6 Tips Ideal Mendesain Dapur Idaman

Tips Desain Dapur Idaman – Ruang dapur di rumah modern kini menjadi titik pertemuan seluruh anggota keluarga yang akhirnya harus mampu mengakomodasi semua kebutuhan. Dapur aman, nyaman dan cocok untuk keluarga perlu diciptakan, namun hal tersebut tidaklah mudah. Berikut ini adalah 6 tips ideal mendesain dapur idaman.

Mendesain dapur idaman tidak hanya bergantung dari 6 tips ideal berikut, banyak yang bisa dilakukan di luar ke-6 tips tersebut. Tapi tips dapur ideal ini lebih menitik beratkan ke peran fungsi dan estetika sebuah dapur yang diidamkan. Sebagai tempat memasak yang aman dan nyaman juga harus mampu memberikan tampilan yang menarik. Di sini juga akan diperlihatkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan keluarga, desain dapur juga memperhatikan keindahan ruangan, kesesuaian gaya dengan tema rumah secara keseluruhan yang akhirnya semua terbungkus menjadi sebuah dapur idaman.

Tips Desain Dapur Idaman

Penggunaan ruang di dapur harus sangat diperhatikan dan dimasukkan ke dalam desain, hal ini penting sebagai langkah antisipasi terhadap gangguan karena dapur menjadi tempat bertemunya elemen berbahaya seperti api dan air. Kedua elemen ini menjadi elemen utama di ruang dapur yang harus bisa dikelola dengan baik yang dituangkan ke dalam perencanaan desain dapur yang baik.

Berikut adalah 6 tips Desain dapur idaman

  1. Tata Letak yang Ergonomis. Proses memasak adalah proses beraktivitasnya manusia, hal ini harus diperhatikan sebagai langkah awal dalam menempatkan elemen-elemen dapur. Kesesuaian elemen dapur dengan alur aktifitas memasak pemiliknya menjadi sebuah keharusan yang utama dan pertama dalam mewujudkan dapur idaman.
  2. Pemanfaat Ruang. Ruang dapur adalah sumberdaya yang terbatas, pemanfaatan sumber daya ini harus dioptimalkan sehingga dapat ditentukan posisi dan bentuk yang pas dalam mengelola ruang dapur. Selain itu desain dapur idaman mampu meng-ekplorasi pemanfaat nilai-nilai positif yang ada di ruang dapur. Contoh kasus adalah dengan pengoptimalan sinar matahai di salah satu sisi dapur menjadi salah satu sumber pencahayaan yang diperlukan agar dapur menjadi terang dan tidak lembab. Dapur yang lembab akan mengundang resiko bakteri dan kuman penyakit yang akhirnya dapat memperburuk kondisi dapur.
  3. Penyediaan Storage. Storage di ruang dapur menjadi tips ketiga yang perlu diperhatikan saat kita membangun dapur idaman. Desain storage banyak ragamnya yang bergantung pada karakter material dan jenisnya, serta jenis makanan atau bahan makanan, juga barang yang disimpan. Tempat penyimpanan ini selain memerhatikan kecukupan ruang, juga harus memerhatikan estetika. Oleh karenanya desain bentuk, pilihan warna, dan jenis bukaan-bukaannya harus diperhatikan.
  4. Pilihan Material. Tips ke-4 dalam mewujudkan dapur idaman adalah pemilihan material. Perlu dipikirkan secara matang saat memilih material karena jika salah memilih material akibatnya bisa fatal. Karena, selain dapur tak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, juga akan merusak keindahan visualnya.
  5. Faktor Keamanan . Dapur yang enak dilihat dan nyaman digunakan itu penting, tetapi merasa aman di dalam dapur jauh lebih penting. Untuk itu elemen penting dapur yaitu air dan api harus dikelola dengan baik di dapur. Sistem pemipaan yang terencana akan menghindarkan terjadinya sumbatan yang dapat mengakibatkan genangan dan banjir pada ruang dapur. Sedangkan api (kompor) dan elemen pelengkapnya (gas), harus dikelola dengan penempatan yang tepat dan tidak rawan bahaya.
  6. Instalasi Listrik. Dapur modern banyak menggunakan listrik sebagai komponen penunjangnya. Lampu dan beberapa koneksi listrik diperlukan di dapur mengingat saat ini peralatan elektronik semakin berkembang. Perencanaan yang cermat akan instalasi menghindarkan terjadinya hubung-singkat atau konslet dan bahaya lain yang disebabkan oleh listrik.

Mewujudkan sebuah dapur idaman harus dilakukan secermat mungkin sejak di atas kertas karena desain dapur cukup kompleks dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu. Dengan kompleksitasnya tersebut, maka tidak ada salahnya jika kita percayakan proses pembuatan dapur pada ahlinya  atau konsultan guna mewujudkan dapur impian yang aman, awet, tampilan yang enak di mata dan aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga.

6 Tips Ideal Mendesain Dapur Idaman |Ais |4.5 | dibaca 343 kali