6 Tips Cara Membuat Dapur Bebas dari Bau

Dapur Bebas Bau – Dapur mempunyai fungsi utama sebagai tempat untuk mengolah dan memasak makanan, dan bahkan, di era modern sekarang ini, dapur mempunyai fungsi tambahan yaitu sebagai tempat bertemu anggota keluarga sebelum dan setelah beraktivitas. Hanya saja dapur karena digunakan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan pangan para penghuninya maka tidak heran jika ruang dapur menjadi sumber bau dari beraneka bahan makanan.

Aroma masakan yang lezat tentu akan sangat menyenangkan dan tidak menjadi keberatan bagi para penghuni rumah dan bahkan bisa menggugah selera makan. Tetapi bagaimana jika yang terjadi sebaliknya?, bau tidak sedap dari dapur justru membuat mood penghuni rumah terganggu dan hal ini harus segera diatasi dengan baik.

Bau tidak sedap biasanya menjadi indikasi awal adanya ketidak beresan di ruang dapur. Namun sebelum mengarah ke hal yang lebih jauh seperti renovasi dapur maka ada baiknya lakukan 6 tips cara membuat dapur bebas dari bau terlebih dahulu. Mungkin salah satu tips akan menjadi solusi guna mendapatkan ruang dapur yang bersih dan sehat dan terbebas dari bau tidak sedap. Apa aja tips dapur bebas bau tersebut?, mari kita simak sama-sama.

1. Lap Peralatan Dapur. Mengepel lantai dapur dan membersihkan permukaan peralatan dapur harus rutin dan disiplin dilakukan setelah kita selesai memasak. Bersihkan dengan menggunakan kain lap dan cairan pembersih untuk mengelap keran air, kitchen sink, wastafel, kompor, kulkas, dispenser, dan peralatan dapur lainnya. Membersihkan secara rutin merupakan salah satu upaya guna menghindari adanya penumpukan kotoran dan noda minyak.

2. Kosongkan Tempat Sampah. Tempat sampah harus secara rutin dibersihkan karena ini merupakan salah satu sumber utama bau tidak sedap di ruang dapur. Buang semua sampah kering maupun basah setiap malam, lalu semprotkan cairan pembersih dan gunakan kain lap basah untuk menyeka kotoran yang masih terjebak di dalamnya. Sangat disarankan tempat sampah dilapisi dengan kantong plastik sehingga saat membuang sampah cukup dengan membungkus kantong plastik yang berisi sampah untuk dibuang ke tempat sampah di luar rumah.

3. Pastikan tidak ada piring kotor di kitchen sink. Selalu pastikan untuk membersihkan piring kotor, gelas atau peralatan dapur lainnya dari wastafel atau kitchen sink. Hindari kitchen sink atau wastafel terisi dengan peralatan dapur kotor apalagi dibiarkan semalaman. Karena jika sebelumnya kita memasak makanan berbahan dasar susu, hal ini akan menarik kecoa dan semut untuk menetap di dapur selain menyebabkan bau tidak sedap.

4. Gunakan talenan berbeda. Talenan sebagai salah satu peralatan memasak utama harus dibedakan penggunaannya. Minimal ada 2 talenan yang berbeda untuk mengolah atau mengiris bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih. Juga ada satu talenan lagi yang khusus digunakan untuk memotong daging. Menggunakan talenan yang berbeda guna menghindari adanya kontaminasi dan bau yang tidak sedap.
Membersihkan talenan merupakan hal yang wajib dilakukan setelah selesai digunakan, caranya cukup mudah yaitu mencuci dengan sabun, lalu bilas dengan air mengalir, dan keringkan.

5. Lilin aromaterapi. Menyalakan lilin aromaterapi di dapur setelah Anda selesai memasak merupakan opsi yang baik untuk dilakukan. Jika ingin mendapatkan bau wewangian yang menyenangkan gunakan yang beraroma seperti vanilla dan lemon. Hal ini sangat dianjurkan karena selain berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap di dapur juga akan membuat Kita merasa lebih santai setelah memasak. Namun pastikan posisi peletakan lilin aromaterapi ditempat yang aman, jauh dari jangkauan anak-anak.

6. Ganti Tirai Jendela. Dapur biasanya mempunyai jendela atau ventilasi untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Jika jendela tersebut menggunakan tirai, maka gantilah dengan tirai bersih lainnya setiap dua minggu sekali karena tirai juga bisa menjadi sumber bau akibat menumpuknya cipratan minyak dan kotoran yang ada di dapur.

Dapur yang bebas dari bau tidak sedap merupakan indikasi bahwa dapur tersebut selalu terjaga kebersihannya dan menjadi dapur ideal bagi seluruh penghuni rumah. Semoga 6 tips cara membuat dapur bebas dari bau tidak sedap menjadi solusi dan bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share artikel ini ke sosial media anda agar teman-teman anda pun terinspirasi untuk membuat dapur mereka selalu bersih dan bebas dari bau.

6 Tips Cara Membuat Dapur Bebas dari Bau |Ais |4.5 | dibaca 342 kali