Mengenal Bentuk dan Desain Kitchen Set

Mengenal bentuk dan desain Kitchen Set adalah langkah awal untuk menentukan kitchen set seperti apa yang cocok dengan luas ruangan dapur yang Anda punya. Terlebih dengan banyaknya ragam, model dan desain berbagai pilihan warna sehingga makin memusingkan bagi Kita yang masih awam tentang kitchen set.

kitchen set murah

Desain dan bentuk Kitchen Set pada umumnya mengikuti bentuk dapur, sehingga diperlukan keputusan yang cermat dalam memilih kitchen set yang tepat.

Baca juga: Hal Penting Saat Membuat Meja Dapur Cor

Dapur yang luas tentunya memberikan keleluasaan dalam merancang bentuk dan desain kitchen set yang diinginkan dibandingkan dengan luas dapur yang lebih kecil atau minimalis.

Anda mungkin perlu mengenali beberapa desain kitchen set yang mungkin bisa dijadikan referensi sebelum membeli atau memilih kitchen set untuk dapur yang diidamkan.

Bentuk dan Desain Kitchen Set

Banyak ragam untuk bentuk dan desain kitchen set yang jamak ditemui di pasaran. Ada yang kombinasi dari 2-3 desain dan bentuk kitchen set yang ada. Hanya saja yang sering digunakan adalah bentuk adaptasi dari ketersediaan ruangan dari suatu dapur yang akan dibangun. Dan berikut adalah enam bentuk dasar dari desain kitchen set.

1. Single line

Kitchen set ini sangat cocok untuk Kita yang mengadopsi gaya dapur ideal minimalis dengan ukuran dapur sekitar 2,5 m x 2.5 Bentuk kitchen set single line seperti garis lurus dan merapat pada salah satu dinding ruangan dapur. Kitchen set dengan bentuk ini biasanya ditemui pada rumah atau apartemen bertipe kecil.

Kelebihan dari kitchen set single line adalah hemat tempat karena memang didesain untuk ukuran dapur yang kecil. Kekurangan dari tipe kitchen set ini adalah hanya bisa digunakan untuk kegiatan dapur yang utama saja, kegiatan dapur yang agak kompleks tidak ideal lagi menggunakan tipe kitchen set single line.

2. Double line

Desain kitchen set in imerupakan pengembangan dari kitchen set single line. Berbentuk garis lurus dengan salah satu atau kedua-duanya merapat pada dinding. Tempat untuk kitchen sink dan kompor diletakkan pada cabinet yang berbeda.

Bentuk kitchen set double line sangat berguna bagi Kita yang ingin memisahkan area antara dapur kering dan dapur basah. Sebagai pengembangan dari kitchen set single line, maka bentuk dan desain kitchen set double line memerlukan ruangan dapur yang lebih luas dibandingkan Kita yang menggunakan tipe single line di dapurnya.

3. Berbentuk Huruf L

Seperti namanya kitchen set ini berbentuk seperti huruf L. Kitchen set tipe ini banyak digunakan pada dapur jaman sekarang karena sangat nyaman digunakan. Area storage seperti kulkas diletakkan berjauhan dengan area memasak atau kompor sedangkan diantara keduanya terdapat kitchen sink untuk kegiatan mencuci perkakas dapur ataupun bahan makanan.

Baca juga: Menjaga Kitchen Sink Tetap Bersih

Untuk menggunakan kitchen set tipe ini diperlukan area dapur yang lebih luas dari tipe kitchen set single line tetapi masih lebih kecil jika dibandingkan dengan area yang digunakan oleh dapur yang bertipe kitchen set double line.

4. Berbentuk huruf U

Untuk menggunakan tipe dan bentuk kitchen set ini diperlukan space dapur yang luas. Kitchen set ini banyak diadopsi oleh rumah atau apartemen bertipe medium ke atas. Area dapur kering dan basah bisa diaplikasikan dengan baik pada kitchen set bertipe bentuk huruf U ini.

Sehingga aktifitas dapur yang kompleks bisa dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif serta nyaman. Tipe Kitchen Set berbentuk huruf U banyak didesain untuk menampilkan dapur yang mewah.

5. Berbentuk Huruf G

Desain dan bentuk Kitchen Set dengan tipe ini memberikan kenyamanan dan kemewahan yang hamper sama dengan tipe kitchen set sebelumnya yaitu bertipe huruf U. Akan tetapi jika ruang dapur kurang begitu luas maka akan menjadi kendala saat membuka laci atau pintu cabinet.

6. Berbentuk Pulau atau Island Shaped

Disain dan bentuk Kitchen set ini menggunakan bentuk seperti pulau ditengah-tengah ruangan. Ini merupakan tipe puncak dari tipe kitchen set yang ada karena untuk mewujudkan kitchen bertipe ini jika Kita sudah tidak dibatasi dengan budget dan luas ruangan dapur lagi.

Bentuk dan desain kitchen set perlu kita kenali, hal ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan luas ruangan dapur yang kita punya sehingga dapur yang ideal dapat terwujud. Masing-masing bentuk dan desain memiliki kelebihan dan kekurangan mulai dari budget, kegunaan, dan luas ruangan dapur. Meskipun demikian tiap-tiap model kitchen set bisa saling menginspirasi satu sama lainnya termasuk pada dapur minimalis.

Pilihan akan bentuk dan desain Kitchen Set berada di tangan Kita, Kita harus cerdas menentukan pilihan desain mana yang sesuai selera sehingga dapur yang diidamkan dapat terwujud dan kegiatan memasak menjadi menyenangkan.

Membuat Kitchen Set untuk Dapur Idaman

Dalam sejarah bentuk rumah di Indonesia, area dapur merupakan area yang cukup private, dan luas dengan perapian terbuat dari tanah liat dimana kayu akan digunakan sebagai bahan bakarnya.

Dapur seperti ini masih banyak ditemukan di area pedesaan walaupun dengan sentuhan peralatan dapur modern seperti penggunaan kompor gas. Namun dalam perkembangan berikutnya terutama di era jaman now, dapur memiliki fungsi yang lain yaitu sebagai ruang bertemunya anggota keluarga di pagi hari dan sore hari.

Dengan fungsi tambahan tersebut, mau tidak mau penghuni rumah memerlukan ruang dapur yang nyaman, dan hal ini termasuk adanya kitchen set sebagai titik fokus utama desain dapur modern.

harga kitchen set aluminium

Ternyata kitchen set memiliki grade tertentu yang harus Anda pahami karena berkaitan dengan kualitas. Seperti kita ketahui, kitchen set memiliki fungsi utama untuk menampung berbagai perlengkapan dapur.

Dengan memperhitungkan bentuk, desain dan luasnya ruangan dapur. Dengan beragam parameter tersebut, Anda harus memperhitungkan kekuatan lemari kitchen set dengan memilih material yang tepat saat membuat kitchen set.

Tentu saja setiap bahan mempunyai fungsi tersendiri untuk beradaptasi dengan desain kitchen set yang diidamkan dan terlihat menyatu dengan tema besar desain dapur.

Bahan Pembuat Kitchen Set Lemari Dapur

Ada dua bahan utama yang biasanya digunakan dalam pembuatan lemari kitchen set yaitu bahan kayu solid dan kayu olahan. Bahan kayu solid merupakan bahan yang paling baik untuk digunakan dalam pembuatan segala jenis furniture termasuk lemari kitchen set dapur.

Sifatnya yang sangat kuat dan tahan lama menjadi nilai lebih bagi kayu solid untuk dijadikan pilihan material kitchen set. Hanya saja, harga kayu solid relative jauh lebih mahal dibandingkan dengan bahan kayu olahan seperti kayu partikel, MDF, teak block, block board, dan multipleks plywood.

Dengan pertimbangan harga, biasanya jenis kayu olahan menjadi pilihan alternatif dalam pembuatan kitchen set. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena dengan pengerjaan yang tepat dan ditunjang dengan kondisi dapur yang mendukung maka kitchen set berbahan kayu olahan juga kuat dan tahan lama.

Bahan Kayu Olahan

Sebelum memilih jenis kayu olahan yang akan dijadikan bahan material pembuatan lemari kitchen set, baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kelemahan dari tiap-tiap jenis kayu olahan.

Teak block

Teak block merupakan salah satu jenis kayu olahan yang tersusun dari berbagai potongan kayu yang dibungkus kayu tipis. Harga teak block cukup ramah di kantong sehingga menjadi bahan yang paling banyak dianjurkan oleh para penjual material kitchen set dapur. Hanya saja jika Anda tidak hati-hati dalam memilih, teak block yang Anda beli memiliki rongga diantara potongan kayu sehingga tidak dapat dipasangi mur atau paku. Jika Anda menggunakan lem, tentu saja akan beresiko terutama pada bagian yang menopang.

Multipleks

Jenis kayu olahan berikutnya adalah multipleks yang sesuai dengan namanya merupakan tumpukan beberapa triplek yang disusun sedemikian rupa hingga mencapai ketebalan minimumnya yaitu 2 cm untuk setiap lembarnya. Multipleks merupakan jenis kayu olahan favorit untuk digunakan sebagai furniture dan interior ruangan. Dengan permukaan yang selebar triplek, maka proses pengerjaan kitchen set akan lebih mudah. Namun perlu diingat dikarenakan multipleks tidak tahan terhadap cuaca terutama air atau kelembaban, maka pastikan sirkulasi ruangan dapur terjaga dengan baik agar udara lembab tidak terjadi dan hal ini tentunya akan membuat kitchen set berbahan multipleks tetap kokoh dan kuat.

Partikel Block

Jenis kayu olahan lainnya adalah partikel block yang dibuat dari sisa serbuk kayu yang dipress sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk papan yang menyerupai multiplek. Hanya saja kekuatannya jauh dibawah multipleks. Dan jika terkena air akan cepat mengembang sehingga akan mempengaruhi kekuatan kitchen set. Dikarenakan kitchen set digunakan untuk peralatan dapur yang biasanya dicuci lalu disimpan, praktek seperti ini akan memperburuk kondisi kitchen set berbahan partikel block. Penulis sendiri menyarankan agar menghindari bahan partikel block untuk dijadikan bahan material pembuatan kitchen set.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Kayu olahan yang dinamakan MDF sebenarnya mirip dengan partikel block. Jika partikel block menggunakan serbuk kayu sebagai bahan utamanya, maka MDF menggunakan material yang berserat yang dipadatkan untuk dipress menjadi papan. Harga MDF memang cukup terjangkau, tetapi pengalaman di lapangan menunjukkan MDF tidak mampu digunakan dalam rentang waktu yang panjang dan tidak tahan terhadap air dan udara lembab, untuk itu sebaiknya dihindari saat Anda ingin membuat kitchen set.

Block board

Jenis kayu olahan terakhir yang biasanya digunakan untuk membuat kitchen set lemari dapur disebut dengan nama block board. Berbeda dengan MDF dan partikel block, block board menggunakan potongan sisa kayu solid yang disusun rapi lalu dilapisi dengan tripleks pada sisi luarnya kemudian dipress. Hanya saja kelemahan block board jika digunakan sebagai material pembuatan kitchen set adalah ketebalannya, dimana ketebalan block board  sekitar 1,5 cm hingga 3 cm. Sehingga dalam pengerjaan layout kitchen set harus benar-benar mengkompensasi ketebalan block board terhadap luas ruang dapur yang akan dipasang kitchen set.

Layout untuk Dapur Minimalis

Setelah mengetahui material pembuatan kitchen set, kini dilanjutkan dengan menentukan tema dapur yang diinginkan. Salah satu desain yang menjadi favorit adalah desain dapur minimalis modern. Hal ini cukup wajar, dikarenakan desain minimalis modern juga banyak diadopsi pada rumah. Konsep minimalis modern sendiri biasanya merujuk pada keterbatasan lahan dan bisanya terjadi di area perkotaan.

Layout kitchen set untuk dapur minimalis modern sangat berkaitan dengan luas ukuran dapur Anda. Ketahui dengan tepat panjang, lebar, dan tinggi ruangan dapur karena akan sangat membantu dan memudahkan Anda menentukan apa saja elemen penting yang masuk saat mendesain kitchen set dapur minimalis modern. Layout kitchen set dapur tentunya nanti disesuaikan dengan peralatan dapur yang Anda miliki, kebutuhan saat memasak dan gaya hidup Anda sekeluarga.

Bentuk layout kitchen set minimalis modern mempunyai banyak pilihan disesuaikan dengan bentuk layout dapur minimalis yang bisa jadi berbentuk L, U, I dan G. Jadi kenali ruangan dapur yang Anda miliki sebelum membuat kitchen set nya. Jika Anda kesulitan untuk mengetahui luas dan layout kitchen set yang diinginkan, gunakan saja jasa ahli pembuat kitchen set yang terpercaya.

Sebelum membuat kitchen set dapur idaman, Anda perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Pastikan pemilihan bahan material pembuatan kitchen set yang tepat, gunakan bahan Solid kayu sebagai pilihan utam dengan bahan alternative seperti block board dan multipleks
  • Ketahui secara tepat ukuran ruangan dapur Anda sebelum menentukan layout kitchen set yang akan digunakan

Peralatan Kitchen Set Dapur Minimalis

Setelah memiliki ruang dapur dan kitchen set yang bertema minimalis modern, kini saatnya Anda memasukkan koleksi perlengkapan dapur ke dalamnya. Namun tidak semua perlengkapan dapur bisa digunakan karena tema desain dapur minimalis akan memberi Anda batasan-batasan yang perlu dan tidak perlu digunakan di dalamnya.

kitchen set aluminium

“Tetapi khan peralatan dapurnya canggih-canggih?”, tidak perduli dengan alasan seperti ini. Karena pada dasarnya Anda harus mampu menahan diri untuk membeli perlengkapan dapur yang tidak ada kaitannya dengan desain dapur minimalis.

Seperti Anda ketahui, ciri utama dari konsep dan layout dapur minimalis adalah kesederhanaan dan minimalis. Dengan kata lain, Anda dipaksa untuk disiplin dalam menggunakan barang di atas meja dapur, tidak boleh ada yang berserakan.

Dan Anda dituntut untuk memanfaatkan seluruh tempat penyimpanan terutama kitchen set untuk menyimpan barang-barang peralatan dapur. Untuk itu, Anda perlu mengetahui peralatan yang harus dihindari dan wajib dimiliki guna dipilih sebagai perlengkapan kitchen set minimalis ekonomis.

5 Perlengkapan Kitchen Set Minimalis yang perlu dihindari

Dari beberapa literatur yang ada ternyata ada lima perlengkapan kitchen minimalis yang harus Anda hindari untuk ditempatkan di dalam dapur minimalis modern, kelimanya adalah:

Peralatan dengan satu fungsi

Peralatan dapur yang hanya memiliki satu fungsi perlu dihindari dikarenakan tidak efisien dan akan memakan tempat saat disimpan di kitchen set. Peralatan dapur tersebut adalah toaster, pasta maker, pembuat kopi, mesin penggiling kopi, juicer, mesin pengocok susu, dan lain-lain. Jika memang harus memiliki salah satu diantaranya, pastikan peralatan dapur tersebut sering digunakan.

Mesin Es krim

Untuk perlatan dapur yang satu ini, silakan disingkirkan saja. Jika memerlukan es krim, cukup dengan membeli es krim dari toko. Atau jika ingin mencoba resep es krim, cobalah tanpa menggunakan es krim. Kenapa mesin es krim harus disingkirkan dari dapur minimalis?, karena ukuran mesin ek krim biasanya besar sehingga memakan tempat yang sudah terbatas di ruang dapur.

Oven Microwave

Sebenarnya microwave merupakan salah satu peralatan dapur yang dihindari untuk diletakkan di ruang dapur dengan desain minimalis modern karena ukurannya, tetapi jika sering digunakan maka lebih baik tetap dipertahankan.

Stand Mixer

Gunakan hand mixer untuk menggantikan stand mixer untuk ruang dapur minimalis modern Anda. Faktor utamanya juga sama, yaitu ukuran stand mixer menyita tempat saat disimpan di kitchen set minimalis yang Anda punya. Dengan mengganti ke model hand mixer, tentu saja tempat yang terpakai di kitchen set akan berkurang.

Mesin pemanggang roti atau Bread maker

Peralatan dapur yang satu ini wajib dikeluarkan dari dapur minimalis Anda. Selain ukurannya besar, juga toh jarang digunakan.

Kelima jenis peralatan dapur di atas merupakan contoh dari berbagai peralatan dapur yang harus dihindari untuk digunakan di dapur minimalis modern. Tentu saja hal ini bukan sesuatu yang harus diikuti karena harus disesuikan dengan kebutuhan dan seberapa luas serta seberapa sering ruang dapur digunakan untuk memasak.

Perlengkapan Kitchen Set Dapur Minimalis yang Harus Dimiliki

Selain perlengkapan kitchen set dapur minimalis yang harus dihindari, ada juga yang wajib hukumnya untuk dimiliki, seperti:

Jenis Peralatan Dapur Besar

Peralatan yang wajib dimiliki di ruang dapur minimalis mirip dengan konsep dapur lainnya seperti kulkas ukuran besar, mesin pencuci piring, kompor gas atau kompor listrik, cooker hood untuk menghisap asap yang timbul saat proses memasak, dan oven. Kesemua peralatan ini sudah harus dipikirkan penempatannya saat mendesain ruang dapur minimalis Anda, karena jika terlupa maka akan ada proses pembongkaran yang tidak perlu dan tentunya akan menambah biaya yang tidak perlu.

Baca juga: Bagaimana Mengatasi Kulkas Bau

Peralatan satu fungsi

Seperti sudah disinggung di atas, peralatan dapur satu fungsi perlu dihindari dengan catatan. Artinya ada peralatan satu fungsi yang lain yang wajib untuk dimiliki. Peralatan dapur tersebut adalah rice cooker atau magic com, food processor, dan panic presto. Kesemua peralatan tersebut bisa Anda gunakan di ruang dapur minimalis dan bisa disimpan di lemari dapur saat tidak digunakan.

Bermacam pisau dan Telenan

Pisan dan telenan merupakan peralatan dapur yang pasti ada di setiap dapur. Agar kondisi dapur minimalis Anda selalu tampak rapi dan teratur, maka tempatkan pisau pada laci penyimpanan tersendiri. Hal ini diperlukan agar tidak tercampur dengan peralatan dapur yang lain danmenghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti tergores saat mencari pisau atau kejadian lainnya.

Ketiga jenis peralatan di atas merupakan peralatan dapur yang bisa Anda miliki. Namun kembali lagi ke konsep dapur minimalis yang menekankan pada kesederhanaan dan minimalis, maka Anda perlu untuk membatasi jumlah panci, mangkuk besar dan kecil, wajan, gunting dapur, spatula, berbagai macam sendok dan gelas takar, serta perlengkapan makan yang umum seperti gelas dan piring. Carilah peralatan dan perlengkapan dapur yang efisien agar Anda nyaman di ruang dapur.

Demikian informasi seputar peralatan kitchen set minimalis yang menyatu dengan konsep dapur yang menekankan kesederhanaan. Fungsi dari tiap-tiap peralatan dapur menjadi perhatian utama, pilih yang efektif dan efisien, serta sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan yang matang dalam mengoptimalkan luas ruangan dapur minimalis tentunya akan berimbas pada saat membuat lemari dapur.