5 Alat Dapur Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Puasa

Persiapan Dapur untuk Bulan Puasa – Puasa sebentar lagi, bulan puasa segera tiba dan kegiatan memasak akan lebih sering terjadi di dapur untuk menyiapkan makanan sahur juga berbuka untuk keluarga. Untuk itu perlu diperhatikan untuk mempersiapkan alat-alat dapur yang penting agar kenikmatan saat memasak makanan untuk sahur dan berbuka tidak terganggu.

Pisau tumpul, kompor yang kotor dan tidak bagus nyala apinya tentu akan menjadi hal yang menjengkelkan. Untuk itu ayo kita benahi peralatan dapur yang penting dan harus dicek kesiapannya dan inilah 5 peralatan dapur yang sangat penting.

  1. Blender dan juicer

Blender dan juicer menjadi alat andalan saat digunakan untuk meracik jus buah segar saat berbuka dan sahur. Dengan kedua alat dalam kondisi prima, maka tugas menyiapkan jus akan lebih ringan dan tentunya menyenangkan. Untuk itu perlu diperhatikan kondisi kedua alat tersebut, cek kondisi penutup blender dan juicer dan pastikan rapat jika diulir. Lalu karet bagian bawah juga harus dicek untuk memastikan masih lekat dengan baik. Jika ditemukan karet sudah keras dan retak, maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

Juga selalu disiplin untuk membersihkannya setelah selesai digunakan. Jika blender digunakan untuk menghaluskan bumbu, maka gunakan blender yang berbeda karena aroma bumbu sangat lekat pada mangkuk blender dan tentunya akan sangat mengganggu jika digunakan juga untuk meracik jus buah.

  1. Pisau

Pisau di dapur harus dalam kondisi prima, baik ketajamannya maupun gagangnya. Pisau yang prima akan memudahkan saat merajang, mencincang dan mengiris bahan makanan. Untuk keperluan yang berbeda, gunakan pisau yang berbeda pula misalnya  pisau golok untuk memotong daing dan pisau serbaguna untuk mengupas sayuran dan buah. Juga siapkan peeler yang sangat membantu saat mengupas kentang dan wortel.

kitchen-tools-knife-set

Kumpulkan kesemua pisau yang ada di dapur untuk dicek kondisinya. Jika perlu lakukan penajaman mata pisau yang bisa dilakukan sendiri menggunakan pengasah pisau dari batu atau listrik, namun jika dirasa merepotkan bisa menggunakan jasa tukang pengasah pisau. Jika diperlukan, sedikit sisihkan dana yang ada untuk membeli pisau serbaguna baru yang berukuran sedang.

  1. Panci dan wajan

Wajan dan panci menjadi alat dapur penting lainnya yang harus diperhatikan untuk menyongsong bulan puasa. Setelah sekian lama digunakan, kini saatnya perlu mengetahui kondisi kedua alat dapur tersebut. Periksa satu persatu dengan seksama mulai dari pegangannya, lapisan anti lengketnya dan indikasi yang lain. Jika perlu ganti dengan yang baru dengan ukuran wajan dan panci yang sering digunakan.

Untuk menghindari kerepotan saat memasak makanan menu sahur dan berbuka, maka perlu disiapkan minimal 2 panci berukuran sedang dan kecil. Sedangkan untuk wajan, perlu disiapkan wajan berukuran sedang dan kecil serta satu wajan untuk penggorengan. Persiapan wajan dan panci dengan ukuran yang berbeda sebagai strategi memasak yang nantinya disesuaikan seberapa banyak bahan makanan yang harus dimasak karena memasak dalam wajan dan panci besar lebih memakan energi dan waktu.

  1. Kompor

Kompor menjadi peralatan dapur penting yang lain yang harus dicek kesiapannya. Tungku di kompor gas harus dalam kondisi prima karena saat mempengaruhi kualitas api. Tungku yang tersumbat akan membuat api menjadi merah dan tidak merata sehingga masakan jadi lama matang.

Untuk itu tungku perlu dicuci dan disikat dengan sikat lembut kemudisan dibilas sebelum dikeringkan, langkah ini perlu dilakukan untuk membersihkan lempengan penutup tungku dan gerigi di tungku karena setelah sekian lama digunakan memasak akan berpotensi tertutup oleh kotoran saat proses memasak. Jangan lupa lap dan bersihkan kotoran badan kompor agar lebih bersih dan bebas noda minyak.

  1. Rice cooker

Alat memasak nasi ini sudah menjadi kelengkapan standar di dapur. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan mulai dari wadah nasinya apakah masih terlapisi anti lengket hingga kondisi kabel guna memastikan keamanan dari perangkat dapur yang membutuhkan listrik ini.

Rice Cooker

Kondisi rice cooker yang prima menjadi sebuah keharusan karena jika rice cooker tidak maksimal saat mematangkan nasi, maka nasi akan cepat basi karena panas sudah tidak merata. Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan dan mubazir karena harus membuang nasi tersebut.

Jadi jika rice cooker ditemukan dalam kondisi tidak maksimal, perlu dilakukan penggantian dengan unit yang baru apalagi jika ditemukan kabel terkelupas dan colokan ke listrik sudah rusak. Penggantian unit yang baru menjadi sebuah hal utama guna menghindari situasi yang tidak diinginkan saat menggunakan rice cooker.

Dengan peralatan kitchen atau peralatan dapur dalam kondisi prima, tentunya akan menyenangkan serta nyaman bagi seorang ibu saat mempersiapkan menu berbuka puasa serta sahur bagi seluruh anggota keluarga.

5 Alat Dapur Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Puasa |Ais |4.5 | dibaca 763 kali