Resep Membuat Kue Ongol-ongol yang Lembut & Enak

Kue Ongol-ongol – Salah satu camilan tradisional yang hingga kini masih diminat oleh banyak orang adalah kue ongol-ongol. Kue basah yang satu ini memiliki rasa yang lezak dan lembut di mulut, tekturnya pun bisa disandingkan dengan berbagai kue kekinian yang ada.

Dulu, kue ongol-ongol mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional sebagai camilan sehari-hari, tetapi sekarang kue yang satu ini sepertinya harus mengalah dengan dengan jenis kue atau camilan lain yang lebih digemari sehingga ongol-ongol jarang dijajakan oleh para pedagang.

Namun tidak usah berkecil hati, dengan mengikuti resep yang ada, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya cukup mudah dan praktis tanpa mengorbankan rasa dan teksturnya yang lembut di mulut. 

Kali ini, resep kue ongol-ongol yang akan diulas adalah dengan variasi labu kuning. Labu kuning sendiri dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan manusia. Semoga dengan perpaduan ini akan membuat camilan ongol-ongol menjadi lebih sehat bagi tubuh kita.

Tanpa berlama-lama lagi, ayo disimak resep kue ongol-ongol labu kuning berikut ini.

Resep dan Cara Membuat Kue Ongol-ongol

Kue Ongol-ongol

Bahan kue ongol-ongol labu kuning:

  • 400 gram labu kuning, kukus, haluskan
  • 25 gram tepung hunkwee
  • 25 gram tepung kanji
  • 50 gram sagu aren
  • 50 gram gula jawa
  • 200 gram gula pasir
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/2 sdt garam halus
  • 1 lembar daun pandan

Cara Mudah Membuat Kue Ongol-ongol :

  1. Pertama-tama campur labu kuning halus dengan tepung hunkwee, tepung kanji, sagu, gula jawa, gula pasir, santan, garam halus, dan daun pandan. Aduk rata. Rebus hingga mendidih, angkat.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang, masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam hingga mengeras. Keluarkan dari cetakan, potong dan bentuk sesuai selera. 
  3. Sesaat sebelum disajikan, taburi dengan campuran kelapa parut. Sajikan.

Baca juga: 10+ Resep Kue Kering Lebaran yang Sederhana (Lengkap)

Demikian Resep Kue Ongol-ongol labu kuningyang lembut dan teksturnya pun cukup kenyal. Cukup mudah bukan?, dan bisa Anda praktekan sendiri di rumah. Semoga dengan adanya resep ini, dapat mempermudah Anda saat membuatnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di resep makanan camilan berikutnya. Terimakasih.