Cara Membasmi Jamur di Furniture

Dapur yang bersih dan higienis adalah sebuah keharusan, tetapi ketika dapur terserang jamur maka hal ini bisa menjadi berita buruk. Untuk itu perlu suatu cara membasmi jamur yang menyeluruh karena sangat beresiko pada hasil masakannya.

Penghilang jamur cukup banyak tersedia mulai dari yang kimia hingga yang alami. Dan kali ini, kita akan menggunakan cengkeh sebagai bahan pembasmi jamur di dapur.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur atau bahan dasar pembuatan rokok kretek di negeri ini, cengkeh memiliki fungsi hebat lainnya yaitu sebagai pembasmi jamur alami dan ramah lingkungan.

Untuk membersihkan jamur di area dapur, kita akan menggunakan minyak cengkeh yang mengandung senyawa antispetik dan berguna secara efektif membunuh jamur dan spora.

Minyak cengkeh dihasilkan dari ekstraksi kuncup, batang dan daun cengkeh yang dipasaran dinamakan minyak astiri cengkeh. Senyawa antiseptic yang terkandung di dalam minyak cengkeh disebut sebagai Eugenol yang sangat dimusuhi oleh jamur.

Sehingga sangat berguna untuk membasmi jamur di area dapur, dan berikut ini adalah tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh.

Membasmi Jamur dengan Minyak Cengkeh

cara menghilangkan jamur di lemari secara alami

Step 1 – Gosok terlebih dahulu area dapur yang terindikasi terserang jamur dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan jamur yang terlihat dan untuk mempersiapkan langkap pembersihan berikutnya.Pastikan permukaan area dapur yang tadi telah digosok telah bersih, gunakan kain atau tisu untuk mengangkat sisa-sisa jamur dan kotoran.

Step 2 – Larutkan 1 sendok the minyak cengkeh ke dalam empat gelas air di dalam botol semprot. Gunakan air hangat atau panas saat melarutkan minyak cengkeh,pastikan botol semprot air tahan terhadap air panas atau air hangat dan gunakan sarung tangan sebagai pelindung tangan.

Step 3 – Semprotkan larutan minyak cengkeh ke are dapur yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar basah.  Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan usap dengan kain. Akan terlihat jejak jamur yang berwarna kehitaman akan turut lenyap.

Step  4 – Semprotkan kembali minyak cengkeh secukupnya ke area yang sebelumnya ditumbuhi jamur, namun jangan diseka atau dilap, cukup biarkan saja sampai kering yang berguna untuk menghambat pertumbuhan jamur dan membunuh spora jamur yang masih tersisa.

Step 5 – Kemudian secara berkala lakukan penyemprotan kembali larutan minyak cengkeh ke area dapur terutama ke area yang terserang jamur sebelumnya. Lakukan satu atau dua kali per bulan untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Lalu perlu diperhatikan juga ventilasi udara di area dapur dan penerangan yang cukup dari sinar matahari. Hal ini perlu dilakukan karena jika kedua hal tersebut kurang optimal, resiko tumbuh kembalinya jamur di area dapur akan besar. Lebih baik melakukan pencegahan dibandingkan melakukan pembasmian.

Merawat Rotan Bebas dari Jamur

Beragam jenis material telah banyak digunakan untuk furniture termasuk penggunaannya di ruang dapur. Mulai dari jenis material logam, plastik, rekayasa teknik yang menghasilkan berbagai jenis material baru dan berbagai bahan alami.

cara merawat furniture rotan

Penggunaan jenis material tentunya disesuaikan dengan tema rumah yang menyatukan tema dapur atau juga tema yang berbeda untuk menunjukkan adanya batas pemisah imajiner antara ruang di rumah dan dapur. Hanya saja jika ingin menghadirkan sentuhan tema eksotis maka bahan alami dan natural sebaiknya digunakan seperti bahan rotan.

Perkembangan teknologi juga akhirnya memicu beragam kreatifitas desain furniture rotan yang terlihat semakin semarak dan bervariasi. Namun meskipun teknologi pengolahan rotan semakin baik, perlu dibarengi dengan pengetahuan bagaimana cara merawat rotan yang baik agar awet dan selalu menawan.

Karena tiap bahan material memiliki cara tersendiri dan tentunya berbeda-beda untuk tiap-tiap material tersebut. Dan kali ini berikut adalah bahasan bagaimana cara merawat rotan agar selalu tampak menawan.

Tidak banyak yang perlu dilakukan untuk merawat rotan. Mudah, simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Juga hasilnya pun akan membuat furnitur rotan semakin awet dan tampak menawan. Berikut adalah tipsnya:

1. Bersihkan dengan Lap Kain basah

Penampilan rotan yang menawan akan rusak dengan adanya debu yang menempel dan menumpuk sehingga tampak kusam, kumuh dan tidak sedap dipandang mata. Caranya cukup mudah, permukaan rotan harus selalu dibersihkan dengan lap kain yang lembab yang berguna untuk menghilangkan debu di furniture rotan. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara perawatan rotan ini minimal dua minggu sekali, namun jika di rasa area rumah cukup berdebu, maka lakukan setiap seminggu sekali.

2. Pengecatan Ulang

Hal ini perlu dilakukan setelah furniture rotan berumur lebih dari 4 tahun. Karena meskipun rutin dibersihkan dengan lap kain basah, proses ini akan menggerus cat dan lapisan melamin yang ada di furnitur rotan.

Untuk mengembalikan penampilan menawan furniture rotan, maka perlu dilakukan pengecetan ulang. Gunakan Spryer untuk mengecat ulang furniture rotan, lalu setelah kering, lapisi dengan cairan melamik.

Melamik merupakan bahan finishing kayu yang bisa diaplikasikan ke rotan yang hasilnya halus dan rata namun tetap menampilkan keindahan alami serat kayu dan rotan.

3. Rayap

Musuh alami jenis material berbahan alami adalah rayap. Tidak hanya di bahan kayu, rayap juga menjadi musuh yang harus dibasmi. Rayap akan memakan rotan yang ditandai dengan adanya serbuk putih, jika hal ini tidak ditangani dengan segera, rotan akan cepat rusak.

Cara mengatasi rayap di rotan adalah dengan membuat larutan kapur barus dan minyak tanah, satu sendok kapur barus dilarutkan dalam 250ml minyak tanah. Aduk hingga benar-benar tercampur merata. Setelah merata, gunakan larutan tersebut pada bagian rotan yang terkena rayap dengan cara menyemprotnya.

Butuh delapan jam setelah mengaplikasikan semprotan pertama ke rotan guna memberikan kesempatan larutan tersebut terserap ke rotan, kemudian lakukan penyemprotan kembali hingga rayap benar-benar lenyap. Pastikan semua furniture rotan diperiksa dengan seksama dari potensi terserang rayap juga dengan furniture berbahan kayu lainnya.

Demikian tips membasmi jamur di furniture yang ada di area dapur. Semoga berguna dan bermanfaat. Jangan lupa untuk share artikel ini di FB, Twitter maupun Google Plus agar teman-teman anda pun mengetahuinya dan terinspirasi untuk menghilangkan jamur di rumah.