3 Tips Cara Membersihkan Noda Minyak di Peralatan Dapur

Membersihkan Noda Minyak di Peralatan Dapur – Dapur merupakan area di rumah yang pasti tak akan lepas dari minyak. Hampir semua aktivitas memasak seperti menumis, menggoreng, dan memanggang pasti menggunakan minyak goreng atau mentega sebagai bahan dapur utama. Namun karena sifat utama minyak yang tidak bisa menyatu dengan air, maka noda minyak lebih sulit dibersihkan dibanding noda lain.

Pada saat memasak pastinya akan menimbulkan cipratan yang akhirnya meninggalkan noda di area dapur dan peralatan memasak. Cipratan ini tidak bisa dibersihkan begitu saja dengan lap karena akan meninggalkan bekas lengket. Hal ini terjadi karena noda minyak sulit dibersihkan dibanding dengan noda lain karena sifatnya yang tidak bisa menyatu dengan air sehingga diperlukan cara lain untuk membersihkan noda minyak.
Tips membersihkan dapur harian

Berikut adalah 3 tips cara membersihkan noda minyak di dapur serta peralatan memasak. Semoga dengan tips berikut dapat membantu kita menjaga dapur selalu bersih, sehat dan ideal untuk selalu digunakan.

1. Menghilangkan Noda Minyak pada Kompor. Kompor, entah kompor gas atau kompor minyak pasti akan terkena cipratan-cipratan minyak saat memasak. Untuk membersihkannya tidak bisa menggunakan air atau cairan kimiawi lainnya, tetapi cukup dengan bantuan minyak tanah. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membasahi kain lap kering dengan minyak tanah. Kemudian gosokkan ke bagian kompor yang terkena noda atau cipratan minyak. Kini diamkan selama 15 menit. Kini akhiri dengan mengelap kembali dengan lap kering yang baru, lakukan hingga olesan minyak tanah benar-benar menghilangkan noda minyak. Kompor pun akan terlihat bersih dan mengkilap kembali.

Minyak tanah mampu menghilangkan noda minyak goreng atau mentega karena sifat dasar minyak tanah lebih kesat dibandingkan minyak goreng sehingga mampu mengangkat noda tersebut.

2. Cara Membersihkan Noda Minyak pada Lantai Dapur. Tak ayal saat memasak pasti ada saja cipratan atau tumpahan minyak pada lantai dapur. Hal ini tentunya akan membuat lantai dapur menjadi licin apalagi saat membersihkannya menggunakan kain pel yang makin membahayakan karena beresiko tergelincir saat menginjak laintai dapur yang terkena cipratan noda minyak tersebut.
Lalu bagaimana cara terbaik membersihkan noda minyak pada lantai dapur?, caranya adalah dengan menggunakan bantuan tepung terigu. Taburkan tepung terigu pada lantai dapur yang terkena noda minyak, ratakan tepung terigu ke seluruh bagian lantai dapur, lalu diamkan hingga 15 menit untuk memberi kesempatan terigu menyerap minyak. Kini ambil lap kering untuk mengelap lantai. Lantai dapur pun akan bersih dan tidak lengket.

3. Membersihkan Noda Minyak pada Dinding Dapur. Dinding dapur merupakan bagian yang pasti terkena cipratan minyak saat memasak. Dan pada desain dapur modern, dinding dapur yang sering disebut backsplash mempunyai lapisan tambahan seperti keramik dan logam. Namun tentu saja cipratan minyak akan tetap mengotori dinding dapur tersebut. Untuk memersihkannya cukup mudah yaitu dengan cara menggunakan kain lap yang dibubuhi sabun cuci piring. Gosok perlahan pada dinding yang terkena noda, hingga noda minyak hilang. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering. Membersihkan noda minyak pada dinding dapur sebaiknya dilakukan sesegera mungkin guna menghindari adanya noda minyak yang membekas di dinding.

Semoga 3 tips cara membersihkan noda minyak di dapur dapat membantu menjaga area dapur di rumah selalu bersih, sehat dan memberikan suasana betah bagi para penggunanya.

3 Tips Cara Membersihkan Noda Minyak di Peralatan Dapur |Ais |4.5