Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang

Beragam artikel dan tutorial memasak banyak beredar di internet, ditambah lagi dengan berbagai video yang tampil di youtube maupun di media sosial seperti instagram dan facebook telah memicu banyak perempuan untuk mencoba berbagai resep masakan guna disajikan ke keluarga. Memasak menu baru yang berasal dari tutorial di media sosial telah menjadi sebuah prestasi tersendiri yang cukup membanggakan, apalagi ditambah pujian dari sang buah hati membuat para ibu muda semakin semangat untuk kembali menyajikan makanan dengan resep yang lain dan baru. Hanya saja dengan trend hidup di kota dengan keterbatasan ruang termasuk ruang dapur, tak jarang dapur pun menjadi sumpek sehingga dibutuhkan beberapa tips menata dapur kecil terasa lapang.

Tips menata dapur anti sumpek menjadi sebuah keharusan agar keinginan belajar memasak menu baru tetap terpupuk dengan baik. Dapur yang nyaman tentunya akan menambah rasa betah bagi para istri untuk selalu menghadirkan menu makanan yang baru sebagai bagian dari cara menambah nafsu makan anak dan suami. Meskipun ruang dapur kecil tetapi jika terasa lapang tentunya akan menghadirkan suasana dapur yang aman dan nyaman.

Lalu apa saja yang harus dilakukan guna mendapatkan ruang dapur yang anti sumpek?, hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan tips menata dapur kecil terasa lapang di bawah ini:

1. Gunakan Meja Simpan
Meja simpan merupakan perabotan dapur yang harus dimiliki di sebuah ruang dapur dengan keterbatasan ruangan. Meja ini memiliki roda dibagian bawahnya sehingga dapat dengan mudah dipindahkan atau disimpan ke ruangan lain jika dapur sudah tak mampu lagi memuat perabotan dapur. Dibagian dalam dari meja simpang terdapat semacam lemari yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan peralatan makan, lap untuk keperluan dapur, hingga beberapa makanan kemasan yang tidak memerlukan pendingin suhu.

Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang
Saat memilih meja simpan tersebut, sesuaikan dengan ketinggian dari meja dapur yang sudah ada, atau jika meja simpan digunakan sebagai meja dapur maka harus disesuaikan dengan ruangan dapur yang ada. Penggunaan meja simpan yang mampu digerakkan dengan mudah ini merupakan salah satu cara menata dapur kecil terasa lapang.

2. Gantungkan Perabotan dan Peralatan Dapur
Biasanya ada sisi dapur yang dindingnya masih kosong, gunakan sisi dinging yang kosong ini untuk menggantung peralatan dapur seperti panci, wajan, dan peralatan dapur lainnya yang memiliki gagang. Hal ini merupakan cara yang jauh lebih menghemat tempat jika dibandingkan dengan menyimpan peralatan dapur dalam laci.
Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang
Toh, jika peralatan memasak digantungkan maka Anda akan mudah menggunakannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan seperti saat ingin memasak mie instan atau menggoreng telur.

Hanya saja, sebagai tips, pilih peralatan memasak yang cukup baik kualitasnya agar bagian yang terkena api tidak gosong atau hitam, karena hal ini tentu akan sangat tidak sedap dipandang jika digantungkan di dinding dapur.

3. Manfaatkan Sisi Kosong
Penempatan kulkas dengan lemari atau kitchen set terkadang tidak pas alias menghasilkan celah. Gunakan celah yang ada ini dengan rak geser. Rak geser merupakan rak biasa yang meiliki roda dibagian kaki-kainya atau dibagian bawahnya. Fungsi roda guna memudahkan saat memindahkan dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya.
Cara Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang
Jika rak yang ada belum mempunyai roda, maka cukup dikerjakan sendiri dengan menambahkan roda dengan kualitas yang cukup baik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Rak geser ini sangat berguna saat akan mengambil barang yang disimpan di dalam rak.

4. Simpan di Bawah Kitchen Set
Bagian bawah kitchen set ternyata bisa kita gunakan untuk menata dapur kecil terasa lapang, caranya adalah dengan menggantungkan stoples seperti di gambar di bawah ini. Agar kuat saat digantungkan, gunakan lem atau sekrup untuk menahan tutup stoples serta pastikan jangan mengisi stoples dengan barang yang berat.

5 Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang

Penampilan stoples yang menggantung dibawah kitchen set pun akan terlihat unik dan membuat ruang dapur lebih terasa lapang alias tidak sumpek.

5. Rak di Dinding
Menampatkan rak di dinding dapur merupakan upaya yang terakhir dari bagian tips menata dapur kecil terasa lapang. Rak besar dan panjang bisa ditambahkan di dinding dapur yang berguna sebagai tempat untuk meletakkan peralatan memasak. Simpanlah secara berurutan berdasarkan peralatan yang paling sering digunakan di bagian terbawah hingga yang hanya digunakan beberapa bulan sekali di bagian atas. Hal ini sangat penting agar Anda tidak direpotkan saat akan menggunakan peralatan memasak.

Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang

Dapur kecil jangan dijadikan alasan untuk tidak belajar memasak. Tata dapur yang ada dengan citarasa Anda sendiri, toh banyak pula berbagai tutorial yang membantu mewujudkan dapur kecil minimalis agar tetap fungsional dan ideal saat digunakan untuk memasak.

Tips Menata Dapur Kecil Terasa Lapang |Binar Keumala Putri |4.5 |