4 Barang di Dapur yang Dapat Mencemari Lingkungan

Barang Dapur Pencemar Lingkungan – Isu lingkungan termasuk pemanasan global kini menjadi isu yang hangat di dunia internasional. Berbagai macam cara dilakukan agar lingkungan di dunia terjaga ekosistemnya dan banyak terobosan sudah dilakukan oleh pemerintah di berbagai negara. Salah satunya adalah dengan mengatur tas plastik di tempat perbelanjaan adalah berbayar yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi plastik meskipun kini gaung dari program tersebut entah menguap kemana.
Barang Dapur Pencemar Lingkungan
Tetapi sebagai warga masyarakat yang bertanggung jawab tentunya kesadaran lingkungan tidak harus dimulai dari aturan pemerintah, Kita bisa melakukannya dimulai dari diri kita sendiri yaitu dimulai dari ruang dapur kita sendiri. Kenapa hal ini bisa kita lakukan dari ruang dapur?, karena tanpa kita sadari ada 4 barang di dapur yang dapat mencemari lingkungan. Mau tahu apa aja?, mari kita simak bersama-sama di artikel berikut ini.

Barang Dapur Pencemar Lingkungan

Tanpa Kita sadari ternyata di dapur banyak terdapat barang-barang yang bisa mencemari lingkungan. Barang-barang tersebut terlihat sepele tetapi ternyata berkontribusi akan baik dan buruknya lingkungan.

1. Plastik sandwich. Sandwich merupakan makanan yang nikmat, mudah dibuat dan dibawanya. Namun plastik untuk membungkus sandwich merupakan musuh lingkungan karena seperti kita tahu sebagian besar sampah dari plastik tidak dapat didaur ulang dan ini bisa menjadi penyebab kerusakan lingkungan.

Lalu bagaimana agar bisa tetap menikmati sandwich secara nikmat?, ganti plastik pembungkus sandwich dengan wadah seperti tupperware yang bisa dicuci dan digunakan lagi sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Oh tidak praktis, tentu saja tetapi ini hanya soal kebiasaan. Jika telah dilakukan lebih dari 3 kali maka hal itu sudah menjadi kebiasaan baru yang praktis bagi kita.

2. Plastic cling wrap. Plastik jenis ini biasanya digunakan saat kita membeli buah-buahan yang berguna untuk menjaga kesegaran buah. Namun pada dasarnya kita tidak memerlukan plastik ini, ganti saja dengan wadah atau sesuatu yang bisa menggantikan plastik cling wrap. Karena seperti plastik sandwich, plastik wrap inipun sulit terurai dan menjadi salah satu musuh lingkungan.

3. Peralatan sekali pakai. Sendok, garpu dan pisau plastik sekali pakai merupakan hal yang umum kita temui. Bahkan piring atau mangkuk styrofoam juga kini marak digunakan. Kesemuanya merupakan peralatan dapur sekali pakai yang sangat praktis namun dibalik kepraktisannya tersebut, kesemua barang itu adalah musuh lingkungan karena susah terurai. Untuk itu usahakan untuk menggunakan peralatan makan yang terbuat dari logam, seperti garpu, sendok, dan pisau logam. Peralatan ini jauh lebih baik, daripada peralatan lainnya yang sekali pakai.

4. Sedotan plastik. Barang dapur ini juga kerap kita temui di dapur, hanya untuk meminum dari gelas harus menggunakan sedotan. Baiknya langsung minum dari gelas itu sendiri. Atau pun jika memakai botol, belajar untuk meminum langsung dari botol tanpa harus dibantu sedotan plastik. Tetapi jika memang tidak memungkinkan untuk tidak menggunakan sedotan, maka gunakan sedotan kertas yang jauh lebih ramah dengan lingkungan dibandingkan sedotan plastik yang hanya akan mencemari lingkungan.

Menjaga lingkungan sudah menjadi kewajiban pribadi kita masing-masing. Maka sebaiknya hal tersebut kita lakukan dari ruang dapur. Semoga dengan mengetahui 4 barang dapur yang dapat mencemari lingkungan ini maka dapat membuat kita lebih peduli akan lingkungan. Semoga bermanfaat.

4 Barang di Dapur yang Dapat Mencemari Lingkungan |Ais |4.5 |