3 Tips Menjaga Kitchen Sink Tetap Bersih

Kitchen Sink Tetap Bersih – Kitchen sink telah menjadi bagian penting dan integral dari sebuah dapur. Dalam perencanaan pembuatan ruang dapur, kitchen sink menjadi faktor pertama yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Demikian pula setelah selesainya pembangunan ruang dapur, menjaga kitchen sink selalu bersih dan siap digunakan menjadi sebuah keharusan, karena menurut penelitian tempat paling kotor di dalam rumah bukanlah toilet melainkan kitchen sink atau bak cuci piring di dapur.

Membersihkan kitchen sink agar tetap bersih dan higienis tidaklah sulit bahkan bahan dan alatnya pun mudah didapatkan. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tetap menjaga kitchen sink selalu bersih agar terbebas dari segala macam bakteri yang bisa membuat Anda dan keluarga Anda terserang penyakit.

Kitchen sink

Kitchen sink

Kitchen sink sebagai tempat yang paling kotor di rumah ternyata memang mempunyai kandungan bakteri lebih dari 100.000 per sentimeter persegi termasuk adanya bakteri E.coli, campylobacter dan salmonella. Bakteri-bakteri ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, dan jumlah bakteri di kitchen sink melebih apa yang ditemukan di toilet duduk. Jadi, terbayang bukan jika kitchen sink tidak dibersihkan secara rutin dan disiplin.

Bakteri ini timbul akibat adanya sisa-sisa makanan di piring-piring kotor, sisa proses pengolahan masakan, proses mencuci buah dan sayuran serta kegiatan lainnya yang dilakukan di kitchen sink. Lalu bagaimana cara mengurangi bakteri yang ada di kitchen sink?, yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kitchen sink tetap bersih, higienis dan itu bukanlah hal yang sulit. Dapur ideal adalah dapur yang sehat, yang minim bakteri, dan membantu Anda dan keluarga terhindar dari penyakit. Untuk mendapatkan dapur sehat maka lakukanlah 3 tips mudah cara menjaga kitchen sink tetap bersih di bawah ini:

1. Membersihkan Kitchen Sink Setiap Hari. Lakukan secara rutin dan disiplin, gunakan cairan pencuci piring untuk membersih kitchen sink lalu bilas dengan menyiram dengan air hangat. Lalu bersihkan dengan spons bersih, kain atau serbet dan gosok dengan lembut menggunakan campuran air hangat dan sabun. Kemudian bilas bersih dengan air mengalir.
Untuk kain bekas mengelap kitchen sink, segera cuci bersih dan jangan digunakan untuk mengelap countertop dapur Anda. Gunakan kain bersih lainnya.

2. Selalu Pastikan Kitchen Sink dalam Kondisi Kering. Kitchen sink yang telah dibersihkan, segera dikeringkan dengan serbet atau kain sejenis lainnya. Hal ini sangat berguna agar pertumbuhan bakteri tidak terjadi karena seperti kita tahu, bakteri akan mudah berkembang di area yang basah dan hangat. Lagipula, kitchen sink yang mengering dengan air yang masih menempel akan mengurangi keindahan kitchen sink itu sendiri.

3. Keran air harus Bersih. Selain bak cuci piring atau kitchen sink, yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bagian keran termasuk leher keran air. Keran air merupakan bagian yang sering disentuh saat mencuci piring, sayuran, buah dan peralatan dapur lainnya. Jangan lupakan untuk membersihkan keran air di kitchen sink dengan menggunakan air hangat dan cairan anti bakteri seperti sabun cuci piring. Setelah dibersihkan, lap sampai kering dengan lap bersih. Tentunya hal ini guna menghindari perkembangan bakteri yang sangat suka berkembang di area yang basah dan hangat.

Demikian adalah tips menjaga kitchen sink tetap bersih dan higienis agar ruang dapur khususnya dan rumah pada umumnya selalu terjaga dalam kondisi sehat, bersih dan higienis. Semoga tips kitchen sink dapur ini bermanfaat bagi kita semua.

3 Tips Menjaga Kitchen Sink Tetap Bersih |Ais |4.5 |