Tips Mengatasi Kulkas tidak Bau dan Cara Menyimpan Sayuran

Teknologi modern semakin masuk ke semua sendi kehidupan bahkan merubah cara hidup yang sudah ada termasuk ruang dapur. Dapur yang telah tersentuh oleh dunia modern pasti memasukkan lemari es atau kulkas sebagai bagian yang tidak bisa dihindari lagi karena begitu banyaknya keuntungan yang didapat jika kita mempunyai kulkas.

Cara membersihkan kulkas agar tidak bau busuk

Kulkas atau lemari es adalah peralatan elektronik yang wajib Anda miliki untuk mempertahankan kesegaran dan keawetan bahan makanan. Namun, tidak jarang kulkas mengeluarkan bau tidak sedap yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Cara Membersihkan Kulkas

Ada beberapa cara mudah membersihkan kulkas yang juga bisa untuk menghilangkan bau dalam kulkas. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Soda Kue

Soda kue atau baking soda adalah bahan alami yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk membersihkan noda di kulkas, Anda juga dapat menggunakannya untuk menghilangkan bau dalam kulkas.

Baca juga: Cara Membuat Dapur Bebas dari Bau

Caranya sederhana, Anda hanya perlu menempatkan soda kue pada wadah terbuka dan masukkan ke dalam kulkas. Sementara, jika Anda juga berminat untuk menggunakannya sebagai bahan pembersih kulkas, Anda hanya perlu melarutkannya pada setengah gelas air dan bisa langsung digunakan.

2. Biji Kopi

Biji kopi dikenal secara alami dapat menyerap bau-bauan tidak sedap. Untuk menggunakannya pada kulkas, Anda dapat menaruh biji kopi kering ke dalam mangkuk kecil.

Tempatkan mangkuk-mangkuk kecil tersebut di tiap level rak pada kulkas. Anda dapat menempatkannya di ujung agar tidak memenuhi tempat saat Anda memasukkan bahan makanan Anda. Dalam beberapa hari, kulkas Anda akan hilang baunya.

3. Karbon Aktif

Karbon aktif dapat Anda temukan dalam briket karbon. Namun perlu diperhatikan, bahwa briket karbon yang dipilih bukanlah briket yang dapat terbakar.Sama seperti biji kopi, briket karbon bekerja dengan menyerap bau-bauan yang tidak sedap. Anda dapat menempatkannya pada mangkuk-mangkuk kecil dan menaruhnya semuanya ke dalam kulkas.

Atur suhu Anda ke level rendah untuk mengoptimalkan kerja karbon. Untuk mendapatkan karbon aktif, Anda dapat membelinya di toko obat atau hewan.Setelah digunakan, Anda pun dapat menggunakan kembali karbon tersebut dengan memanaskannya pada suhu tinggi.

4. Biji Gandum

Selain enak diolah menjadi makanan, biji gandum juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang ada. Tempatkan pada wadah atau mangkuk terbuka dan masukkan ke dalam kulkas.

Anda hanya perlu menutup kulkas dan tidak membiarkannya terbuka dalam waktu lama. Dalam beberapa hari, bau kulkas Anda akan menghilang.Namun begitu, cara-cara tersebut tidak akan maksimal khasiatnya jika Anda tidak rutin membersihkan dan mengecek kulkas Anda setiap minggu.

Pastikan Anda membuang makanan yang telah kedaluwarsa dan menempatkan makanan sesuai dengan ketahanannya, seperti di freezer atau di kotak penyimpanan. Buang juga air pembuangan kulkas yang biasa Anda temukan di bawah pintu kulkas.

Menjaga kulkas selalu segar tentu menjadi sebuah keharusan untuk tidak merusak suasana dapur, dan juga sebagai indikasi bahan makanan yang ada di kulkas tersebut terjaga kesegarannya dan siap dimasak berbagai menu masakan untuk dimakan oleh keluarga.

Cara Simpan Buah dan Sayur yang Awet di Kulkas

Buah dan Sayur Awet di Kulkas – Dalam Tips Dapur Ideal kali ini, penulis mencoba berbagi tips cara menyimpan sayur dan buah di kulkas agar tahan lama. Seperti kita tahu, masyarakat kita sangat mengandalkan lemari es atau kulkas sebagai tempat penyimpanan favorit untuk sayur, buah dan bahan makanan lainnya.

tips-menyimpan-buah-dan-sayur-agar-awet-di-lemari-es

Namun jika salah dalam penanganannya dan tidak berhati-hati maka sayur, buah dan bahan makanan lainnya akan cepat busuk. Kondisi ini tentunya akan sangat merugikan, yang akhirnya akan memaksa para ibu untuk berbelanja kembali dan uang belanja akan sia-sia terbuang.

Untuk itu perlu diperhatikan tips penyimpanan sayur dan buah supaya tahan lama menggunakan kulkas. Dengan tips ini maka buah dan sayuran akan bertahan hingga satu minggu, tentu dengan durasi waktu yang cukup lama ini akan menghemat pengeluaran dan mengoptimalkan uang belanja yang ada.

Cara Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas Supaya Tahan Lama

Berikut adalah cara atau tips bagaimana menyimpan buah dan sayur di kulkas agar tahan lama. Jadi tolong dibedakan dengan tips lain yang menyimpan buah dan sayur agar awet lebih lama tanpa menggunakan kulkas.

Suhu kulkas atau lemari es harus dalam posisi Medium

Hal ini sangat penting karena setiap sayur dan buah memiliki ketahanan yang berbeda-beda di suhu dingin. Dengan posisi suhu kulkas di posisi medium dapat menghindarkan sayuran rusak dalam waktu yang singkat.

Cuci Bersih Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah yang akan disimpan di lemari es wajib hukumnya dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Dan sebelum masuk ke kulkas harus dikeringkan. Hal ini sangat penting untuk mengkondisikan buah dan sayur agar awet lebih lama karena jika dimasukkan dalam kondisi basah ke lemari es akan mempercepat proses busuk pada sayur dan buah.

Wadah kedap udara

Setelah sayur dan buah dicuci bersih dan kering, masukkan sayur dan buah ke dalam masing-masing wadah yang kedap udara lalu tutup rapat sebelum dimasukkan ke kulkas atau lemari es. Jika wadah yang ada masih kurang atau tidak cukup, gunakan plastik wrapping yang bisa digunakan untuk membungkus sayur dan buah dengan rapi tanpa menyimpan udara. Plastik wrapping dapat ditemukan di berbagai hypermarket.

raw food isolated on white - apples, bananas, cheese, tomatoes, cabbage, bread, sausages, eggs, pot with peppers, all wrapped for purchase

Pengaturan Sayur dan Buah di Kulkas

Penempatan sayur dan buah di kulkas juga membutuhkan aturan tertentu, tempatkan sayuran dan buah pada laci atau rak paling bawah dalam kulkas. Rak atau laci di kulkas biasanya diperuntukkan khusus untuk kedua bahan makanan ini. Penempatan ini sangat penting untuk melindungi buah dan sayur dari terpaan suhu dingin dari kulkas secara langsung.

Tidak semua buah dan sayur disimpan di lemari es

Perlu diketahui tidak semua jenis buah dan sayur harus disimpan di kulkas atau lemari es, bahkan beberapa jenis buah tidak dianjurkan  disimpan di suhu dingin seperti pisang. Jika dipaksakan disimpan di kulkas maka daging buah pisang akan berubah kecokelatan yang terasa aneh saat dimakan.

Untuk buah yang sudah di kupas dan diiris-iris, harus ditempatkan dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di lemari es atau kulkas. Jika tanpa wadah kedap udara, misalnya apel dan pir, daging buah kedua buah tersebut akan cepat berubah kecokelatan terlebih kulit buahnya sudah di-kupas.

Disiplin Membersihkan Kulkas

Kulkas harus dibersihkan dengan cairan disinfektan yang aman untuk kulkas dan tubuh, jangan sembarang disinfektan karena bisa berakibat buruk ke bahan makanan dan tentunya tubuh kita. Kulkas yang bersih akan menambah keawetan bahan makanan yang disimpan dan tentunya kita akan merasa aman untuk menggunakan bahan makanan yang ada di dalamnya.

Demikian adalah beberapa tips bagaimana cara menyimpan buah dan sayur di lemari es agar awet dan tahan lama serta bagaimana menjaga kulkas tidak bau. Semoga bisa menjadi pengetahuan kita bersama dan sampai jumpa di tips selanjutnya.