Cara Membuat Kue Garpu Sederhana dan Renyah

Kue Garpu – Hidangan kue garpu biasanya akan banyak kita jumpai saat momen lebaran tiba. Kue dengan nama atau sebutan berbeda di beberapa daerah ini selalu menjadi hidangan nikmat dan banyak disertakan sebagai menu kue istimewa saat hari lebaran.

Di beberapa daerah seperti Semarang kue ini umumnya disebut dengan ‘Kue Klatak’ sebab bunyi kletak kletak yang terdengar sewaktu kita menyantapnya. Sementara di Tasikmalaya Jawa Barat, kue ini disebut dengan kue ‘Kekewukan’ sebab bentuknya yang seperti kewuk atau siput laut. Namun apapun namanya, sajian lezat kue garpu ini memiliki rasa yang sama yakni nikmat dan bertekstur renyah.

Menikmati kelezatan kue garpu akan lebih nikmat jika disajikan ditengah-tengah keluarga sambil mengobrol atau menonton televisi. Selain itu, kue ini juga nikmat dijadikan pelengkap saat menikmati semangkuk bakso atau dijadikan taburan sewaktu menyantap mie instant hangat.

Cara Membuat Kue Garpu Renyah

Terlepas apapun sebutannya, kue garpu adalah jenis kue renyah yang cocok untuk santapan diwaktu santai. Ingin mencoba membuat kue garpu sendiri di rumah? Berikut ini cara membuat kue garpu sekaligus bahan-bahan yang dibutuhkan.

Resep dan Cara Membuat Kue Garpu
Kue Garpu

Bahan-bahan membuat kue garpu renyah:

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram tepung kanji
  • 1 telur (kocok lepas)
  • 30 gram mentega (dicairkan)
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 batang bawang pre / seledri (diiris halus)
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 500 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Garpu

  1. Campurkan tepung terigu dan tepung kanji dalam satu wadah lalu tambahkan garam, kaldu bubuk, baking powder, dan irisan daun bawang kemudian aduk hingga rata. Masukkan mentega cair dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur.
  2. Berikutnya masukkan telur yang sudah dikocok kedalam adonan lalu diuleni sampai adonan benar-benar kalis.
  3. Jika adonan sudah dipastikan kalis berikutnya siapkan garpu, ambil sedikit adonan lalu pipihkan di punggung garpu kemudian gulung sampai ujung garpu. Lakukan hingga semua adonan habis.
  4. Setelah semua adonan terbentuk selanjutnya kita panaskan minyak goreng dengan api sedang kemudian goreng hingga kue garpu ini matang. Tingkat kematangannya tergantung selera atau biasanya jika warnanya berubah kuning kecoklatan.
  5. Jika warna sudah kuning kecoklatan angkat kemudian tiriskan.
  6. Kue garpu siap disajikan hangat-hangat atau dingin.

Baca juga : Cara Membuat Kue Camilan yang renyah dan gurih tanpa oven

Resep kue garpu ini sengaja tidak menggunakan bahan penyedap rasa untuk menghindari rasa yang terlalu kuat sekaligus mempertahankan kualitas rasa alami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi alternatif camilan saat bersantai bersama orang-orang tersayang.