Ukuran Sebuah Dapur Ideal

Ukuran Dapur – Dapur ideal tentunya bukan sekedar sebuah jargon, dapur ideal merunut ke sebuah ukuran yang akhirnya harus mempunya rujukan atau ukuran standar untuk sebuah desain dapur yang ideal. Dapur yang ideal harus memperhatikan faktor ergonomis dan itu harus disubstitusikan ke ukuran, tinggi, panjang, lebar, tinggi dan rendah.

Pengalaman penulis sendiri dalam membangun sebuah dapur di rumah masih jauh dalam kondisi ideal. Hal ini disebabkan tidak menggunakan user sebagai rujukan yang tentu saja sang istri. Istri lah yang seharusnya menjadi rujukan untuk menentukan ukuran-ukuran sebuah dapur ideal yang tersebut di atas.Dapur Minimalis Modern 3x3
Karena pada saat user menggunakan dapur akhirnya terlontar keluh dan kesah dimana istri tidak nyaman bekerja di meja kerja dapur, lalu lemari kitchen set yang kesulitan dijangkau sehingga membutuhkan alat bantu seperti tangga kecil untuk mengambil benda-benda yang tersimpan di dalamnya. Hal ini dikarenakan saat mendisain dapur tersebut tidak memperhatikan aspek ergonomis istri dan ukuran-ukuran idealnya.

Ukuran Ideal Sebuah Dapur

Menurut banyak referensi yang ada ukuran sebuah desain dapur yang ideal dapat berujung menjadi sebuah dapur idaman. Dimana ukuran-ukuran tersebut diantaranya adalah;

  • Dapur idaman yang ideal memiliki ketinggian area kerja yang sama tinggi dengan pinggang penggunanya bahkan disarankan lebih rendah, hal ini untuk memberikan kenyamanan saat bekerja di dapur terutama untuk pekerjaan seperti meracik bumbu, memasak, dan mengulek sambal. Sehingga jika digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat dari pekerjaan dapur di atas akan lebih nyaman lagi sehingga user pun akan merasa nyaman bekerja di dapur.
  • Selain ketinggian meja dapur, juga harus diperhatikan lebarnya. Lebar meja kerja dapur yang ideal adalah yang sesuai dengan daya jangkau tangan manusia terutama wanita. Ukuran idealnya sekitar 80 cm kea rah depan sedangkan ke samping sekitar 45cm – 60cm.
  • Kitchen set atau lemari dapur juga harus tepat sehingga bisa dikategorikan sebagai lemari atau kitchen set yang ideal. Ukuran lemari penyimpanan yang cukup bisa dikatakan pas adalah sekitar 2m dimana pada ukuran ini tinggi lemari penyimpanan masih bisa dijangkau tangan manusia. Dan perlu diperhatikan juga tinggi setiap rak di dalam lemari yang mana ukuran idealnya adalah sekitar 60cm – 170cm.
  • Dapur yang ideal adalah dapur yang nyaman sehingga perlu diperhatikan saat mendesain dapur ideal adalah jarak sirkulasi antara bagian dapur yang satu dengan yang lainnya. Jarak optimal yang ideal perbagian kerja di dapur adalah sekitar 90cm.
  • Dapur merupakan terminal dari piring, gelas dan alat makan yang telah digunakan dan tentunya butuh dicuci, dan untuk itu dibutuhkan kitchen sink. Hanya saja banyak tinggi kitchen sink atau bak cuci sering diabaikan yang mana akhirnya membuat ketidaknyamanan saat mencuci piring atau gelas. Tinggi ideal untuk bak cuci adalah sekitar 70cm-80cm dari lantai karena dengan ketinggian seperti ini maka tidak perlu membungkuk jika ingin menjangkau dasar bak.

Demikian beberapa point yang menjadi faktor untuk mendapatkan sebuah ukuran desain dapur yang ideal. Ukuran-ukuran tersebut tidaklah menjadi sebuah keharusan dan dapat disesuaikan dengan penggunanya tetapi setidaknya ada ukuran universal yang dimana setiap pengguna dapat menggunakan dapur dengan nyaman. Dapur yang ideal adalah dapur yang nyaman digunakan oleh pemakainya meskipun pengguna tersebut tidak menggunakannya sesering mungkin. Dapur ideal mempunyai korelasi yang lurus dengan kenyamanan sebuah dapur.

Ukuran Sebuah Dapur Ideal |Ais |4.5 |