Tips Cara Mencuci Daging Mentah Agar Tidak Mencemari Dapur

Cara Cuci Daging Mentah – Daging mentah merupakan salah satu bahan masakan yang biasanya tersedia dalam waktu-waktu tertentu terutama di hari raya seperti lebaran. Proses sebelum memasak daging pun dilakukan di dapur, namun perlu cara yang tepat mengolah daging agar tidak mencemari dapur. Hal ini bertujuan agar tidak ada kontaminasi silang dari daging mentah ke perabotan dapur atau bahan dapur lainnya.

Mencuci daging unggas, domba, kambing atau sapi mentah sebelum dimasak tidak menyingkirkan bakteri tetapi malah membuat bakteri menyebar. Untuk itu proses menangani daging mentah saat di dapur harus seminimal mungkin karena cara yang tepat membunuh bakteri adalah dengan memasak daging pada suhu yang tepat.

Lalu bagaimana cara mencuci daging mentah agar tidak mencemari dapur?, terlebih daging dicuci di kitchen sink atau wastafel sehingga potensi terjadinya penyebaran bakteri semakin besar. Caranya cukup mudah yaitu dengan tips berikut ini.

Lakukan tindakan pencegahan dengan mencuci tangan selama minimal 20 detik dengan air hangat dan sabun, hal ini dilakukan setelah memegang daging mentah untuk mencegah terjadinya kontaminasi silang. Kemudian selalu membilas tiap permukaan kitchen sink atau wastafel yang terkena air cucian daging mentah, jika perlu lakukan ke seluruh permukaan kitchen sink. Bilas dengan air panas yang telah dicampur dengan sabun atau larutan pembersih lainnya. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri serta meminimalisir penyebaran bakteri.

Tips diatas dilakukan setelah proses pengolahan pencucian daging mentah telah dilakukan di dapur. Kini ke tahapan selanjutnya, yaitu cara mengolah daging, dengan memperhatikan suhu daging mentah yang dimasak. Misalkan daging unggas dimasak pada suhu 73,8 C, daging sapi dan daging domba dimasak pada suhu 71,1 C, serta udang dan kepiting dimasak sampai agak kecoklatan. Suhu yang tepat saat memasak daging selain membunuh bakteri juga untuk menjaga kandungan protein serta manfaat lainnya dari daging.

Demikian adalah bahasan bagaimana cara mengolah daging mentah agar tidak mencemari dapur. Semoga bermanfaat bagi kita semua agar dapur selalu bersih dan sehat serta menyenangkan bagi semua penghuni rumah.

Tips Cara Mencuci Daging Mentah Agar Tidak Mencemari Dapur |Ais |4.5 |