Cara Pasang, Jenis dan Cara Merawat Cooker Hood

Cooker hood sering kita lihat di rumah-rumah masa kini. Namun masih ada anggapan bahwa alat ini Cuma diperlukan untuk rumah dengan dapur besar dan indah. Itu salah besar. Semua rumah tangga yang punya dapur memerlukannya.

Anda mungkin punya pengalaman saat berkunjung ke rumah sebuah rumah dan menginjak ruang dapurnya, tiba-tiba tercium bau pepes ikan atau sate ayam. Padahal si empunya rumah sedang tidak memasak apapun, cuma menjerang air.

Biasanya pengalaman itu kita jumpai di rumah yang dapurnya sempit. Bau lebih menyengat juga sering tercium pada restoran yang sempit di mana dapur menyatu dengan ruang makan. Bebauan dan asap yang ditimbulkan dari pengolahan makanan terus menumpuk di ruang itu, sehingga lama Kelamaan menimbulkan bau tidak sedap, juga pengap. Selain mengganggu selera makan, bau-bau semacam ini tentu menimbulkan kesan jorok. Untuk mengatasinya, cooker hood atau cerobong asap adalah salah satu jawabannya.

Tips meletakkan cooker hood cerobong pada dapur minimalis modern

Masalahnya meski cooker hood sudah terpasang di dapur, tak jarang bau-bau campur aduk tetap saja muncul. Biasanya hal ini dikarenakan salah memilih jenis penghisap asap, tidak tepat dengan kondisi dapur, salah dalam pemasangan, atau keliru dalam penempatannya.

Jenis-jenis Cooker Hood

Sebenarnya ada lima jenis cooker Hood, namun hanya dua yang sangat populer dan banyak dijual di pasaran, keduanya adalah jenis cerobong (chimney) dan konvensional, sedangkan untuk tiga jenis lainnya biasanya saat digunakan disesuaikan dengan desain dapur yang akan dibangun. Berikut adalah 5 jenis cooker Hood.

Canopy

Pengisap asap dapur ini paling mudah dioperasikan dan relatif gampang dipasang. Bentuknya seperti kanopi yang diletakkan di atas kompor

Chimney

Penghisap asap yang satu ini sangat populer digunakan, dan banyak tersedia di pasaran. Berbentuk cerobong. Biasanya berbahan anti karat, cocok untuk tipe dapur apapun termasuk dapur minimalis. Tersedia dalam dua ukuran, yaitu 60 cm dan 90 cm. Di mana untuk yang pendek digunakan untuk kompor dua tungku, sedangkan yang panjang digunakan untuk kompor bertungku tiga. Jarak pasang antara cooker hood dengan kompor umumnya sekitar 60 hingga 70 sentimeter, sedangkan untuk yang menggunakan kipas turbo maka jarak yang pas adalah 1 meter.

Konvensional

Penghisap asap yang satu ini sangat cocok untuk dapur berdesain minimalis yang bisanya ukuran ruang dapurnya sempit karena sangat mengoptimalkan ruangan yang tersedia di desain rumah minimalis.

Terintegrasi

Penghisap asap ini ini bisanya didesain menyatu dengan kitchen set atau lemari dapur di ada kompor dan diletakkan secara “tersembunyi” sehingga tidak terlihat mencolok dibandingkan perangkat dapur lainnya.

Island

Berbentuk seperti chimney tetapi tidak diletakkan mepet dengan dinding melainkan berada di tengah-tengah tungku kompor, untuk penguncian saat pemasangan memanfaatkan atap plafon.

Tips Memilih Alat Penghisap Asap

Setelah mengetahui jenis-jenis cooker hood yang bisa digunakan di ruang dapur, Anda juga perlu mengetahui tips memilih penghisap asap tersebut. Hal ini kenapa diperlukan agar saat memilih jenis dan modelnya akan benar-benar berfungsi optimal, yaitu mampu mengurangi bahkan menghilangkan bau masakan di ruang dapur. Berikut adalah tips memilih alat penghisap asap yang baik.

Baca juga: Ayo ciptakan dapur yang bebas dari bau tak sedap yang kerap dijumpai saat berada di dalamnya.

  • Sesuaikan dengan ukuran dapur dan ukuran kompor.
  • Sesuaikan cooker Hood yang akan digunakan dengan aktivitas memasak sehari-hari. Bila aktivitasnya cukup tinggi, maka pilih yang menggunakan 3 kipas penghisap.
  • Pilih jenis yang sesuai dengan ukuran dapur. Meski sama-sama memiliki dua kipas, tipe chimney biasanya berdaya hisap tinggi karena menggunakan kipas jenis turbo yang daya isapnya 3 kali lipat kipas biasa yang terpasang di cooker Hood jenis konvensional. Biasanya daya isap kipas yang digunakan mempunyai kekuatan yang bervariasi mulai dari 200 meter kubik per jam hingga 600 meter kubik per jam.
  • Pilihlah alat penghisap asap dapur yang daya listriknya tak terlalu tinggi. Yang cocok untuk kondisi listrik di Indonesia adalah yang membutuhkan daya 200 hingga 350 watt.
  • Pilihlah yang bunyi kipasnya tidak berisik, yang jika dihitung dalam satuan dBA, umumnya berkisar antara 60 hingga 70 dBA. Semakin kecil satuannya, maka semakin senyap suara kipas yang ditimbulkan.
  • Pilihlah yang sistem filternya baik. Kunci utama cooker Hood terletak pada daya isap filter terhadap bau-bau yang muncul di ruang dapur.

Dan tidak lupa, pilihlah yang perawatannya mudah dilakukan. Ingat, alat ini selalu bekerja dalam kondisi ekstrem seperti panas dan debu, sehingga perawatan sangat diperlukan agar cooker hood selalu bekerja dengan baik dan tahan lama.

Tips Merawat Cooker Hood

Cooker Hood yang baik adalah yang perawatannya mudah dilakukan. Hal ini sangat penting agar alat penghisap asap ini selalu bekerja dengan baik dan tahan lama. Ingat proses perbaikan alat dapur ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika memerlukan pembongkaran akibat tidak berfungsinya filter atau kipas yang ada. Untuk itu mari simak bagaimana cara merawat cooker hood yang benar,

  • Bersihkan filter alumunium secara rutin dengan air sabun biasa.
  • Bila menggunakan model chimney, pastikan bahwa cerobong asapnya tidak ada hambatan.
  • Ganti filter karbon aktifnya ketika habis. Karbon aktif inilah yang menghisap bau-bau tak sedap yang muncul saat proses memasak berlangsung.
  • Bersihkan bagian luar secara rutin dengan mengelapnya. Jangan sampai terjadi korosi pada bodi cooker hood. Meskipun material pembuatnya menggunakan Stainless Steel, tetapi karena bekerja dalam kondisi panas yang ekstrem, potensi untuk menimbulkan berkarat atau rusting tetap saja bisa terjadi.

Demikianlah informasi mengenai alat penghisap asap dan bau tak sedap yang kini semakin jamak ditemui di ruang dapur masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini sangat menggembirakan karena ada kesadaran yang meningkat tentang kesehatan sejak berada di dapur. Semoga berguna dan bermanfaat terutama bagi Anda yang akan dan sedang merencakan akan seperti apakah desain ruang dapur minimalisnya dengan menggunakan cooker hood di dalamnya.