Masalah dan Penyebab Membuat Cake Gagal

Kenapa Cake Bantat – Membuat cake dan bolu itu gampang-gampang susah, sudah kita siapkan bahan-bahan dan prosesnya sesuai dan sama dengan prosedur yang tertulis di resep. Tetapi terkadang masih saja muncul masalah seperti cake yang bantat, cake mau mengembang tapi saat keluar dari oven malah kempes. Jika sudah kejadian seperti itu, semangat untuk membuat cake jadi hilang. Masalah seperti itu jangan khawatir dan jangan putus asa, saya punya tips yang pastinya diperoleh dari berbagai sumber dan mudah-mudahan bisa bermanfaat buat kita-kita yang masih banyak belajar.

 

Perhatikan tips-tips di bawah agar membuat cake tidak gagal lagi:

  1. Cake keras dan terbelah, hal ini dikarenakan terigu yang digunakan terlalu banyak, tidak seimbang dengan pemakaian telur, juga pengocokan telur belum cukup kental. Namun Cake keras juga bisa disebababkan akibat kurang gula atau lemak.
  2. Cake mengembang saat dioven, tetapi mengerut ketika keluar dari oven. Hal ini dikarenakan jumlah tepung yang digunakan kurang banyak.
  3. Warna kue pucat, padahal cake sudah matang. Jika ini yang terjadi karena Jumlah gula yang digunakan kurang.
  4. Cake gosong, sementara bagian tengah belum matang. Kemungkinan jumlah gula yang digunakan terlalu banyak dan api terlalu besar. Sehingga temperatur tinggi hanya mampu mencapai saat cake mengembang, jadi ketika cake mengembang naik sempurna, api harus dikecilkan.
  5. Cake bantat, terlalu basah, berkulit tebal. Hal ini akibat penggunaan lemak terlalu banyak dan waktu pengocokan telur yang tidak tepat seperti lamanya waktu yang dilakukan saat pengocokan.
  6. Tekstur kue berlubang-lubang dan kue banyak remahnya. Hal ini terjadi karena gelembung udara belum hilang, dan kita terburu-buru memasukkan tepung ke dalam kocokan telur.
  7. Pada bagian bawah kue terbentuk lapisan kuning tebal yang keras. Hal inji akibat margarin tidak teraduk rata.
  8. Cake cuma lembut selagi masih panas, tetapi agak keras setelah dingin. Hal ini dikarenakan margarin yang digunakan kualitasnya kurang baik. Akibatnya melting pointnya (titik lumernya) tinggi. Sehingga ketika ditemperatur ruang margarin membeku. Kalau ini penyebabnya, kue akan kembali lembut bila dipanaskan.
  9. Kulit cake tebal dan renyah. Ini karena cake terlalu cair hingga harus dioven dalam waktu lama untuk membuatnya matang. Penggunaan gula terlalu banyak juga memungkinkan hal ini terjadi. Juga volume adonan terlalu tinggi hingga dibutuhkan waktu banyak sekali di dalam oven.
  10. Cake melembung di tengah. Hal ini disebabkan karena pengocokan terlalu lama dan panas oven tidak rata atau terlalu panas.
  11. Cake cekung di tengah. Jika ini terjadi maka bisa dipastikan tepung yang digunakan kurang seimbang dengan jumlah cairan.

Demikianlah kesebelas tips yang bisa kita gunakan sebagai panduan jika terjadi sesuatu hal dengan cake yang sedang kita buat. Jika ada pertanyaan, silakan bertanya di kolom komentar di bawah. Dan sekali lagi semoga tips kenapa cake menjadi bantat dapat berguna bagi kita semua. Cheers!!!

Masalah dan Penyebab Membuat Cake Gagal |Ais |4.5 |