3 Tips Mudah Merawat Rotan

Cara merawat rotan selalu tampil menawan – Beragam jenis material telah banyak digunakan untuk furniture termasuk penggunaannya di ruang dapur. Mulai dari jenis material logam, plastik, rekayasa teknik yang menghasilkan berbagai jenis material baru dan berbagai bahan alami. Penggunaan jenis material tentunya disesuaikan dengan tema rumah yang menyatukan tema dapur atau juga tema yang berbeda untuk menunjukkan adanya batas pemisah imajiner antara ruang di rumah dan dapur. Hanya saja jika ingin menghadirkan sentuhan tema eksotis maka bahan alami dan natural sebaiknya digunakan seperti bahan rotan.

Perkembangan teknologi juga akhirnya memicu beragam kreatifitas desain furniture rotan yang terlihat semakin semarak dan bervariasi. Namun meskipun teknologi pengolahan rotan semakin baik, perlu dibarengi dengan pengetahuan bagaimana cara merawat rotan yang baik agar awet dan selalu menawan. Karena tiap bahan material memiliki cara tersendiri dan tentunya berbeda-beda untuk tiap-tiap material tersebut. Dan kali ini berikut adalah bahasan bagaimana cara merawat rotan agar selalu tampak menawan.

Tidak banyak yang perlu dilakukan untuk merawat rotan. Mudah, simpel dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Juga hasilnya pun akan membuat furnitur rotan semakin awet dan tampak menawan. Berikut adalah tipsnya:

1. Bersihkan dengan lap kain basah. Penampilan rotan yang menawan akan rusak dengan adanya debu yang menempel dan menumpuk sehingga tampak kusam, kumuh dan tidak sedap dipandang mata. Caranya cukup mudah, permukaan rotan harus selalu dibersihkan dengan lap kain yang lembab yang berguna untuk menghilangkan debu di furniture rotan. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara perawatan rotan ini minimal dua minggu sekali, namun jika di rasa area rumah cukup berdebu, maka lakukan setiap seminggu sekali.

2. Pengecatan Ulang. Hal ini perlu dilakukan setelah furniture rotan berumur lebih dari 4 tahun. Karena meskipun rutin dibersihkan dengan lap kain basah, proses ini akan menggerus cat dan lapisan melamin yang ada di furnitur rotan. Untuk mengembalikan penampilan menawan furniture rotan, maka perlu dilakukan pengecetan ulang. Gunakan Spryer untuk mengecat ulang furniture rotan, lalu setelah kering, lapisi dengan cairan melamik. Melamik merupakan bahan finishing kayu yang bisa diaplikasikan ke rotan yang hasilnya halus dan rata namun tetap menampilkan keindahan alami serat kayu dan rotan.

3. Rayap. Musuh alami jenis material berbahan alami adalah rayap. Tidak hanya di bahan kayu, rayap juga menjadi musuh yang harus dibasmi. Rayap akan memakan rotan yang ditandai dengan adanya serbuk putih, jika hal ini tidak ditangani dengan segera, rotan akan cepat rusak. Cara mengatasi rayap di rotan adalah dengan membuat larutan kapur barus dan minyak tanah, satu sendok kapur barus dilarutkan dalam 250ml minyak tanah. Aduk hingga benar-benar tercampur merata. Setelah merata, gunakan larutan tersebut pada bagian rotan yang terkena rayap dengan cara menyemprotnya. Butuh delapan jam setelah mengaplikasikan semprotan pertama ke rotan guna memberikan kesempatan larutan tersebut terserap ke rotan, kemudian lakukan penyemprotan kembali hingga rayap benar-benar lenyap. Pastikan semua furnitur rotan diperiksa dengan seksama dari potensi terserang rayap juga dengan furniture berbahan kayu lainnya.

Cukup mudah bukan cara merawat rotan agar selalu menawan?, Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk share artikel ini di FB, Twitter maupun Google Plus agar teman-teman anda pun mengetahuinya dan terinspirasi untuk mencoba merawat furnitur rotan mereka di rumah.

3 Tips Mudah Merawat Rotan |Ais |4.5 |