Tips agar Buah dan Sayur Awet Lebih Lama Disimpan di Kulkas

Buah dan Sayur Awet di Kulkas – Dalam Tips Dapur Ideal kali ini, penulis mencoba berbagi tips cara menyimpan sayur dan buah di kulkas agar tahan lama. Seperti kita tahu, masyarakat kita sangat mengandalkan lemari es atau kulkas sebagai tempat penyimpanan favorit untuk sayur, buah dan bahan makanan lainnya. Namun jika salah dalam penanganannya dan tidak berhati-hati maka sayur, buah dan bahan makanan lainnya akan cepat busuk. Kondisi ini tentunya akan sangat merugikan, yang akhirnya akan memaksa para ibu untuk berbelanja kembali dan uang belanja akan sia-sia terbuang.

tips-menyimpan-buah-dan-sayur-agar-awet-di-lemari-es

Untuk itu perlu diperhatikan tips penyimpanan sayur dan buah supaya tahan lama menggunakan kulkas. Dengan tips ini maka buah dan sayuran akan bertahan hingga satu minggu, tentu dengan durasi waktu yang cukup lama ini akan menghemat pengeluaran dan mengoptimalkan uang belanja yang ada.

Cara Menyimpan Buah dan Sayur di Kulkas Supaya Tahan Lama

Berikut adalah cara atau tips bagaimana menyimpan buah dan sayur di kulkas agar tahan lama. Jadi tolong dibedakan dengan tips lain yang menyimpan buah dan sayur agar awet lebih lama tanpa menggunakan kulkas.

Tips 1. Suhu kulkas atau lemari es harus dalam posisi Medium. Hal ini sangat penting karena setiap sayur dan buah memiliki ketahanan yang berbeda-beda di suhu dingin. Dengan posisi suhu kulkas di posisi medium dapat menghindarkan sayuran rusak dalam waktu yang singkat.

Tips 2. Cuci Bersih Sayuran dan Buah. Sayuran dan buah yang akan disimpan di lemari es wajib hukumnya dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Dan sebelum masuk ke kulkas harus dikeringkan. Hal ini sangat penting untuk mengkondisikan buah dan sayur agar awet lebih lama karena jika dimasukkan dalam kondisi basah ke lemari es akan mempercepat proses busuk pada sayur dan buah.

Tips 3. Wadah kedap udara. Setelah sayur dan buah dicuci bersih dan kering, masukkan sayur dan buah ke dalam masing-masing wadah yang kedap udara lalu tutup rapat sebelum dimasukkan ke kulkas atau lemari es. Jika wadah yang ada masih kurang atau tidak cukup, gunakan plastik wrapping yang bisa digunakan untuk membungkus sayur dan buah dengan rapi tanpa menyimpan udara. Plastik wrapping dapat ditemukan di berbagai hypermarket.

raw food isolated on white - apples, bananas, cheese, tomatoes, cabbage, bread, sausages, eggs, pot with peppers, all wrapped for purchase

Tips 4. Pengaturan Sayur dan Buah di Kulkas. Penempatan sayur dan buah di kulkas juga membutuhkan aturan tertentu, tempatkan sayuran dan buah pada laci atau rak paling bawah dalam kulkas. Rak atau laci di kulkas biasanya diperuntukkan khusus untuk kedua bahan makanan ini. Penempatan ini sangat penting untuk melindungi buah dan sayur dari terpaan suhu dingin dari kulkas secara langsung.

Tips 5. Tidak semua buah dan sayur disimpan di lemari es. Perlu diketahui tidak semua jenis buah dan sayur harus disimpan di kulkas atau lemari es, bahkan beberapa jenis buah tidak dianjurkan  disimpan di suhu dingin seperti pisang. Jika dipaksakan disimpan di kulkas maka daging buah pisang akan berubah kecokelatan yang terasa aneh saat dimakan.

Untuk buah yang sudah di kupas dan diiris-iris, harus ditempatkan dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di lemari es atau kulkas. Jika tanpa wadah kedap udara, misalnya apel dan pir, daging buah kedua buah tersebut akan cepat berubah kecokelatan terlebih kulit buahnya sudah di-kupas.

Tips 6. Disiplin Membersihkan Kulkas. Kulkas harus dibersihkan dengan cairan disinfektan yang aman untuk kulkas dan tubuh, jangan sembarang disinfektan karena bisa berakibat buruk ke bahan makanan dan tentunya tubuh kita. Kulkas yang bersih akan menambah keawetan bahan makanan yang disimpan dan tentunya kita akan merasa aman untuk menggunakan bahan makanan yang ada di dalamnya.

Demikian adalah beberapa tips dapur ideal bagaimana cara menyimpan buah dan sayur di lemari es agar awet dan tahan lama. Semoga bisa menjadi pengetahuan kita bersama dan sampai jumpa di tips dapur ideal lainnya. Cheers.

Tips agar Buah dan Sayur Awet Lebih Lama Disimpan di Kulkas |Ais |4.5 | dibaca 590 kali