4 Ide Kreatif Agar Dapur Ideal tidak Tampil Monoton

Cara Dapur Tampil Beda – Ruang dapur telah menjadi area yang sering digunakan dan menjadi tempat bertemu anggota keluarga dibandingkan area tengah rumah atau yang sering disebut dengan Livingroom. Dengan posisi barunya ini membuat dapur harus selalu bersih dan tentunya tidak perlu disembunyikan. Dengan mengikuti beberapa ide di bawah ini akan membuat penampilan dapur jauh dari kata monoton, dapur akan tampil beda.

Penataan ruang yang tepat di dapur tidak hanya berguna sebagai pemisahan dan pemilahan area memasak, area penyimpanan dan area bersih-bersih, tetapi juga menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan. Sehingga konsep interior dapur harus dimatangkan sedemikian rupa agar dapur menjadi ruangan yang ideal tanpa banyak mengeluarkan biaya yang tinggi. Berikut adalah empat ide kreatif agar dapur menjadi ideal dan tidak monoton.

1. Bermain dengan Warna

Salah satu ide kreatif agar dapur tampil beda adalah dengan bermain warna, padu padankan beberapa warna dominan di sekitar ruangan dapur. Silakan mengkombinasikan dua atau tiga warna untuk diaplikasikan pada lantai, dinding, kitchen set atau lemari cabinet untuk memberikan sentuhan yang berbeda pada dapur. Untuk menghindari kesan norak atau ramai, hindari padu padan dua warna yang mencolok. Disarankan menggunakan kombinasi warna monokrom dan warna bold guna menghadirkan harmonisasi visual di ruangan dapur.

Untuk dapur yang sudah didominasi dengan warna putih, gunakan warna cerah sebagai padu padan warnanya di salah satu bidang dinding sebagai aksen. Dengan pemberian aksen pada diding dapur maka akan menjadi focal point pada interior ruangan dapur.

2. Kombinas Penggunaan Material

Ide kreatif lainnya dalam menghasilkan penampilan dapur berbeda adalah dengan bermain material finishing dapur. Tidak usah takut untuk berkreasi dengan material alam untuk melapis dinding atau lantai dapur. Ekspos bata tanpa finishing untuk menampilkan kesan kuat dinding bata. Atau gunakan kayu finishing pada salah satu sudut dinding backsplash guna menampilkan gaya country yang unik.

Pemilihan material alam bisa diaplikasikan pada ruangan dapur yang sudah jadi untuk merubah suasana ataupun tema dapur. Namun tetap diperhatikan kemudahan proses pembersihan bagian dapur dengan material alami yang digunakan.

3. Rak Terbuka

Perabotan yang berantakan, kotor menjadi hal yang identik disematkan ke dapur. Sehingga untuk menutupi hal itu semua banyak pemilik dapur yang menggunakan rak tertutup atau kabinet lemari dengan penutup sebagai cara tercepat menghilangkan pandangan kotor dan berantakan. Namun jika ingin memberikan tampilan yang berbeda dari sebelumnya pada dapur, maka penggunaan rak terbuka menjadi sebuah ide kreatif yang perlu dilakukan.

Gunakan rak terbuka pada dinding sebagai area display atau ruang pamer memajang berbagai koleksi perabotan dapur. Rak dengan konsep terbuka juga berguna untuk menempatkan aksesori seperti tanaman hias atau mini sculpture yang setema dengan tema dapur sebagai bukti bahwa ruangan dapur kita sehat dengan adanya tumbuhan yang sehat pula.

4. Papan Tulis

Papan Dapur

Sebagai pembeda dengan dapur lainnya, kita bisa gunakan papan tulis. Selain digunakan sebagai tempat memberikan informasi ke pengguna dapur, papan tulis juga berguna untuk menginformasikan ke seluruh penghuni rumah akan adanya resep masakan favorit atau menu harian. Juga bisa digunakan untuk memacu anggota keluarga menuliskan ide resep harian mereka. Sebagai pemanis, maka papan tulis perlu dihiasi dengan pernak-pernik pada bagian frame atau gunakan kapur warna-warni atau spidol whiteboard warna-warni jika papan tulis yang digunakan model whiteboard. Warna-warni pada papan tulis akan menjadi focal point sehingga menarik anggota keluarga untuk mendekat meskipun hanya untuk sekilas membaca informasi.

Demikian adalah beberapa ide kreatif yang bisa digunakan sebagai pembeda dari suasana atau tema dapur sebelumnya atau dapur lainnya. Tentunya ide-ide kreatif lainnya bisa digunakan untuk mempercantik suasana dapur tanpa mengesampingkan kriteria dapur ideal di rumah.

4 Ide Kreatif Agar Dapur Ideal tidak Tampil Monoton |Ais |4.5 |