Tips Cara Membersihkan Perabotan Dapur dari Batu

Cara Membersihkan Perabotan Dapur dari Batu – Menjaga dapur selalu bersih sudah menjadi suatu keharusan termasuk secara rutin dan disiplin membersihkan perabotan dapur yang telah selesai digunakan. Adakalanya perabotan dapur cukup mudah dibersihkan namun terkadang kita temui ada beberapa perabotan dapur yang sulit dibersihkan atau meskipun sudah bersih masih tercium aroma bahan dapur yang diproses. Hal ini sering terjadi pada alu dan cobek yang digunakan untuk membuat sambel atau menghaluskan bumbu dapur yang akan dimasak.

Alu dan cobek merupakan perabotan dapur yang sering kita jumpai menggunakan bahan batu sebagai bahan pembuatnya. Perabotan dapur berbahan batu membutuhkan usaha yang lebih untuk membersihkannya karena terkadang sisa bumbu masih menempel di pori-porinya dan meskipun telah dicuci sebersih mungkin tetapi aroma cabai, bawang dan bumbu masih melekat di permukaannya, akhirnya dapur penuh dengan aroma bumbu dapur tersebut.

Hal seperti ini tentu sangat dihindari dan bahkan perabotan dapur berbahan batu harus disingkirkan guna menghindari bau tidak sedap beraroma bumbu dapur di ruangan dapur. Namun tentunya hal ini kurang bijaksana karena akan menyulitkan proses memasak dengan berbagai bumbu yang harus dihaluskan. Lalu bagaimana cara membersihkan perabotan dapur berbahan batu dengan benar?. Mari lakukan hal seperti berikut ini terutama pada pada cobek yang ada di dapur.

Sebelum menggunakan cobek atau alu yang baru dibeli untuk menghaluskan bumbu dapur, rendam terlebih dahulu bagian atasnya dengan air yang sudah dicampur dengan sabun pencuci piring. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada debu atau sisa-sisa serpihan batu serta kotoran lainnya yang menempel di permukaan perabotan dapur berbahan batu tersebut. Karena jika tidak dibersihkan seperti cara di atas maka yang terjadi adalah kotoran yang akan menempel pada bumbu makanan. Cara ini juga berlaku untuk alu dan cobek yang sudah lama disimpan.

Kemudian lakukan pembilasan dengan air bersih hingga benar-benar bersih. Jangan lupa saat dibilas dengan air bersih, gosok cobek dengan spons pencuci piring -gunakan spon kasar- hingga berbusa, dan kemudian bilas lagi dengan air bersih. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel di pori-pori cobek hilang.

Lalu bagaimana dengan cobek atau alu yang telah digunakan untuk mengulek cabai atau bumbu yang pedas. Caranya yaotu dengan mengambil akar sayuran hijau seperti bayam atau kangkung lalu kita gosokkan ke permukaan cobek. Hal ini berguna untuk mengangkat kotoran sisa-sisa bumbu yang masih melekat di pori-pori cobek. Kemudian dilanjutkan dengan mencuci kembali cobek dengan air bersih dan sabun pencuci piring. Lalu akhiri dengan membilasnya dengan air hangat, kemudian lap dengan kain bersih agar kering. Agar cobek tidak timbul jamur, maka diamkan cobek di area terbuka agar mengering secara alami, letakkan saja misalnya di rak piring. Kini setelah cobek atau alu kering, simpan dengan benar di tempatnya.

Nani jika ingin digunakan lagi atau setelah digunakan memproses bumbu dapur, lakukan kembali tips di atas. Lakukan secara disiplin guna menghindari perabotan dapur berbahan batu mencemari ruang dapur. Semoga tips cara membersihkan perabotan berbahan batu ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tips Cara Membersihkan Perabotan Dapur dari Batu |Ais |4.5 |