Fungsi Pokok Rumah

3 min read

rumah dijual murah dan berkualitas

Memiliki rumah merupakan idaman setiap orang, terlebih bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Rumah menjadi tempat tinggal dan berlindung bagi setiap anggota keluarga dari kondisi cuaca yang kurang bersahabat, dan kondisi lain yang berpotensi merugikan.

Dalam perspektif lain, rumah sangat penting keberadaannya karena menjadi syarat dasar terpenuhinya kesehatan dan pendidikan yang baik. Hal ini sangat penting terutama bagi anak-anak. Tidak perlu rumah megah untuk mendapatkan rumah yang baik bagi penghuninya. Cukup yang sederhana asalkan memenuhi kebutuhan para penghuninya termasuk anak-anak.

Rumah sendiri sein menjadi tempat tinggal, juga menjadi sarana untuk mendidik anak-anak. Jadikan rumah anda yang mampu membuat anak-anak betah di dalamnya, karena di jaman modern ini jamak ditemui anak-anak tidak merasa betah di dalamnya. Mereka merasa berada di “rumah” saat di luar rumah, dan hal ini bukan karena kondisi rumah jelek.

rumah dijual yang berkualitas

Kondisi seperti ini biasanya menjadi awal dari munculnya masalah yang kerap terjadi dalam satu rumah. Di sinilah fungsi pokok sebuah rumah gagal karena tidak bisa menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Furniture Metal Anti Karat

Untuk mencegah hal-hal ini maka diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai rumah itu sendiri. Selain fungsi pokok rumah secara fisik, perlu juga diketahui fungsi non-fisik rumah yang akan membuat para penghuninya berlama-lama berada di dalamnya.

Fungsi Pokok Rumah secara Fisik

Rumah terbagi dalam empat fungsi pokok fisik yakni fungsi tidur, temu, memasak, dan mandi cuci kakus (MCK). Mari kita bahas satu per satu fungsi pokok ini sampai kemudian berkembang menjadi ruang-ruang yang kita kenal saat ini.

Fungsi Tidur

Secara alamiah manusia membutuhkan tidur. Maka fungsi tidur harus ada dalam sebuah rumah. Namun keinginan manusia akan ruang untuk tidur berkembang menjadi beragam. Ada yang sekedar menggelar tikar di lantai, atau sebuah ranjang saja cukup. Ada yang kemudian berkembang dan sudah membutuhkan pemisahan ruang tidur utama, ruang tidur anggota keluarga lainnya, ruang tidur utama, sampai kepada pengembangan ruang untuk bermain, belajar, atau bekerja.

Yuk simak: 4 Tema Desain Interior Rumah Terpopuler di Tahun Ini

Dari fungsi pokok tidur ini pun kemudian berkembang menjadi rumah lengkap dengan masuknya beberapa fungsi lain seperti fungsi ruang ganti atau wardrobe-closet, serta Private bathroom ke dalamnya.

Fungsi Temu

Manusia makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan yang lain. Satu fungsi yang dibutuhkan adalah ruang temu. Ruang ini biasanya digunakan untuk mewadahi beragam aktivitas dan kebutuhan, seperti ruang keluarga, ruang tamu, dan juga ruang makan yang dapat pula dimasukkan ke dalam fungsi ini. Dalam rumah lengkap fungsi ini pun bisa berkembang dengan penambahan ruang hiburan seperti Home teater, ruang ibadah, taman, ruang kerja, dan seterusnya.

Fungsi MCK

Satu lagi fungsi pokok dalam sebuah rumah adalah MCK. Termasuk dalam kelompok ini tentunya kamar mandi umum, kamar mandi privat. Terkait dengan aktivitas pembersihan tubuh, juga bis masuk ke dalamnya pengembangan ruang-ruang seperti olah raga, kolam renang, dan seterusnya.

Pembagian Fungsi secara Khas

 Fungsi pokok di atas pada dasarnya hanyalah satu proses pemetaan rumah yang biasa dilakukan banyak desainer. Namun demikian sesungguhnya proses pembagian fungsi dalam rumah kita tidaklah sesederhana itu. Banyak sekali faktor yang berpengaruh terhadap keputusan apakah ruang yang satu perlu diwadahi, atau ruang yang lain bisa dihilangkan. Semuanya sangat bergantung kepada kebutuhan yang khas dari para penghuni, pemilik rumah dengan segala ragam aktivitas di dalamnya. Tidak ada yang salah dan benar saat keputusan harus diambil, bahkan misalnya sebuah garasi yang sekaligus berfungsi sebagai ruang kerja atau ruang usaha pemilik rumah.

Fungsi Pokok Rumah secara Non-Fisik

Rumah secara fisik bisa dibentuk dengan mudah mengikuti gaya dan desain terbaru seperti desain minimalis modern yang menjadi favorit banyak orang. Hanya saja jangan lupa, fungsi non-fisik rumah juga harus dibentuk dengan benar setelah fungsi rumah secara fisik sudah tercapai.

Untuk Berlindung

Rumah secara fisik mampu melindungi para penghuninya berlindung dari kondisi cuaca, terik matahari dan pengaruh buruk lainnya. Juga sebagai tempat berlindung dari rasa takut.

Rasa takut karena dihantui oleh berbagai peristiwa yang tidak bisa masuk di akal juga harus dicegah karena akan mengganggu kenyamanan para penghuninya termasuk anak-anak. Perbanyak kegiatan ibadah di dalam rumah untuk membuat suasana kebatinan lebih damai dan nyaman.

Sebagi Tempat Belajar

Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa dijadikan tempat belajar yang nyaman dan menyenangkan. Selain bebas dari bising dan suara keras, ciptakan suasana yang mendorong anak-anak untuk membaca, menulis, dan mengerjakan tugas sekolah, serta berkreasi. Kondisi seperti ini tentu akan membuat para penghuni rumah berlama-lama di dalam rumah tanpa berpikir untuk mencari hal yang sama di luar.

Sebagai Tempat Beribadah

Tumbuhkan suasana religius di dalam rumah dengan melakukan kegiatan keagamaan yang dasar, seperti membaca kitab suci masing-masing penganut agama seperti membaca Injil untuk yang Nasrani, membaca Al-Quran untuk yang muslim dan seterusnya. Juga kegiatan ibadah lainnya seperti mendirikan sholat 5 waktu yang muslim.

Dengan terciptanya suasana keagamaan yang kental akan membuat para penghuni rumah merasa damai di dalamnya.

Tempat Istirahat

Istirahat menjadi kebutuhan bagi setiap manusia, jadi alangkah eloknya jika para penghuni rumah menjadikan rumah sebagai tempat istirahat yang nyaman agar tenaga dan pikiran menjadi segar kembali untuk beraktivitas kembali keesokan harinya.

Untuk Mendidik Karakter

Rumah yang baik adalah rumah yang mempunyai output manusia yang berkarakter baik. Disini Lay para orang tua dituntut berperan penting menjadi contoh bagi anak-anaknya dalam membentuk karakter. Anak-anak akan mudah belajar dengan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Untuk itu sebagai orang tua, contohkanlah perilaku yang baik, bertanggung jawab, dan keteladanan lainnya

Rumah sebagai Tempat Berbagi

Rumah mempunyai fungsi sebagai tempat berbagi antar penghuninya. Ciptakan suasana yang nyaman dan bebas bercerita pengalamannya ke pada orang tua atau saudara. Hal ini bisa dilakukan di meja makan, ruang tamu, ruang keluarga, atau tempat lain di dalam rumah yang intinya menjadi kesempatan saling berbagi.

Di sinilah peran orang tua untuk menjadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya. Dan hal ini tentunya akan ditiru oleh anak-anak untuk bisa melakukan hal yang sama untuk saudaranya. Dengan terciptanya suasana nyaman saling berbagi maka suasana saling percaya akan terasa sekali di rumah.

Demikian fungsi pokok sebuah rumah baik secara fisik maupun non-fisik yang harus diketahui terutama bagi Anda yang akan dan sudah berkeluarga agar rumah benar-benar menjadi tempat yang aman, nyaman dan menjadi titik kembali semua penghuninya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *