Tips Memilih Keramik Dinding Dapur

Keramik Dinding Dapur – Saat membangun sebuah ruang dapur tentu banyak yang harus diperhatikan terlebih jika ruang dapur tersebut tidak memiliki akses jendela yang mana sangat diperlukan untuk mendapatkan sirkulasi udara serta pencahayaan yang cukup. Namun selain itu ada satu hal yang harus dipertimbangkan masak-masak saat melakukan finishing ruang dapur, yaitu pemilihan keramik dinding dapur.

Pemilihan keramik dinding dapur ini sangat penting karena berkaitan dengan mood atau suasana dapur bagi penggunanya. Juga jika salah memilih keramik dinding dapur, untuk mengganti, memperbaiki dan merenovasinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa tips memilih keramik dinding dapur yang sesuai dengan tema ruang dapur.

Pemilihan keramik dinding dapur sangat berkaitan dengan tipe dapur yang akan dibangun. Model keramik dinding dapur minimalis tentu akan sangat cocok diterapkan untuk dapur yang sederhana dan ruang yang tidak luas. Demikian juga sebaliknya jika ingin menerapkan di ruang dapur yang besar, maka perlu dilakukan pemilahan saat memilih dari berbagai model keramik dinding dapur serta motifnya.

Cara Memilih Keramik Dinding Dapur

Dalam memilih keramik dinding dapur yang sesuai dengan tema dapur yang akan dibangun perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Motif Keramik Dinding Dapur
Pilihan akan motif keramik dinding dapur sangat perlu dilakukan namun karena tersedia sangat banyak di pasaran, maka tentunya hal ini akan membingungkan kita sendiri terlebih harga antar model dan motif keramik pun cukup kompetitif. Ingat, fungsi dari pemilihan motif keramik dinding dapur adalah untuk mempercantik penampilan ruangan dapur, jadi pilih yang sesuai dengan tema dapur dan jika ingin menyatu dengan tema rumah secara keseluruhan maka gunakan keramik dinding dapur dengan model yang senada. Untuk itu diperlukan kecermatan dan kejelian didalam memutuskan pilihan berbagai macam motif keramik dinding dapur.

2. Tekstur Keramik
Saat memilih keramik untuk dinding pada bagian dapur harus jeli karena fungsi keramik sebagaipenguat dinding dapur dan mudah dibersihkan. Tekstur keramik yang kuat dibutuhkan yang tahan terhadap panas serta uap. Kemudian mudah dibersihkan dari cipratan masakan terutama minyak. Dan demikian pula dengan lantai pada bagian dapur sebaiknya menggunakan keramik yang kuat, tahan lama, anti gores, sedikit kasar, tidak licin, dan mudah dibersihkan karena aktivitas di dapur cenderung intensif baik dari lalu-lintas pergerakan saat proses memasak maupun cipratan bahan dapur seperti minyak, bumbu dan lain sebagainya.
Perlu diingat pula saat memilih tekstur keramik harus menggunakan jenis keramik berglasur (glazed ceramic tiles) yang akan memperkuat kemampuan keramik terhadap noda, karena keramik berglasur hampir tidak berpori-pori. Penggunaan keramik tidak berglasur dipoles (polished granite tiles) meningkatkan resiko ternoda karena munculnya pori-pori pada permukaannya.

3. Ukuran Keramik
Ukuran keramik di pasaran sangat beragam ukurannya. Maka sebelum memilih Model Keramik Dapur sebaiknya Anda mengukur terlebih dahulu luas ruangan dapur yang digunakan. Gunakan ukuran keramik lebih kecil atau besar tergantung dari ukuran ruangan dapur dan tentunya selera. Demikian juga penggunaan keramik dinding dapur yang mempunyai motif gambar, gambar di keramik dinding dapur tentunya akan berpengaruh terhadap visualisasi dapur.

Itulah 3 tips cara memilih Model Keramik Dinding Dapur yang benar yang bisa dijadikan pedoman. Meskipun dalam kenyaataannya memilih keramik dinding dapur tidak mudah dan wajib memperhitungkan segala faktor seperti faktor keindahan, kenyamanan, dan keamanan. Akhirnya semua kembali lagi ke kita masing-masing dalam menentukan keramik dinding dapur yang akan digunakan. Semoga tips di atas dapat menjadi tambahan manfaat bagi kita semua.

Tips Memilih Keramik Dinding Dapur |Ais |4.5 | dibaca 1,143 kali