3 Tips Cara Membersihkan Microwave

Cara Membersihkan Microwave – Dapur yang ideal adalah dapur yang sehat, bersih dan higienis termasuk juga bersihnya peralatan memasak setelah selesai digunakan. Salah satu peralatan memasak yang kini jamak dijumpai di dapur adalah microwave, namun hal ini belum diimbangi dengan berbagai informasi yang bisa digunakan untuk membersihkannya. Kain basah atau lap basah tidak cukup digunakan untuk membersihkan microwave, diperlukan bahan tambahan atau cara yang lain agar sisa sisa makanan dan kerak yang ada di dalam microwave bisa dibersihkan atau dirontokkan.

Bahan pembersih microwave cukup beragam tetapi di sini kita hanya akan menggunakan bahan alami dan tentunya dengan biaya minim yang sudah tersedia di dapur. Bahan alami seperti lemon, cuka dan paper towel bisa digunakan untuk membersihkan microwave. Lalu bagaimana caranya?, berikut ini adalah 3 tips cara membersihkan microwave.

1. Membersihkan Microwave dengan Cuka. Caranya cukup mudah dan sederhana yaitu dengan cara menggunakan cuka yang ada di dapur, tuangkan satu sendok cuka putih ke mangkuk khusus microwave lalu tambahkan air hingga setengah penuh. Masukkan ke dalam microwave, lalu nyalakan microwave selama 5 menit dan pastikan isi mangkuk tidak meluap. Keluarkan mangkuk yang berisi cairan cuka dan air, lalu dengan menggunakan kain lap bersih mulai bersihkan bagian dalam microwave. Lepas meja putar yang ada di dalam microwave lalu cuci bagian tersebut dengan cara yang sama saat mencuci piring. Kini diamkan beberapa lama hingga bau cuka hilang, pastikan kondisi microwave kering baik di dalam maupun bagian luarnya. Simpan kembali microwave di area sebelumnya.

2. Lemon Pembersih Microwave. Jika tidak suka dengan bau cuka, maka alternatif lainnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon merupakan bahan alami yang selain bisa digunakan untuk membersihkan microwave juga bisa digunakan untuk menyegarkan kondisi microwave dan menghilangkan bau tidak sedap. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memotong lemon menjadi dua atau empat bagian, lalu masukkan ke dalam mangkuk microwave, tambahkan secangkir air ke dalam mangkuk. Lalu nyalakan microwave sekitar 5 menit hingga air dalam mangkuk terlihat mendidih.
Kini matikan microwave dan biarkan terlebih dahulu selama 10-15 menit, kini keluarkan mangkuk dari microwave. Ambil lap atau spon bersih, gunakan bahan tersebut dengan campuran air dan lemon yang telah dipanaskan untuk membersihkan microwave.

3. Paper Towel. Selain cuka dan lemon, microwave bisa juga dibersihkan dengan paper towel. Caranya adalah membasahi paper towel, lalu letakkan di dalam microwave. Kemudian nyalakan microwave selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu matikan microwave dan dinginkan paper towel, setelah dirasa sudah dingin, gunakan kertas tersebut untuk membersihkan bagian dalam microwave.

Selama proses pembersihan microwave baik dengan cuka, lemon atau paper towel, selalu perhatikan dengan seksama bagian dalam microwave untuk memastikan tidak ada lagi sisa makanan atau kotoran di dalamnya.

Cukup mudah bukan membersihkan microwave-nya?, dengan menjaga kondisi microwave dan peralatan dapur lainnya selalu dalam kondisi bersih maka peralatan akan bertahan lama, selain itu kebersihan dan higienis juga terjaga. Semoga tips cara membersihkan microwave ini bermanfaat bagi kita semua. Nantikan tips dapur ideal lainnya.

3 Tips Cara Membersihkan Microwave |Ais |4.5 |