Tips Membuat Dapur Kecil Terkesan Lebih Luas

Tips Dapur Mungil – Kali ini penulis mencoba berbagi tips untuk membuat dapur mungil yang kita punya menjadi terlihat lebih luas. Tips ini tentunya tidak menjadikan lebih lebar atau besar tetapi setidaknya dengan berbagai tips di bawah akan membuat kesan dapur menjadi lebih lapang dan nyaman seperti yang sering kita jumpai pada berbagai dapur dengan ukuran yang besar.

Tips ini perlu diketahui sebagai salah satu cara men-siasati kendala luas dapur yang tentunya sering ditemui diberbagai rumah dengan tipe minimalis maupun di apartemen. Semoga saja Tips Membuat Dapur Mungil Terlihat Lebih Luas di bawah ini akan memberikan inspirasi untuk mewujudkannya.

Tips 1 – Gunakan Warna Terang saat Mengecat ruangan dapur

Warna-warna gelap perlu dihindari penggunaannya saat melakukan pengecatan ruangan dapur, untuk memberi kesan lapang maka sebaiknya warna-warna terang sebagai pilihan warna utama. Warna ternag yang bisa digunakan adalah putih atau biru sebagai pilihan untuk menimbulkan kesan luas dan lapang. Kedua warna juga bisa diterapkan pada keseluruhan bagian dapur seperti warna kabinet, backsplash atau di dinding dapur. Jika ingin menggunakan warna tambahan lain, maka gunakan sedikit saja sebagai warna kontras di dapur.

Tips 2 – Desain dan Warna Kabinet di Dapur

Penggunaan warna gelap juga harus dihindari untuk cabinet dapur. Samakan saja dengan warna terang yang telah digunakan sebelumnya pada dinding, hal ini tentunya akan memberikan kesan lapang saat menggunakan dapur. Kabinet dapur juga bisa menggunakan konsep bukaan lebar atau open storage sebagai langkah menciptakan kesan dapur yang lapang. Jika memungkinkan ganti pula pintu cabinet yang ada dengan pintu cabinet kaca, karena kaca akan meng-ekspose isi cabinet dan tentu saja efek adanya kaca pada cabinet akan memberikan kesan dapur yang kebih luas dan lebar.

Tips 3 – Plafon Dapur Tinggi

Selain kedua tips di atas, cara menciptakan kesan dapur terlihat besar dan lapang adalah dengan membuat plafon dapur cukup tinggi. Selain itu juga dengan “menipu” mata yaitu dengan memilih atau menerapkan pola gratis vertical di dinding dapur atau dengan menempatkan benda di atas kabinet.

Tips 4 – Cahaya di Dapur

Dapur harus mendapatkan pencahayaan yang cukup baik dari pencahayaan alami maupun dari penerangan lampu. Hal ini sangat diperlukan guna menghilangkan kesan sumpek atau pengap di dapur. Untuk itu pencahayaan yang baik dan cukup dapat membantu memberikan kesan dapur terlihat luas dan lapang. Usahakan dapur memiliki jendela agar sinar matahari bisa masuk, jika dapur terletak di tempat yang tidak memungkinkan jendela terpasang, maka gunakan system pencahayaan yang baik. Silakan menggunakan lampu yang umum digunakan seperti model lampu skylight. Untuk malam hari gunakan general lighting dan dikombinasikan dengan task lighting atau ambient lighting guna semakin mempercantik pencahayaan di dapur.

Tips-Dapur-Mungil

Tips 5 – Furnitur Dapur Berdesain Slim

Dapur sejatinya tidak memerlukan banyak furniture apalagi di dapur yang mungil. Namun jika harus menambahkan, maka pilihlah furniture yang berdesain slim dan simple. Furnitur simple dan slim layaknya meja island kecil dengan kursi ramping yang memungkinkan kita masih bisa melihat lantai atau dinding. Denagn kondisi seperti ini maka dapur mungil akan tetap terlihat luas, nyaman dan lapang.

Tips 6 – Dapur Bersih dan Rapih

Dapur Ideal dengan kondisi rapi dan bersih sudah menjadi suatu keharusan, demikian pula untuk dapur mungil yang ingin tetap terkesan lebih luas. Maka singkirkan bagian-bagian ataupun perabotan serta barang yang tidak diperlukan. Hal ini sangat perlu untuk menghilangkan kesan berantakan. Dan selalu disiplin diri untuk membersihkan dan merapikan dapur dari segala sampah makanan atau barang yang tidak kita gunakan.

Semoga dengan ke-enam tips sederhana di atas dapat membantu kita semua untuk selalu menjaga dapur mungil di rumah maupun di apartemen untuk selalu terlihat lebih luas. Dengan demikian rasa nyaman dan lapang saat berada di dapur akan selalu terjaga yang akhirnya akan menjadi sebuah dapur yang ideal.

Tips Membuat Dapur Kecil Terkesan Lebih Luas |Asiyah |4.5 | dibaca 2,152 kali