Dapur Ideal yang Sehat

Dapur Sehat – Dapur ideal sudah menjadi dambaan sebagian besar pemilik rumah dan ibu rumah tangga adalah yang paling berkepentingan. Dapur yang ideal sudah bersinonim dengan dapur yang nyaman. Jika kita mendengar istilah dapur ideal maka terbersit langsung suasana dapur yang nyaman. Hanya saja jangan dilupakan untuk memperhatikan kondisi dapur yang sehat.

Dapur yang sehat tentun akan memberi suasanan nyaman penggunanya. Meskipun ada beberapa poin di dapur tersebut yang kurang ideal, dengan kondisi dapur yang sehat maka poin minus dari dapur tersebut akan tertutupi.Ide Ruang Dapur Minimalis Modern dengan Cooker hood
Lalu dapur yang sehat itu bagaimana mewujudkannya?, berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mewujudkan kondisi dapur yang sehat.

Tips Dapur yang Sehat

  1. Dapur Bersih. Setiap habis memasak, dapur harus dibersihkan. Hal ini sangat penting untuk menghindari tumbuhnya jamur juga bakteri yang sangat berbahaya bagi makanan. Kontaminasi jamur dan bakteri tidak hanya dari luar tetapi juga dari dalam karena kemalasan kita untuk membersihkan dapur secara disiplin sehabis memasak. Kondisi dapur yang kotor dengan banyaknya sisa makanan akan memudahkan bakteri dan jamur tumbuh.
  2. Ventilasi. Dapur yang sehat harus memiliki system ventilasi yang baik. Sirkulasi udara di dapur harus terjaga tanpa adanya bloking udara di dalam dapur. Sirkulasi udara yang baik sangat berguna untuk menghindari efek bahaya dari keracunan akibat penggunaan kompor gas maupun asap. Jika menggunakan kompor gas yang di tengah ruangan maka cooker hood harus digunakan untuk mengalirkan udara.
  3. Sinar Matahari yang Cukup. Dapur yang sehat berarti bebas dari bakteri, hal ini bisa dilakukan dengan disiplin membersihkan dapur setelah selesai memasak juga harus terjangkau sinar matahari. Letak dapur yang terjangkau sinar matahari dapat membunuh bibit bakteri juga menghindari tikus dan kecoa. 2 binatang ini merupakan momok yang bagi sebagian besar pengguna dapur jijik melihatnya.
  4. Bahan Pembersih Dapur. Untuk membersihkan dapur juga harus diperhatikan produk pembersihnya. Jangan gunakan produk pembersih yang keras seperti deterjen dan pembersih keramik meja dapur. Jika harus menggunakan jenis pembersih tersebut, usahakan buka jendela lebar-lebar untuk menghindari bertumpuknya udara yang dihasilkan pembersih yang keras tersebut di dalam dapur dan usahakan gunakan sedikit saja atau dibawah dosis yang disarankan.
  5. Bahan Pembuatan Dapur. Dapur yang sehat juga memperhatikan bahan pembuatannya. Jangan menggunakan asbes untuk langit-langit. Gunakan gypsum atau kayu. Juga gunakan cat berbahan dasar air untuk melapisi langit-langit dan dinding ruang dapur. Dibolehkan menggunakan vernis untuk mempermanis tampilan kitchen set atau lemari penyimpanan di dapur, tetapi baru bisa digunakan setelah beberapa hari diangin-anginkan untuk menghindari efek negatif dari vernis tersebut.

Tips dapur sehat di atas bisa digunakan untuk mewujudkan dapur bersih. Banyak faktor yang harus diperhatikan terutama faktor keamanan dari penggunaan dapur karena banyaknya frekuensi penggunaan api di dalam dapur yang memiliki efek samping berupa asap dan gas. Jangan sampai dapur tidak memiliki system sirkulasi udara yang baik.

Dapur Ideal yang Sehat |Ais |4.5 | dibaca 1,868 kali