9 Tips Feng Shui Dapur Ideal

Feng Shui Dapur Ideal – Dapur merupakan area terpenting di dalam rumah sehingga harus tetap rapi dan terjaga kebersihannya. Sedangkan bagi Anda yang senang memasak, maka dapur akan menjadi tempat yang paling banyak menyita waktu. pastinya akan lebih banyak menghabiskan waktu di dapur. Untuk itu sangat penting membuat dapur menjadi area yang tertata rapi dan bersih sehingga terasa menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mendapat inspirasi dan semangat saat mengolah makanan di dapur. Demikian pula di dalam feng shui, dapur dianggap sebagai area terpenting di dalam rumah. Sehingga, sangat penting menjaga dapur agar tetap bersih dan tertata rapi demi menjaga kesehatan dan energi positif di dalam rumah.

Di dalam ilmu feng shui terdapat beberapa aturan yang khusus digunakan untuk menata dapur. Hal ini tentunya berkaitan agar dapur tetap bersih, tertata rapi dan terjaga kesehatan dan energi positif nya karena akan sangat berpengaruh terhadap feng shui rumah secara keseluruhan. Tentu saja feng shui dapur dan rumah dipercaya akan berpengaruh terhadap energi penghuni rumah. Jadi mari kita simak 9 tips feng shui yang bisa dijadikan panduan untuk menata dapur yang ideal.

Tips Feng Shui Dapur

1. Cerah dan Menyenangkan. Dapur harus dibuat cerah dan menyenangkan karena dapur merupakan salah satu area aktif di dalam rumah. Pilihan warna cerah merupakan pilihan yang pas untuk diterapkan di ruangan ini karena akan terkesan aktif dan menyenangkan yang bisa dilakukan dengan memajang hiasan bernilai seni dan pemasangan lampu yang terang serta tanaman pot di dalam ruangan.

2. Dapur harus tertata dengan rapi. Dapur merupakan wilayah publik dalam sebuah rumah. Hal ini menjadikan area dapur sebagai area yang bisa dimasuki oleh semua anggota keluarga. Dengan sifat “publik” dan “umum” inilah akhirnya yang terjadi adalah adanya benda-benda yang tidak semestinya ada di dapur yang seringkali memenuhi ruangan ini. Hal ini tentu akan mempengaruhi kondisi dapur menjadi berantakan, untuk itu perlu kita siapkan satu keranjang sebagai tempat penyimpanan sementara benda-benda selain peralatan dan bumbu masak.

3. Pastikan Pintu Kulkas Bersih. Kerap kita jumpai pintu kulkas menjadi area “koran dinding” dengan berbagai pajangan, foto, dan catatan kecil yang menempel. Hal ini tentunya menimbulkan kesan berantakan dan tentu saja akan berefek pada kondisi dapur. Guna meminimalisir efek ini maka perlu dilakukan penataan ulang apa saja yang perlu dipajang di pintu kulkas. Lakukan hal ini dengan cara memperbarui apa yang perlu digantung dan lakukan sedikitnya seminggu sekali.

4. Kabinet dan Laci yang Rapi. Kabinet dan laci sering digunakan sebagai destinasi akhir untuk memasukkan segala macam benda dan bahkan sering ditemukan banyak benda yang tidak berkaitan dengan dapur di dalamnya. Hal ini bisa dimaklumi saat kita terkadang terburu-buru merapikan dapur. Untuk itu kini coba perhatikan isi laci dan kabinet, jika terdapat benda yang sudah lebih dari enam bulan tidak digunakan maka segera singkirkan dari dapur. Dan nantinya pasti Anda akan terheran-heran melihat banyaknya benda yang tidak digunakan yang menumpuk di laci dan lemari kabinet dapur.

5. Bersihkan Meja Counter Tops Dapur. Meja Countertops dapur merupakan meja utama yang sering digunakan untuk meracik masakan. Dengan fungsi seperti itu maka sering kita lihat meja dapur kerap kali kotor dengan noda dan deretan kotak bumbu dapur yang berantakan. Untuk itu perlu kita bersihkan meja dapur dengan berkomitmen dan berdisiplin diri untuk menjaga kebersihan dan kerapihan meja countertops di dapur. Merapikan counter tops setiap hari dan menyingkirkan peralatan atau bumbu masak yang sudah tidak digunakan lagi dari atas meja.

6. Jauhkan dari jangkauan Anak-anak. Peralatan memasak dan perabotan dapur biasanya berat dan tajam, serta material yang digunakan cukup berbahaya sehingga perlu disimpan sebaik mungkin agar tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Selain itu juga dapur harus aman dan tidak memicu insiden kebakaran, maka jauhkan handuk atau lap kering atau tisu dari area kompor dan perlatan memasak yang digantung dekat plafon. Tentu lebih baik menghindari sebelum terjadi adalah hal yang harus kita lakukan.

7. Rawat dengan Baik semua Peralatan Masak. Peralatan memasak pada dasarnya sama dengan peralatan elektronik yang membutuhkan perawatan yang rutin. Lakukan pembersihan setiap enam bulan sekali untuk peralatan memasak yang jarang digunakan, sedangkan untuk peralatan yang sering digunakan lakukan setiap selesai menggunakannya. Kemudian lakukan servis mesin -jika perlu- setiap enam bulan sekali. Dengan peralatan memasak yang selalu terkaga kondisinya dan siap digunakan maka proses memasak di dapur tentunya akan lebih menyenangkan, mudah dan cepat.

8. Tidak ada Televisi di Dapur. Ruang dapur bukan area untuk menonton, maka jauhkan Televisi dari Dapur. Hal ini tentunya bertujuan agar pengalaman memasak dan makan Anda lebih tenang. Sedangkan jika ruang dapur terhubung langsung dengan ruang makan keluarga, lakukan hal yang sama juga dengan menjauhkan benda elektronik dari ruang dapur agar bisa menikmati waktu bersantap dengan lebih nyaman bersama keluarga.

9. Elemen “Tanah” di Ruang Dapur. Ruang dapur membutuhkan energi positif yang diharapkan bisa menular ke penggunannya. Untuk itu dalam ilmu Feng Shui, ruang dapur perlu dihadirkan elemen tanah. Elemen tanah bisa diaplikasikan dengan warna danmaterial tanah ke dalam dapur seperti warna cokelat atau material marbel di counter top sebagai contoh dekorasinya. Sedangkan untuk pemilihan peralatan makan dan minum, bisa memilih warna kuning, emas, dan warna netral khas tanah. Dengan adanya elemen tanah ini diharapkan nilai-nilai feng shui seperti membangkitkan energi positif bisa terjadi dengan sendirinya.

Dengan menerapkan 9 tips Feng Shui dapur ideal diharapkan dapur menjadi salah satu pemicu sumber energi positif di dalam rumah. Dengan adanya energi positif ini maka diharapkan penghuni rumah pun dapat memanfaatkan energi positif tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Dan semoga tips dapur ideal di artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

9 Tips Feng Shui Dapur Ideal |Ais |4.5 | dibaca 589 kali