Cara Mudah Menghilangkan Jamur dari Furnitur Rumah

Dalam beberapa hasil pemeriksaan laboratorium sering ditemukan adanya hifa dan spora jamur dalam tubuh manusia, dan hal ini mengindikasikan kuat adanya infeksi akibat jamur. Sedangkan hifa dan spora jamur sendiri merupakan satu atau lebih sel yang terbungkus oleh lapisan pelindung yang disebut sporangium, sel ini bersifat dorman atau berhenti tumbuh dan akan tumbuh kembali jika lingkungan dimana sel tersebut berada memenuhi persyaratan tertentu. Salah satu lingkungan pemicunya adalah kondisi furnitur yang tidak dirawat dengan baik, untuk itu dalam artikel ini penulis mencoba untuk berbagi trik cara mudah menghilangkan jamur dari furniture rumah.
Menghilangkan Jamur dari Furnitur Rumah
Jenis jamur yang sering menginfeksi tubuh adalah jenis spesies Candida sehingga tidak heran penyakit yang ditimbulkannya disebut dengan Candidiasis. Jenis jamur ini seringkali menginfeki area mulut dan kelamin. Tentu saja hal ini cukup mengkhawatirkan karena interaksi kita terhadap furnitur rumah sangatlah erat dan berlangsung setiap saat. Untuk itu tindakan pencegahan perlu dibuat agar penghuni rumah terjaga dari resiko terkena penyakit akibat jamur.

Lalu bagaimana cara yang tepat melenyapkan jamur dari furniture yang ada di rumah?, sebenarnya caranya cukup mudah, hanya perlu ketelatenan dan disiplin untuk selalu membersihkan furniture agar lingkungan yang menjadi syarat tumbuhnya hifa dan spora jamur tidak terjadi. Mari kita simak tips menghilangkan jamur dari furniture di bawah ini.

Tips Melenyapkan Jamur dari Furnitur Rumah

– Hifa dan spora jamur mudah bergerak dengan bantuan udara karena menempel di debu. Hanya saja kondisi dormansi tidak memungkinkan bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang biak. Temperatur ruang yang hangat dan kondisi yang cukup lembab bisa menjadi pencetus kondis tumbuhnya spora jamur. Untuk itu, guna menghilangkan jamur dari furniture rumah adalah dengan memastikan rumah tidak dalam kondisi lembab dengan membuat banyak ventilasi udara serta cahaya yang cukup.

– Selain kondisi rumah memiliki ventiliasi udara yang baik, posisi furniture rumah juga harus diperhatikan. Yaitu dengan tidak meletakkan furnitur kayu menempel pada dinding. Hal ini bertujuan agar perabot tersebut mendapatkan sirkulasi udara yang cukup, jika menempel ke dinding maka ada potensi udara tertahan dan akhirnya syarat pencetus berkembangnya spora jamur terpenuhi.

– Kebiasaan yang sering ditemui dalam menggunakan furniture lemari adalah mengisinya dengan penuh. Hal ini sangat tidak disarankan karena akan memerangkap udara, dimana sirkulasi udara yang harusnya terjadi dengan baik malah terganggu. Dan lagi-lagi potensi timbulnya lingkungan yang lembab pun menjadi besar dan hal inilah yang disuka oleh hifa dan spora jamur. Untuk itu pastikan penempatan barang di lemari tidak terlalu penuh dan mampu mensirkulasikan udara dengan baik.

– Jika hifa dan spora jamur telah menyerang ke furniture yang ditandai dengan adanya bercak-bercak di beberapa bagian furniture, maka segera bersihkan guna menghindari menyebarnya serangan jamur ke area lain akibat spora jamur yang berterbangan. Guna mempercepat proses hilangnya spora jamur di furniture, segera saja keringkan bagian rumah atau perabot yang basah dibawah terik matahari. Jika area rumah atau furniture basah karena banjir, segera lakukan proses pengeringan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 48 jam setelah banjir surut.

– Kelembaban udara di dalam ruangan harus dijaga direntang angka 30% hingga 60%. Kondisi kelembaban diangka tersebut mampu mencegah potensi tumbuhnya jamur dan tetap menjaga kondisi dormansi spora jamur. Cara menjaganya adalah dengan memberi ventilasi yang cukup pada kamar mandi, penggunaan exhaust fan terutama di area dapur untuk mengelurkan udara kotor keluar ruangan, serta jika memungkinkan membeli alat dehumidifier yang banyak dijual di pasar.

– Untuk daerah tropis seperti Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban yang tinggi, akan lebih bijak untuk menghindari penggunaan karpet. Hanya saja jika memaksa tetap menggunakan karpet, maka harus sering-sering untuk membersihkan area bawah karpet yang selalu berada dalam kondisi lembab, terlebih jika adanya tumpahan air ke karpet.

Demikian adalah cara tepat melenyapkan jamur di furnitur rumah yang bisa kita lakukan guna menjaga kesehatan setiap penghuni rumah. Karena jika spora jamur yang beterbangan di udara masuk ke dalam tubuh manusia. Hal ini dapat menyebabkan serangan penyakit bagi orang yang mengidap alergi dan gangguan saluran nafas lainnya seperti asma. Walaupun demikian orang yang sehat pun tak luput dari serangan jamur. Hal ini tergantung pada ketahanan tubuh masing-masing. Serangan jamur yang kronis dapat menimbulkan infeksi paru juga gatal-gatal pada kulit.

Cara Mudah Menghilangkan Jamur dari Furnitur Rumah |Binar Keumala Putri |4.5 | dibaca 426 kali