7 Aneka Saus Dasar yang Harus Diketahui Penggemar Mayones

2 min read

Saus Mayones untuk Salad Buah

Mayones dikenal sebagai salah satu saus dasar dalam masakan yang dibuat dari kuning telur, minyak salad, cuka beras, garam yang dikocok hingga mengental dan lembut. Selain dapat digunakan langsung sebagai pelengkap salad, mayones dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat variasi saus maupun dressing yang disajikan sebagai pelengkap makanan. Berikut ini beberapa variasi saus berbahan dasar mayones.

Thousand Island Dressing

Saus Mayones untuk Salad Buah
Saus Thousand Island Dressing

Dalam dunia kuliner, dressing dapat diartikan dengan saus. Namun, istilah dressing lebih digunakan untuk hidangan dingin atau hidangan yang tidak dimasak seperti salad. Thousand Island adalah salah satu dressing yang sering digunakan dalam menu salad. Thousand Island lebih tepat dinamakan dressing dibandingkan saus karena Thousand Island digunakan sebagai pelengkap hidangan salad. Dressing ini memiliki warna merah muda dan mudah dijumpai di supermarket dalam bentuk siap pakai.

Sudah tahu bumbu dasar untuk resep masakan Tradisional Indonesia?

Namun selama ini tidak banyak yang tahu kalau Thousand Island dibuat dari mayones karena dressing ini merupakan pengembangan dari mayones yang dipadu dengan saus tomat, kuning telur rebus, potongan paprika hijau, bawang Bombay cincang, gula pasir, air jeruk lemon dan biasanya ditambahkan gherkin (acar timun). Rasa yang dihasilkan dari Thousand Island adalah asam, legit, dan gurih. Saus Thousand Island biasanya digunakan sebagai dressing untuk salad seperti salad makaroni, salad udang, dan udang panggang saus thousand Island.

Saus Tartar

Resep dan Cara Membuat Saus Tartar
Saus Tartar

Satu lagi hasil olahan dari mayones adakah Tartare Sauce atau sering disebut Saus Tartar. Dalam dunia memasak, Tartare sering dinamakan dengan saus dan bukan dressing karena Tartare dijadikan pelengkap untuk hidangan yang dimasak atau dimatangkan bukan seperti salad yang disajikan segar. Saus Tartar memiliki warna putih dengan konsistensi yang lebih kental dibandingkan dengan Thousand Island. Saus ini dibuat dari campuran mayonase, telur rebus, cuka anggur putih, minyak salad, Casper (acar dari kuncup bunga tanaman Capparis Spinoza), gherkin (acar timun), air jeruk lemon parsley cincang. Tartare Sauce biasanya disandingkan dengan hidangan Calamary, French Fries, dan Fish and Chips.

Saus Remolaude

Cara Membuat Mayonaise
Saus Remoulade

Jenis variasi sauce dari mayones yang berwarna putih dan mirip seperti saus tartar namun tidak terlalu kental. Remolaude Sauce dihasilkan dari perpaduan mayones, bumbu kari, lobak, paprika, anchovies (sejenis ikan asin) dan Casper. Saus Remolaude memiliki rasa yang gurih, asam, legit, dan tentunya beraroma kari. Saus jenis ini sering digunakan sebagai pelengkap hidangan Grilled Shrimp Alt Remolaude Sauce, Pecan Coated Fish with Remolaude Sauce, dan Fried Green Tomatoes with Remolaude Sauce.

Saus Tyrolian

Resep dan Cara Membuat Saus Tyrolian
Saus Tyrolian

Bahan dasar pembuatan saus tyrolian mirip dengan Thousand Island Dressing. Namun dalam penyajian hidangan, Tyrolian Sauce digunakan dalam hidangan panas atau jenis makanan yang dimasak atau dimatangkan. Bahan-bahan yang digunakan untuk saus ini adalah mayones, tomat puree (pasta tomat yang lebih kental), garam, lada, cuka, dan parsley cincang. Tyrolian Sauce dapat disajikan menjadi hidangan seperti Fillet of Veal with Tyrolian Sauce.

Saus Daun Dill

Resep dan Cara Membuat Dill Sauce
Dill Sauce

Jenis variasi saus dari mayones yang berwarna putih dan beraroma khas daun dill. Saus Dill terdiri dari mayones, daun dill yang dicincang, dan air jeruk lemon. Saus jenis ini memiliki rasa asam segar dan beraroma daun dill. Dill adalah salah satu bumbu dari tanaman seperti rumput dan memiliki aroma khusus. Dalam hidangan Eropa, daun dill sering dipadukan dengan ikan salmon, di antaranya adalah Salmon with Dill Sauce, Roasted Salmon with Lemon Dill Sauce, dan Poaced Salmon with Dill Sauce.

Saus Dijonnaise

Resep dan Cara Membuat Saus Dijonnaise
Dijonnaise Sauce

Saus ini dihasilkan dari perpaduan mayones, mustard Dijon, bawang putih cincang, air jeruk lemon, dan garam. Saus ini memiliki warna agak kuning, rasa asam, dan beraroma mustard dan bawang putih ini cocok disajikan dengan hidnagan berbahan dasar daging maupun ayam seperti Roast Chicken with Dijonaise Sauce, Turkey Cheeseburgers, dan Beef Chops with Dijonaise Sauce.

Saus Salad Hijau

Resep dan Cara Membuat Saus Salad Hijau
Saus Salad Hijau

Saus ini berwarna hijau yang dihasilkan dari perpaduan mayones dari puree bayam yaitu bayam yang diblansir dan dihaluskan hingga lembut serta ditambahkan dengan pasley cincang dan tarragon sebagai pemberi aroma. Saus salad hijau biasanya digunakan sebagai penambah rasa atau pelengkap pada hidangan seperti Grilled Beef with Green Sauce dan Roast Chicken and Grilled Vegetables with Green Sauce.

Itulah 7 saus yang biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan dengan bahan dasar mayones. Semua saus tersebut tentunya bisa dibuat sendiri di rumah, toh bahan dasarnya adalah mayones yang bisa dengan mudah kamu buat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di resep masakan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *