Ukuran Meja Dapur yang Ideal dan Cara Pembuatan Meja Dapur Cor

5 min read

Ukuran Meja Dapur Minimalis

Meja Dapur – Dalam membuat dapur idaman tentunya perlu diperhatikan juga ukuran meja dapur yang akan digunakan. Hal ini sangat berkaitan dengan faktor kenyamanan penggunaan dapur.

Salah satu meja dapur yang bisa kita lirik adalah meja dapur cor. Untuk itu penulis mencoba menggambarkan cara pembuatan meja dapur dari cor dan ukuran idealnya.

Sebelum kita melangkah bagaimana membuat meja dapur cor, maka akan lebih baik kita mengetahui keunggulan meja dapur cor. Hal ini perlu untuk menyesuaikan anggaran pembuatan meja dapur dan dapur itu sendiri secara keseluruhan.

Meja Dapur
Meja Dapur

Keunggulan Meja Dapur Cor

Meja dapur cor jika dibandingkan dengan meja dapur berbahan lainnya yaitu kayu, alumunium,, stainless steel, dan triplek memiliki keunggulan di segi kekuatan dan tahan lama. Meja dapur cor, seperti namanya menggunakan bahan cor yaitu, semen, pasir, sedikit kerikil, keramik atau marmer dan tentunya air secukupnya.

Yuk cobain resep rendang yang satu ini, dagingnya bisa dibikin lembut lho

Kekuatan dan daya tahan yang lama menjadikan meja dapur cor menjadi primadona bagi kebanyakan dapur orang Indonesia. Hal ini bisa dimaklumi karena meja dapur berbahan cor beton tidak akan lapuk, keropos karena dimakan rayap seperti yang terjadi di meja dapur berbahan kayu, pemeliharaannya pun cukup mudah.

Untuk desain meja dapur cor juga tidak kalah menarik dan bagus, bahkan berani dibandingkan dengan meja dapur kayu, atau triplek. Dengan sedikit kreasi dan memanfaatkan bahan keramik atau granis maka meja dapur cor memiliki keunggulan desain dan corak dapur yang lebih variatif. Dengan kondisi seperti ini banyak desain dapur minimalis yang memasukkan unsur meja dapur berbahan cor kedalamnya.

Meja dapur cor dikenal lebih fleksibel dalam penempatan saluran air. Hanya membutuhkan desain sanitary dan pipa yang akan ditanam di bawah keramik atau dalam cor-an sehingga saluran air bersih saat memasak ataupun saluran air pembuangan dapat tersembunyi.

Dengan kreasi desain yang bagus dan pemanfaatan bahan pembuatan dapur cor, maka dapur akan lebih terasa bersih, sedap dipandang dan menjadi dapur yang nyaman bagi banyak orang. Meja dapur cor juga mudah dalam perawatan dan tahan terhadap tumpahan benda cair seperti cuka, asam, kecap dan lain sebagainya.

Hal Penting Dalam Pembuatan Meja Dapur Cor

Setelah kita mengetahui keunggulan meja dapur cor dibandingkan meja dapur berbahan lainnya. Kini penulis mencoba menjabarkan hal penting apa saja yang harus diperhatikan saat membuat meja dapur cor.

Hal ini perlu karena jika hal penting berikut dikesampingkan bisa dikatakan meja dapur akan sepi dari aktivitas sebenarnya karena tidak bisa digunakan secara optimal dan maksimal.

contoh Meja dapur granit

Meja dapur cor tentunya memiliki kelemahan juga, akan tetapi mengingat ketahanannya yang lama dan mudah dalam proses perawatan maka meja dapur cor tetap menjadi opsi paling awal saat seseorang ingin membuat dapur.

Memang pengerjaan meja dapur cor itu lebih lama jika dibandingkan dengan meja dapur berbahan lainnya bahkan jika salah desain dalam proses pengerjaan, konsekuensinya meja dapur cor tersebut harus dibongkar.

Tentunya akan menambah beban pengeluaran dan bahan pembuatan meja dapur cor menjadi sia-sia. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal penting berikut yang perlu diperhatikan saat membuat meja dapur cor.

Tips Membuat Meja Dapur Cor

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat dapur cor yang baik, nyaman dan aman digunakan adalah;

1. Ketinggian Meja Dapur Cor.

Ketinggian meja dapur adalah hal yang penting baik yang berbahan cor,kayu, stainless steel, alumunium, atau triplek. Ketinggian yang ideal untuk sebuah meja dapur harus benar-benar diperhatikan karena ini menyangkut tinggi badan pemakai meja dapur.

Untuk itu disarankan untuk bertanya terlebih dahulu ke pengguna setianya yaitu istri, ibu, atau pasangan hidup kita dan bahkan jika kita sering berada di dapur maka perlu disesuaikan dengan tinggi badan kita sendiri.

Hal ini penting untuk mendapatkan posisi memasak yang ideal, posisi dalam mencuci perabotan dapur dan juga sayuran yang membuat nyaman. Sehingga diperlukan ketinggian ideal saat pengguna dapur beraktifitas di dalamnya.

2. Saluran pembuangan dan pipa air harus ditanam dengan baik dibalik keramik.

Pemasangan pipa harus memenuhi kaidah gravitasi sehingga air akan langsung menuju ke tempat yang seharusnya dengan mengikuti gaya gravitasi.

Pemasangan pipa juga harus sempurna dan tidak adanya kebocoran air sewaktu digunakan. Ingat, meja dapur cor tidak dapat dengan mudah dibongkar pasang jika terjadi kebocoran air. Kualitas pipa, peralatan air seperti keran air juga harus yang berkualitas karena dapur meja cor digunakan dalam waktu yang panjang.

3. Diameter besi behel cor yang akan menjadi kerangka plat meja dapur cor harus menggunakan diameter minimal 8 mm dan disusun agak rapat.

4. Gunakan keramik atau granit yang berstektur halus dan mengkilap sebagai lantai meja, Gunakan yang berkulitas grade A. Hal ini diperlukan untuk memudahkan perawatan dan membersihkan kotoran setelah memasak dan bisa digunakan dalam waktu yang lama karena terkadang lantai meja akan menerima benturan saat memasak.

Tentunya dengan menggunakan keramik atau granit yang berkualitas bisa menahan benturan tersebut sehingga kita tidak perlu was-was lantai meja dapur cor akan retak atau pecah.

5. Desain meja dapur harus menyesuaikan alokasi luas dapur yang telah ditentukan.

Meja dapur berbentuk L atau lurus tentunya akan berbeda saat pemasangan keramik atau granit sebagai lantai meja. Pastikan saat pemotongan keramik atau pemasangannya sesuai dengan tekstur atau garis dari keramik atau granit tersebut agar sedap dipandang mata.

Tahap Pembuatan Meja Dapur Cor

Dalam tahap pembuatan meja dapur cor perlu diperhatikan kompleksitas dari desain dapur minimalis yang kita inginkan. Jika dapur yang kita inginkan banyak hal-hal yang kecil dan mendetil maka alangkah baiknya untuk mempertimbangkan untuk menggunakan jasa tukang.

Akan tetapi jika dirasa mampu dikerjakan sendiri apalagi untuk menekan budget pembuatan meja dapur cor, maka perlu diperhatikan tahapan pembuatan meja dapur cor berikut ini.

Sudah tahu resep udang yang simpel tapi tetap lezat di lidah?, ayo cobain dulu

Semoga saja penjelasan singkat mengenai tahap pembuatan meja dapur cor di bawah ini dapat membantu mewujudkan terwujudnya meja dapur cor sebagai bagian dari dapur minimalis secara keseluruhan.

  1. Bersihkan cat dan bekas plamiran pada dinding meja dapur yang akan kita tempelkan keramik. Jika dinding lama pastikan dinding meja dapur cor tersebut benar-benar bersih. Gunakan alat sekrap elastis untuk memudahkan kita membersihkan cat dan kotoran lainnya.
  2. Jika perlu, gunakan pahat beton untuk membersihkan bekas plesteran di dinding meja dapur cor. Pastikan dinding meja dapur bersih, lalu bikin semacam luka-luka kecil di dinding yang akan kita tempelkan keramik, hal ini dibutuhkan agar adukan semen dan keramik menempel dengan sempurna ke dinding meja dapur cor.
  3. Kini kita mengerjakan meja dapur, pastikan etinggian meja dapur cor yang kita bangun sesuai dengan kondisi tinggi badan pemakai meja dapur. Pada umumnya, orang Indonesia rata-rata memiliki tinggi 160 cm. Sehingga ukuran ideal untuk tinggi cucian piring atau wastafel adalah sekitar 80 cm, sedangkan untuk meja kompor adalah berkisar 65–70 cm. Untuk dicatat, ketinggian tersebut adalah tinggi setelah meja dapur jadi, artinya saat pengecoran dan pemasangan keramik harus diperhatikan juga tebal adukan semen dan ketebalan keramik sehingga didapatkan ketinggian ideal tersebut. Tebal keramik berkisar 3 cm sedangkan untuk ketebalan cor meja dapur adalah 5-7 cm.
  4. Posisikan meja dapur di sudut rumah meskipun meja dapur akan berbentuk L ataupun lurus. Dan pastikan kaidah dapur minimalis terpenuhi dengan salah satunya adalah ventilasi udara yang cukup lebar yang berguna untuk menghindari sesak nafas akibat asap dari proses memasak dan menghindari adanya kebocoran gas elpiji.
  5. Gunakan pipa dengan ukuran ½ inchi untuk saluran air bersih sedangkan untuk saluran air kotor disarankan menggunakan pipa berukuran 2 ½ inchi. Tanam pipa-pipa tersebut dengan baik dan pastikan tidak ada kebocoran, jika perlu lakukan pengetesan sebelum benar-benar ditanam di dalam dinding dan pada bagian bawah lantai rumah.
  6. Disarankan gunakan denah di atas kertas sebagai panduan dalam mebuat meja dapur cor ini, hal ini sangat diperlukan karena terkadang ada hal penting yang terselip diantara kegiatan pembuatan meja dapur.

Membuat meja dapur cor memerlukan skill tersendiri sehingga disarankan dilakukan oleh tukang yang berpengalaman. Akan tetapi tetap kita monitor proses pengerjaannya dan pastikan semua terpasang dengan baik, tidak bocor, pemasangan kitchen set, serta ketinggian meja dapur tercapai baik untuk wastafel maupun untuk kompor.

Ukuran Meja Dapur yang Ideal

Ukuran Meja Dapur yang Ideal
Meja Dapur

Dapur yang ideal memiliki berbagai ukuran standar yang harus dipenuhi dimana muara dari itu semua adalah kenyamanan saat bekerja di dapur. Berbicara tentang ukuran terlebih ukuran meja dapur yang ideal berarti kita bicara angka, bicara tentang tinggi, rendah, panjang dan lebar sebuah meja kerja.

Meja dapur atau working table harus dirancang dengan memperhatikan ukuran-ukuran ideal. Hanya saja terkadang ukuran ideal ini disepelekan, baru akan menjadi perhatian saat dapur sudah jadi dimana ada keluhan dari penggunanya.

Kesulitan bergerak, tidak nyamannya menggunakan meja, meja dapur yang terlalu tinggi sehingga butuh pijakan tambahan untuk pengguna, atau meja terlalu rendah sehingga membuat tubuh harus membungkuk yang akhirnya tidak bisa berlama-lama bekerja di dapur.

Temukan 10 desain dapur minimalis modern

Keluhan seperti di atas tentunya bisa dihindari jika dalam merancang dapur minimalis menggunakan ukuran-ukuran standar. Jadi berapa sih ukuran ideal tinggi meja kerja di dapur?, Di dalam buku Membuat Dapur Idaman yang ditulis oleh Gilly Love, ukuran ideal untuk ketinggian meja dapur adalah sama dengan tinggi pinggang.

Tetapi karena variasi tinggi tubuh manusia, maka tinggi pinggang juga menjadi bervariasi diantara pengguna dapur. Bisa dikatakan tinggi ideal sebuah meja adalah sekitar 88-91 cm. Hal ini diharapkan kita tidak terlalu membungkuk dan juga lengan akan lebih nyaman saat mengaduk atau meracik bumbu juga saat memasak.

Sudah tahu bagaimana mendekorasi dapur minimalis?

Sehingga untuk dapur yang menggunakan kompor gas 2 tungku atau 1 tungku, ketinggian mejanya adalah 88-91 cm dikurangi dengan ketinggian kompor gas tersebut sehingga posisi panic atau penggorengan di kompor gas tetap sekitar 88-91 cm atau sesuai dengan tinggi pinggang.

Lalu untuk ukuran lebar meja dapur yang ideal adalah maksimal 61 cm. ini adalah ukuran kenyamanan bagi tangan kita untuk dapat menjangkau ujung meja yang langsung berbatasan dengan dinding, dan masih memiliki ruang yang cukup bebas untuk berkegiatan di atas meja.

Lalu bagaimana dengan ukuran ideal dapur yang menggunakan rancangan double line?, ukuran ideal cabinet dan juga rak dapur?, atau jarak ideal antar koridor yang digunakan oleh rancangan dapur dengan memposisikan meja dapur di tengah ruangan dapur?, nantikan di artikel selanjutnya.

2 Replies to “Ukuran Meja Dapur yang Ideal dan Cara Pembuatan Meja…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *