Pengaturan Penting agar Dapur Aman Bagi Lansia

Dapur yang Aman bagi Lansia – Dapur sejatinya harus aman bagi semua tingkatan umur, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Namun tetap saja ada kekhawatiran tersendiri saat anak-anak atau orang lanjut usia berada di dapur, karena seperti kita ketahui, dapur memiliki banyak perangkat atau alat yang jika tidak tahu cara menggunakannya dengan benar bisa berpotensi melukai seseorang. Untuk itu kita harus memastikan ruang dapur aman bagi lansia dengan melakukan beberapa pengaturan penting.
Pengaturan Penting agar Dapur Aman Bagi Lansia
Pengaturan agar dapur aman bagi lansia membutuhkan trik tersendiri walaupun dalam prakteknya pengaturan ini juga berlaku umum untuk semua kalangan di dapur. Dapur aman bagi lansia tentunya perlu mempertimbangkan kondisi rumah secara keseluruhan agar kondisi aman tersebut tetap terjaga sehingga tidak ada lagi kekhawatiran saat meninggalkannya sendirian di rumah. Lalu kondisi dapur seperti apa yang aman untuk para lansia, berikut adalah kondisinya:

6 Kondisi Agar Dapur Aman bagi Lansia

1. Kondisi Penerangan di dapur yang cukup
Penerangan yang cukup di dapur merupakan kondisi yang ideal bagi semua orang agar aktivitas di ruangan tersebut bisa dilakukan dengan optimal. Hal ini tidak hanya dimaksudkan saat malam hari saja, di siang hari pun harus dipastikan dapur mendapatkan penerangan yang cukup. Karena seperti kita ketahui, potensi dapur menjadi tempat paling berantakan sangat besar sehingga dengan penerangan yang baik mampu mencegah seseorang mengalami hal-hal yang tidak diinginkan akibat kurangnya penerangan.
Orang lanjut usia seperti orang tua ataupun mertua, tentunya memiliki keterbatasan penglihatan akibat umur yang menua sehingga dengan penerangan yang cukup di dapur mampu mencegah terjadinya salah mengambil barang atau perabotan dapur.

2. Lantai Dapur Harus Selalu Bersih
Setelah Anda memasak, atau setidaknya tiga kali seminggu, Anda harus membersihkan dapur, terutama lantai. Pastikan tak ada sisa tepung, bekas minyak, atau sisa makanan yang menempel di lantai yang akan menyebabkan lantai menjadi licin. Pasalnya mayoritas lansia senang menggunakan sandal di dalam rumah, sehingga akan menjadi licin jika menyentuh sisa makanan atau lemak di lantai.

3. Pastikan adanya Timer untuk Kompor
Jika lansia terbiasa menggunakan air hangat untuk mandi dan sering memasak air sendiri, gunakan timer untuk kompor Anda—karena mereka mudah lupa dengan apa yang sedang dikerjakan. Selain itu, Anda juga harus menjauhkan benda tajam dari tempat-tempat yang sering dikunjunginya seperti meja makan di dapur.
4. Masukkan semua Barang ke dalam Lemari Dapur
Jangan biarkan barang yang tak terpakai saat itu berserakan di meja dapur. Lalu jangan menyimpan hal yang tidak berurusan dengan dapur di dapur, misalnya Anda menyimpan tumpukan koran bekas—karena sering digunakan sebagai alas saat memotong buah. Sebisa mungkin dapur harus tetap lapang untuk memudahkan mereka bergerak dan tidak tersandung.

5. Selalu siapkan Makanan di Meja Makan
Untuk memudahkan mereka mengambil makanan, sebaiknya selalu sediakan makanan lansia di meja makan. Hal ini untuk memudahkan mereka tak lagi harus mencarinya di sekitar dapur.

6. Bedakan Peralatan Makan sesuai Jenisnya
Gunakan peralatan makan melamin yang tak mudah pecah dan tak licin untuk lansia. Letakkan di rak yang mudah digapai dan dilihatnya. Sementara jauhnya peralatan makan yang licin dan mudah pecah di rak lainnya. Anda pun harus menggunakan dispenser yang dilengkapi pengaman untuk tombol air panas.

Tinggal bersama orang tua atau mertua yang telah lanjut usia merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagai tanda anak yang berbakti. Hanya saja tuntutan pekerjaan terkadang harus meninggalkan mereka meskipun telah ditemani oleh anggota keluarga yang lain. Untuk itu agar hati tenang saat meninggalkan mereka di rumah, pastikan kondisi rumah terutama dapur aman bagi lansia.

Jika dirasa rumah yang sekarang kurang ideal, maka perlu dipikirkan untuk berpindah ke rumah yang agak lebih besar dan luas agar masing-masing penghuni rumah mempunya ruang pribadi yang cukup. Juga hal ini sebagai langkah lain agar terjadinya keleluasaan saat bergerak di dalam rumah dan dapur.

Pengaturan Penting agar Dapur Aman Bagi Lansia |Mas Rama |4.5 |