Gaya Dapur Ideal yang Harus Kamu Ketahui

Gaya dan bentuk rumah telah menjadi rujukan untuk menilai kepribadian penghuninya meskipun bukan menjadi patokan utama. Demikian juga dengan pengaturan ruang di dalam rumah termasuk dapur. Gaya dapur ideal akhirnya bergantung dari pemilik rumah, karakter dan kebiasaan penghuni rumah akan mewarnai dapurnya.

Jenis makanan, alat masak, kebersihan dapur akan bergantung dari seberapa intens penghuni rumah dengan dapurnya. Dapur yang cerah, simple dan berkesan aktif akan mencerminkan para penghuni rumah yang dinamis. Sedangkan untuk yang memiliki banyak waktu luang tentu akan memilih tema dapur yang memberikan ketenangan dan kenyamanan disamping tidak mau dibatasi oleh ruangan.

Gaya Dapur Ideal

Gaya dapur pada umumnya dapat digolongkan kedalam dua aliran besar yaitu klasik dan kontemporer atau sering dikatakan sebagai gaya oldies atau jadul dengan gaya modern yang cenderung menitik beratkan pada fungsi dapur dibandingkan aksesoris atau ornamen pada gaya dapur oldies.

Gaya dapur ideal klasik atau oldies kental dengan nuansa alami seperti penggunaan kayu pada kabinet lemari dengan beragam profile, ukiran, lekukan pada permukaan meja dapur, gagang lemari, laci dan pintu. Dapat dipastikan gaya dapur seperti ini berada pada pemilik rumah yang menyukai rumah bergaya mediterania atau country/klasik.

Gaya dapur klasik ini terkesan oldies alias jadul tetapi gaya dapur ini sudah bertahan seumur peradaban mediterania dan country hingga sekarang. Gaya dapur yang tidak lekang oleh jaman yang memiliki pasang surut peminatnya.

Sedangkan aliran gaya dapur yang happening sekarang ini tentunya modern minimalis. Kata modern disematkan karena gaya dapur minimalis banyak peminatnya di era modern sekarang ini. Peminat gaya ini biasanya anak muda atau pasangan muda yang baru mempunyai rumah. Bahkan banyak developer perumahan atau apartemen menawarkan gaya dapur modern minimalis untuk dimatchingkan dengan model rumah yang mereka tawarkan. Tentu akan aneh bin ajaib jika tema dapur dengan pernak perniknya tidak seirama dengan tema rumah secara keseluruhan.

Gaya dapur modern minimalis tidak berkutat pada aksesoris atau ornamen atau ukiran. Gaya dapur ini fokus pada fungsi sehingga desain kabinet akan serba lurus, tidak ada profile, warna cerah dan kontras. Bahkan banyak peminat gaya dapur modern minimalis mengekspresikan gaya mereka dengan memainkan warna yang disukai bahkan warna-warna tersebut terkadang saling bertabrakan.

Gaya dapur baik itu klasik atau modern minimalis atau kombinasi dari keduanya tidak menjadi sebuah hal yang perlu diperdebatkan karena itu sudah menjadi domain pemilik rumah. Domain pribadi yang perlu kita hormati, hanya saja sebuah dapur yang ideal adalah dapur yang selalu dan harus menghadirkan kenyamanan, keamanan, dan kebersihan. Ini penting karena sumber makanan yang akan kita makan diolah atau disiapkan untuk disajikan berasal dari area dapur.

Dapur ideal klasik dan atau dapur ideal modern minimalis adalah sebuah pilihan.

Gaya Dapur Ideal yang Harus Kamu Ketahui |Ais |4.5 | dibaca 1,572 kali