5 Tips untuk Membangun Dapur Luar Ruangan

Tips Dapur Luar Ruangan – Trend dapur luar ruangan atau dapur outdoor kini menjadi sebuah trend tersendiri, namun untuk mendapatkan dapur model ini membutuhkan luas tanah yang tidak sedikit juga butuh ide yang kreatif guna mewujudkan dapur yang sehat, menyenangkan dan tentunya ideal bagi semua orang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk membangun dapur luar ruangan.

1. Lokasi. Dapur luar ruangan sama dengan dapur dalam ruangan yaitu sangat membutuhkan sirkulasi udara yang baik dan pencahayaan yang baik dari sinar matahari. Tentunya lokasi menjadi sebuah faktor utama untuk menjadikan sebuah tempat sebagai dapur luar ruangan. Kedekatan terhadap rumah utama juga menjadi sebuah faktor yang harus dipertimbangkan karena seringkali kita membutuhkan sesuatu yang ada di rumah utama, jangan sampai akses dapur ke rumah utama terlalu jauh sehingga mempersulit diri kita sendiri.

2. Storage Dapur Luar Ruangan Harus Memadai. Dapur membutuhkan ruang penyimpanan atau storage yang memadai, sama persis dengan cara kerja dapur di dalam ruangan. Hal ini sangat dibutuhkan guna menyimpan dan menempatkan semua alat dan bahan dapur. Karena berada di luar ruangan, maka tempat penyimpanan harus terbuat dari bahan yang lebih tahan lama dan tahan air dibandingkan tempat penyimpanan di dalam ruangan.

3. Cahaya Penerangan. Meskipun dapur luar ruangan mendapatkan pencahayaan yang banyak saat siang hari, lalu bagaimana saat malam hari atau langit sedang mendung. Tentunya pencahayaan menjadi sangat diperlukan agar proses memasak dan menyajikan makanan tidak terganggu. Juga diperlukan dekorasi dapur luar ruangan yang juga berfungsi sebagai ruang makan. Gunakan lampu yang bisa diatur intensitas cahayanya dan bisa dirubah-rubah posisinya, jika perlu gunakan lampu LED yang terkenal hemat daya dan lebih ekonomis.

4. Colokan Listrik. Peralatan dapur modern didominasi oleh berbagai peralatan yang ditenagai oleh listrik, sehingga perlu direncanakan sebaik mungkin segi keamanan, jalur kabel, dan kemudahan saat mengakses colokan listrik yang ada di dapur luar ruangan. Hal ini sangat diperlukan guna memudahkan saat memasak baik di siang hari maupun di malam hari.

5. Suasana Dapur. Dapur luar ruangan memiliki keistimewaan tersendiri, dimulai dari kesan lapang, aliran udara yang segar dan pencahayaan serta suasana yang terasa lebih akrab. Dengan keistimewaan tersebut, memasak dan menyantap hidangan di dapur luar ruangan akan menjadi salah satu cara untuk menghangatkan suasana dan kebersamaan dengan anggota keluarga dan teman-teman.

Demikian adalah 5 tips untuk membangun dapur luar ruangan yang kita bahas pada kesempatan kali ini. Jika anda ingin membangunnya, maka lakukan perencanaan pembangunan dapur yang baik dengan anggaran yang tepat.

5 Tips untuk Membangun Dapur Luar Ruangan |Ais |4.5 | dibaca 318 kali