4 Tips Mendekorasi Dapur dengan Biaya yang Minim

4 Tips Mendekorasi Dapur Minim Biaya – Dapur yang sudah sekian lama digunakan terkadang menimbulkan rasa bosan, hal ini tentunya memberikan tambahan kemalasan tersendiri untuk berkreasi dengan berbagai resep masakan. Untuk menghindari kebosanan ini ternyata cukup mudah yaitu dengan menghadirkan nuansa baru di ruang dapur tercinta.

Namun ada kalanya keinginan menghadirkan suasana baru di dapur terkendala dengan biaya, apalagi di era sekarang ini yang mana kondisi perekonomian masih belum stabil yang membuat kita mengetatkan pengeluaran yang tak perlu. Tapi jangan khawatir, berikut adalah 4 tips mendekorasi dapur dengan biaya yang minim.

Kunci mengatasi kebosanan di dapur adalah memberikan nuansa baru

Mengganti kitchen set, menghias meja dapur, mengganti backsplash dapur dan mengganti tema dapur tentu akan membuat ruang dapur terlihat berbeda dan segar. Dekorasi dan tampilan baru dapur pun sudah bisa dibayangkan. Tapi hal ini tentunya perlu dipikirkan secara matang, guna menghindari anggaran membludak yang akhirnya bukan untung yang didapatkan tetapi malah buntung karena menggerogoti anggaran kebutuhan yang lain.

Mari simak tips mendekorasi ruang dapur yang minim biaya di bawah ini!

1. Planning atau perencanaan. Merencanakan sesuatu yang akan dilakukan adalah hal yang sangat penting, terlebih kegiatan yang akan dilakukan membutuhkan anggaran biaya. Demikian pula saat merencanakan untuk mendekorasi ruang dapur. Ambil pena dan kertas, lalu mulai menuliskan perincian segala hal yang dibutuhkan. Dengan perencanaan yang baik maka akan terlihat apa yang dibutuhkan dan diinginkan untuk mendapatkan suasana dapur yang baru.

Juga dalam perencanaan akan terlihat ukuran tiap-tiap bagian di dapur. Jika ingin mengganti kitchen sink, tentunya harus dibeli yang sesuai dengan ukuran kitchen sink yang lama. Dengan semua tertulis di perencanaan maka akan terlihat semuanya, di sini nantinya kita bisa melihat bagian mana yang sebaiknya ditunda dahulu dalam membeli barang yang diinginkan. Artinya kita bisa mengontrol anggaran biaya agar tidak membengkak.

2. Re-Use atau Gunakan kembali. Menggunakan kembali barang-barang yang lama di dapur bukanlah sebuah hal yang tabu terlebih barang tersebut masih bagus dan layak digunakan. Jika perlu keluarkan semua koleksi barang yang ada di gudang, lalu pilah dan pilih untuk disesuaikan dengan tema ruang dapur yang baru.

Kalo dirasa perlu, lakukan re-layout ruang dapur terutama bagian-bagian dapur yang bisa digeser seperti kulkas, meja dapur, atau perangkat dapur lainnya. Hal ini tentu sebagai bagian untuk mendekorasi ulang ruang dapur. Meskipun hal ini melelahkan, tetapi jika dikerjakan secara bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain, tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan semakin mengakrabkan antar angoota keluarga.

Tidak usah takut salah saat mendekorasi ruang dapur. Ini ruangan spesial dan tunjukan tema serta kepribadian ruang dapur sesuai dengan keinginan. Yang penting adalah rasa nyaman, jika kita sudah merasa nyaman di ruang dapur sesuai dengan tema kita, maka lakukanlah.

3. Berbelanja barang bekas. Perencanaan yang diinginkan dan dibutuhkan masih melebihi anggaran biaya yang disiapkan?, jika iya, maka coba tengok barang bekas, berbelanja barang bekas tentunya akan sangat menekan biaya. Namun untuk melakukan hal ini diperlukan ketelitian dan ketelatenan untuk memilah, memilih dan menawar dengan harga rendah semua barang bekas yang masih layak dipakai. Tentunya hal ini akan menekan anggaran biaya seminim mungkin.

4. Do It Yourself alias Berkreasi sendiri. Tips mendekorasi dapur minim biaya yang terakhir adalah dengan berkreasi. Keluarkan ide dan imajinasi yang terpendam untuk diaplikasikan ke berbagai dekorasi untuk dapur. Manfaatkan berbagai barang yang tak terpakai di rumah dan barang bekas yang sudah dibeli, gabungkan barang-barang tersebut untuk membuat kreasi sendiri.

Jika membutuhkan ide, bisa dilakukan dengan menonton video atau mencari menggunakan mesin pencari Google. Berkreasi sendiri atau istilahnya Do It Yourself akan menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan.

Tidak sulit bukan untuk mengikuti 4 tips mendekorasi dapur dengan biaya yang minim!. Anggaran bisa terkontrol dan bisa ditabung guna keperluan yang lain. Semoga tips mendekorasi dapur minim biaya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

4 Tips Mendekorasi Dapur dengan Biaya yang Minim |Ais |4.5 | dibaca 377 kali