Tips Dekorasi Dapur Minimalis

Dekorasi Dapur Minimalis – Rumah bertema minimalis sudah pasti mempunyai ruangan yang terbatas termasuk untuk ruangan dapur. Hanya saja hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi ruang dapur kecil terutama bagi Anda yang senang mendekorasi. Dekorasi untuk dapur kecil pasti akan berpatokan ke tema minimalis tetapi tetap mengedepankan rasa nyaman untuk memasak dan makan bersama keluarga.

Inti dari mendekorasi dapur bertema minimalis adalah memaksimalkan penggunaan ruang yang ada. Bahkan jika perlu barang yang ada di dapur bisa digeser seperti penggunaan meja lipat atau menghemat ruangan dengan menggunakan meja bar yang dibentuk sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan kondisi ruang dapur yang ada.

Walaupun mendekorasi dapur kecil bertema minimalis terlihat susah, namun dengan sedikit kreatifitas dan kesabaran maka hasilnya tentu akan memuaskan apalagi jika seluruh penghuni rumah berkontribusi memberikan saran saat proses mendekorasi dapur dilakukan.

Trik Mendekorasi Dapur Kecil Minimalis

Berikut ini adalah beberapa trik pintar untuk dekorasi dapur kecil Anda agar lebih nyaman dan menarik. Trik ini jangan dijadikan patokan dasar tapi gunakan sebagai referensi saja. Mari kita lanjut membaca artikelnya.

1. Gunakan meja lipat
Ini adalah trik yang sudah disinggung di atas yaitu menggunakan meja lipat sebagai solusi untuk ruang dapur kecil. Memilih furnitur yang tepat dan multifungsi adalah solusinya. Alih-alih menempatkan meja besar, Anda bisa pertimbangkan pilihan menggunakan meja makan yang bisa dilipat. Saat akan digunakan untuk makan keluarga, meja ini bisa dibuka lebar. Kemudian setelah makan bersama usai, meja ini dapat dilipat kembali dan berfungsi sebagai meja hias.

2. Pencahayaan
Seperti penelitian dilakukan desainer interior Barbara Westbrook, kekuatan warna terang dapat membuat ruangan lebih luas dan bercahaya. Selain menggunakan lampu sebagai pencahayaan, Anda juga dapat memilih warna cat dinding dan furnitur yang lembut. Barbara merekomendasikan cat warna abu-abu terang atau putih untuk dinding dapur yang dapat mencerahkan ruangan dan memberi kesan lebih luas.

3. Menggantung panci
Gantungkan panci Anda pada tempat yang kosong seperti dinding dan sisi lemari. Hal ini dapat memaksimalkan penggunaan ruang di dapur. Untuk membuat dapur semakin indah, mulailah dengan menggantung barang yang paling besar terlebih dahulu, lalu masukkan yang berukuran sedang dan selesaikan dengan barang terkecil. Dapur kecil Anda terlihat lebih menarik dan rapi.

4. Gunakan rak susun
Jika Anda memiliki banyak botol bumbu, agar terlihat lebih rapi dan tertata, buatlah rak susun pada dinding dapur Anda. Kemudian tempatkan bumbu-bumbu tersebut dengan rapi, Anda juga dapat mengambilnya dengan mudah setiap ingin menggunakannya.

5. Pilih peralatan dapur yang menarik
Jika dapur Anda terlalu sempit sehingga tidak bisa memuat banyak furnitur, gunakan barang-barang lucu dan menarik sebagai hiasan. Misalnya, talenan vintage atau lemari mungil sebagai karya seni. Sederet mangkuk yang menempel di atas lemari juga dapat membuat dapur kecil Anda terlihat lebih menarik.

6. Tambahkan meja bar
Anda dapat memanfaatkan ruang kosong dan menyulapnya menjadi meja bar. Seperti tepi meja, jendela, atau lemari kemudian mengubahnya menjadi ruang makan ekstra dengan papan dan beberapa bangku berbentuk meja bar. Selain memaksimalkan ruangan, dekorasi ini juga membuat dapur Anda terlihat lebih menarik.

Mendekorasi ruang dapur merupakan upaya untuk mendapatkan rasa nyaman saat memasak dan makan bersama keluarga. Hal ini sangat penting karena dari ruang dapur lah sumber makanan dan minuman untuk penghuni rumah berasal. Juga kini trend menggunakan dapur sebagai tempat berkumpul anggota keluarga menjadi sebuah trend tersendiri, sehingga dapur yang nyaman meskipun kecil tentu menjadi hal yang diidam-idamkan.

Tips Dekorasi Dapur Minimalis |Asiyah |4.5 | dibaca 432 kali