanya bahan kimia ini berbentuk bubuk dan seperti bahan kimia lainnya, mempunyai sifat beracun. Sehingga tolong dibaca kembali petunjuk penggunaannya di plastik kemasan, gunakan alat pelindung diri yang disarankan dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Perkembangan teknologi metalurgi logam telah membuat sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin, dan yang awalnya terkesan kaku bisa masuk menjadi unsur pelengkap dan utama untuk digunakan sebagai furniture di dalam rumah.

Bagi Anda yang menyukai konsep minimalis modern dalam setiap ruang ataupun ornamen di dalam rumah, bahan logam atau metal menjadi sebuah pilihan yang wajib didahulukan karena memiliki kesan peradaban modern.

Meskipun demikian teknik perawatan menjadi penting tak ubahnya seperti furniture berbahan kayu, ataupun alami lain seperti rotan. Demikian lah informasi informasi mengenai furniture besi atau bahan metal yang bisa dimasukkan ke dalam rumah dengan teknik merawatnya agar lapisan anti karatnya tetap terjaga dan awet serta tahan lama.