Dapur Ideal yang Aman

Sebuah dapur yang ideal tidak terlepas dari faktor keamanan dan kenyaman. Faktor keamanan sebuah dapur menjadi hal yang harus sangat diperhatikan. Ibarat di dunia kerja, Utamakan Selamat, menjadi jargon yang harus diupayakan. Nah, dapur juga harus memenuhi faktor AMAN untuk digunakan dan AMAN berada di dalamnya.

Dapur ideal harus aman saat digunakan, unsur bahan pembuatan dapur harus diperhatikan. Pencahayaan di dapur juga penting untuk diatur dan disetting sedemikian rupa karena banyaknya alat tajam yang digunakan di dapur seperti pisau.

Dapur yang aman saat kita berada di dalamnya juga harus diatur sedemikian rupa. Karena selain orang yang menggunakan dapur dan fasilitasnya terkadang ada orang lain yang menemani di dapur selain kita sendiri tentunya. Sehingga peletakkan benda-benda di dapur seperti penempatan kompor juga harus diperhatikan terlebih jika kita mempunyai anak kecil, kompor atau alat dapur harus jauh dari jangkauan mereka.

Dapur Minimalis dengan Gaya Bar dan Backsplash

Dari beberapa sumber di internet, berikut beberapa tips yang bisa dipakai sebagai upaya untuk mendapatkan sebuah dapur yang aman. Aman untuk digunakan dan aman untuk berada di dalamnya.

Tips Dapur yang Aman

  1. Pencahayaan. Pencahayaan dapur atau pantry harus baik. Jika pada siang hari dan memanfaatkan cahaya matahari, harus benar-benar menerangi dengan baik dan jika kurang terang maka perlu dibantu dengan cahaya dari lampu listrik. Hal ini penting sekali karena pada area meja kerja dan area pencuci, alat-alat yang digunakan kebanyakan berupa alat tajam seperti pisau. Cahaya yang baik akan memberi penerangan yang baik pula bagi penggunanya.
  2. Penempatan Tabung Gas. Jika menggunakan tabung gas baik yang 12kg maupun 3kg peletakannya harus di dekat ventilasi ruangan. Hal ini penting sekali jika terjadi kebocoran gas, gas yang bocor bisa langsung keluar tanpa perlu berkumpul di dapur karena bisa menyebabkan ledakan jika terpercik sumber api.
  3. Bahan Tahan Api. Gunakan bahan seperti keramik, marmer, granit dan stainless steel di sekitar kompor. Karena jika api dari kompor tidak terkendali tidak akan menyebabkan kebakaran karena mengenai bahan tahan api tersebut.
  4. Sirkulasi udara yang baik memang penting tetapi tidak untuk kompor, sebaiknya kompor agak menjauh dari jendela sehingga saat angina meniup api kompor tidak mengenai bahan yang mudah terbakar seperti kain gordyn jendela.
  5. Letak kompor. Letak kompor harus diperhatikan dengan benar, mudah dijangkau oleh orang dewasa tetapi aman dari jangkauan anak-anak. Karena jika mudah terjangkau oleh anak-anak maka mereka akan mencoba untuk mencari tahu bagaimana menggunakannya dan jika tidak ada orang dewasa di sekitar mereka maka hal ini akan memicu bahaya kebakaran.
  6. Alat pemadam api. Sedia payung sebelum hujan, demikian orang tua kita menasehati, demikian juga dengan dapur yang aman, dimana perlu kita siapkan alat pemdam api dari yang sederhana seperti karung goni basah sampai dengan alat pemdam kebakaran tingkat 1.
  7. Posisi Meja dapur, bak cuci dan kitchen set atau lemari penyimpanan harus mudah dijangkau tanpa perlu lagi menggunakan alat bantu seperti tangga atau kursi. Karena penggunaan alat bantu akan menambah faktor penyebab kecelakaan di dapur.

Demikianlah tips untuk mewujudkan dapur yang ideal dan aman bagi kita semua. Semoga saja tips-tips tersebut berguna dan jika ada tambahan yang sekiranya di luar tips di atas, maka dengan senang hati kami menampungnya di kolom komentar di bawah. Kami akan mengkompilasinya lagi sebagai update dari tips dapur ideal yang aman.

 

Dapur Ideal yang Aman |Ais |4.5 | dibaca 3,046 kali