Bahan Alami Ini dapat Bersihkan Keramik di Rumah Jadi Kinclong!

Banyak rumah di Indonesia bahkan dunia menggunakan material keramik sebagai salah satu elemen rumah. Keramik dipilih karena mudah ditemukan dan harganya juga relatif lebih murah. Selain itu, perawatannya juga mudah. Namun material keramik juga tidak luput dari masalah, dan hal ini kerap ditemukan terutama jika tidak langsung dibersihkan ketika kotor.
Bahan alami pembersih keramik
Keramik perlahan-lahan akan menjadi kusam dan imbasnya ruangan akan terlihat kotor dan jorok. Kamu tentunya membutuhkan cara sederhana nan mudah untuk membersihkan keramik dari tampilan kusam. Di pasaran banyak tersedia beragam bahan pembersih kimia mulai dari yang diklaim terbaik hingga yang termahal, hanya saja cairan kimia memiliki efek yang membahayakan bagi tubuh dan tentu saja tidak ramah lingkungan. Tanpa disadari ternyata alam sekitar telah menyediakan cara alami yang ramah lingkungan dan tentunya ramah di kantong.

Caranya adalah dengan menggunakan salah satu buah yang sangat mudah kamu temukan di pasar tradisional atau bahkan kamu bisa menanamnya di halaman rumah. Buah yang digunakan adalah belimbing wuluh. Buah dengan rasa asam ini biasanya digunakan untuk menambah rasa segar dan asam pada masakan. Namun buah ini memiliki khasiat lain yaitu mampu membersihkan noda pada keramik, bak mandi bahkan barang-barang material lain seperti plastik atau kaca. Kadar asamnya yang tinggi mampu membersihkan noda pada benda-benda dengan beragam macam kotoran seperti sisa makanan, lemak atau bahkan debu yang sudah menebal.

Pada umumnya ukuran keramik 20×20 bisa dibersihkan dengan 2 buah belimbing wuluh. Jadi tinggal dikalkulasikan saja jumlah keramik yang akan dibersihkan dengan berapa jumlah belimbing wuluh yang digunakan. Cara membersihkan keramik dengan bahan alami belimbing wuluh bisa disimak dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Belimbing wuluh harus dikupas bagian badannya terlebih dahulu.
  2. Kemudian langsung gosokkan ke permukaan keramik secara merata.
  3. Kini diamkan selama 10 menit guna memberikan kesempatan zar asam yang terkandung di dalamnya bekerja.
  4. Kini bersihkan menggunakan sikat plastik, gerakkan sikat bisa dilakukan ke arah vertikal atau horizontal hingga noda terangkat.
  5. Jika diperlukan kamu juga bisa menggunakan sabun pembersih, caranya dengan menuangkan sedikit pada bagian sikat.
  6. Lanjutkan dengan mengelap keramik dengan kain bersih kering atau basah, lakukan hal ini secara perlahan dengan sedikit penekanan pada keramik.

Cukup mudah khan cara membersihkan keramik secara alami. Dikarenakan proses pembersihan keramik akan selalu berulang, maka sebaiknya tanam belimbing wuluh di halaman rumah. Hal ini tentunya akan menjadi sangat berguna karena manfaat dari belimbing wuluh itu sendiri sangat banyak. Toh jika belimbing wuluh berbuah sangat banyak bisa dimanfaatkan juga untuk tetangga sekitar.

Bahan Alami Ini dapat Bersihkan Keramik di Rumah Jadi Kinclong! |Asiyah |4.5 | dibaca 83 kali