Cara Praktis Membersihkan Cooker Hood

dapurideal.com – Cooker hood yang telah terpasang di dapur tentunya membutuhkan perawatan yang baik untuk menjaga kebersihan dan sebagai bagian dari proses menjaga daya tahan untuk memastikan selalu siap digunakan. Hal ini sangat penting karena fungsi utama Cooker hood digunakan untuk menyerap uap atau bau yang dihasilkan dari proses memasak. Jika fungsi utama cooker hood terganggu maka kondisi dapur akan memburuk terlebih pada ruangan dapur yang tidak mendapatkan akses ventilasi atau jendela secara langsung.

Cooker hood merupakan bagian dari dapur yang sangat vital dan sering digunakan apalagi dapur tersebut sering digunakan untuk melakukan proses memasak. Cooker hood tentunya akan cepat kotor dan perlu dibersihkan. Lalu seperti apakah cara yang praktis dan mudah untuk membersihkan penghisap asap ini agar selalu bersih dan bekerja secara optimal? Caranya cukup mudah dan tidak perlu bingung bahkan bisa dikerjakan sendiri.

Awesome Kitchen

Awesome Kitchen

TIPS PRAKTIS MEMBERSIHKAN COOKER HOOD

Langkah 1 – Pastikan power plug Cooker hood sudah terlepas dari sumber listrik dan kondisi cooker hood tidak dalam keadaan panas. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan diri. Kemudian lepaskan filter yang berada di bagian bawah cooker hood dengan membuka penjepitnya. Disarankan membaca manual book yang disertakan oleh pabrik pembuatnya saat membeli. Tiap merk dan model cooker hood memiliki cara berbeda dalam melepas filter, baca terlebih dahulu buku petunjuk guna memastikan tidak adanya kesalahan saat membuka cooker hood.

Langkah 2 –  Siapkan wadah dan isi dengan air hangat atau bisa juga gunakan sink di dapur. Masukkan baking soda dan sabun pencuci piring untuk memudahkan menghilangkan kotoran dari cooker hood. Aduk kedua bahan tersebut dalam air hangat hingga memunculkan busa sabun. Kemudian, rendam filter yang telah dilepaskan.

Langkah 3 – Setelah filter cooker hood terendam seluruhnya selama sepuluh menit, lalu gosok. Gunakan penggosok yang halus agar tidak merusak permukaan filter. Jika sudah bersih, keringkan filter dengan kain atau paper towel. Filter dapat dipasang kembali ke cooker hood setelah benar-benar kering.

Praktis bukan? Inti dari cooker hood hanyalah menjaga filter selalu bersih dan disarankan untuk dilakukan pembersihan sebulan sekali atau jika sangat intensif menggunakan dapur untuk memasak maka bisa dipercepat setiap dua minggu sekali.

Bagaimana jika filter sudah terlalu lama? Tiap filter cooker hood memiliki masa waktu penggunaan dan sebaiknya jika sudah mencapai lifetime-nya perlu diganti dengan yangbaru. Kini, banyak filter cooker hood dijual terpisah.

Selain membersihkan filter bagian dalam cooker hood, perlu juga diperhatikan bagian luarnya. Yaitu dengan membersihkan menggunakan kain lap basah yang sudah siberi dengan produk pembersih. Gunakan saja produk pembersih yang ada di dapur. Jika sudah dibersihkan, jangan dibiarkan mengering sendiri tetapi lap kembali dengan kain bersih dan kering.

Dengan membersihkan cooker hood secara berkala, maka cooker hood dapat bekerja secara maksimal dan optimal dengan menghisap semua bau yang tidak enak dari dapur, hal ini tentunya akan menjaga kondisi dapur tetap ideal untuk digunakan. Perawatan yang berkala juga mampu digunakan untuk mendeteksi kondisi cooker hood, sehingga tidak perlu menunggu cooker hood benar-benar rusak yang memerlukan perbaikan dan biaya yang tidak sedikit.

Cara Praktis Membersihkan Cooker Hood |Ais |4.5 | dibaca 1,924 kali