Ukuran Meja Dapur yang Ideal

Ukuran Meja Dapur – Dapur yang ideal memiliki berbagai ukuran standar yang harus dipenuhi dimana muara dari itu semua adalahkenyamanan saat bekerja di dapur. Berbicara ukuran terlebih ukuran meja dapur yang ideal berarti kita bicara angka, bicara tentang tinggi, rendah, panjang dan lebar sebuah meja dapur.
Ukuran Meja Dapur yang Ideal
Meja dapur atau working table harus dirancang dengan memperhatikan ukuran-ukuran ideal. Hanya saja terkadang ukuran ideal ini disepelekan, baru akan menjadi perhatian saat dapur sudah jadi dimana ada keluhan dari penggunanya. Kesulitan bergerak, tidak nyamannya menggunakan meja dapur, meja dapur yang terllau tinggi sehingga butuh pijakan tambahan untuk pengguna, atau meja dapur terlalu rendah sehingga membuat tubuh harus membungkuk yang akhirnya tidak bisa berlama-lama bekerja di meja dapur tersebut.

Keluhan seperti di atas tentunya bisa dihindari jika dalam merancang dapur ideal menggunakan ukuran-ukuran ideal. Jadi berapa sih ukuran ideal tinggi meja kerja di dapur?, Di dalam buku Membuat Dapur Idaman yang ditulis oleh Gilly Love, ukuran ideal untuk ketinggian meja dapur adalah sama dengan tinggi pinggang. Tetapi karena variasi tinggi tubuh manusia, maka tinggi pinggang juga menjadi bervariasi diantara pengguna dapur. Bisa dikatakan tinggi ideal sebuah meja dapur adalah sekitar 88-91 cm. Hal ini diharapkan kita tidak terlalu membungkuk dan juga lengan akan lebih nyaman saat mengaduk atau meracik bumbu juga saat memasak.

Sehingga untuk dapur yang menggunakan kompor gas 2 tungku atau 1 tungku, ketinggian mejanya adalah 88-91 cm dikurangi dengan ketinggian kompor gas tersebut sehingga posisi panic atau penggorengan di kompor gas tetap sekitar 88-91 cm atau sesuai dengan tinggi pinggang.

Lalu untuk ukuran lebar meja dapur yang ideal adalah maksimal 61 cm. ini adalah ukuran kenyamanan bagi tangan kita untuk dapat menjangkau ujung meja yang langsung berbatasan dengan dinding, dan masih memiliki ruang yang cukup bebas untuk berkegiatan di atas meja dapur.

Lalu bagaimana dengan ukuran ideal dapur yang menggunakan rancangan double line?, ukuran ideal cabinet dan juga rak dapur?, atau jarak ideal antar koridor yang digunakan oleh rancangan dapur dengan memposisikan meja dapur di tengah ruangan dapur?

Untuk pertanyaan tersebut di atas akan kita coba berikan jawabannya di artikel dapurideal.com berikutnya.

Ukuran Meja Dapur yang Ideal |Asiyah |4.5 | dibaca 49,635 kali