Cara Mudah Menjaga Dapur tetap Bersih

Dapur Bersih – Mempunyai dapur ideal merupakan dambaan bagi setiap keluarga namun setelah berjalan sekian lama, kondisi dapur yang ideal akhirnya tergerus dikarenakan adanya kotoran atau bagian dapur yang tidak mendapatkan perawatan. Untuk itu dapur tetap perlu dijaga untuk selalu bersih karena aktivitas memasak pasti menimbulkan noda dan kotoran.

Dengan melakukan perawatan yang berkala dan rajin membersihkan dapur setelah kegiatan memasak dari noda minyak, makanan dan debu dapat menjaga kondisi dapur selalu bersih dan ideal yang tentunya akan bermuara pada aktivitas memasak untuk menghasilkan makanan yang bergizi dan lezat dan bebas dari potensi terkontaminasi penyebab sakit. Untuk itu berikut adalah cara mudah menjaga dapur tetap bersih.

1. Tepat Memilih Bahan Material Dapur

Membangun sebuah dapur ideal membutuhkan ketepatan pemilihan bahan material yang digunakan. Pilih bahan yang mudah dibersihkan terutama di bagian lantai dan dinding backsplash,pilih yang tahan air seperti keramik karena mudah dan murah dalam perawatannya meskipun lantai kayu tidak dilarang untuk digunakan namun material kayu membutuhkan material khusus untuk membersihkan dan menjaga kondisi material kayu dapur tersebut. ( Baca: Tips Merawat Bahan Kayu di Dapur)

Tips membersihkan dapur harian

Usahakan backsplah dinding terlapisi dengan keramik, jangan biarkan berupa tembok yang dicat karena berpotensi rusak digerus oleh noda minyak dan makanan. (Baca: Tips Merawat Lantai Dapur)

2. Disiplin Membersihkan Alat Memasak dan Kompor

Segerakan untuk membersihkan peralatan memasak dan kompor setelah selesai beraktivitas di dapur. Hindarkan menumpuk piring kotor dan alat memasak kotor di kitchen sink atau di area dapur, bersihkan segera karena noda atau kotoran akibat memasak dapat mengundang semut, kecoak bahkan tikus. Jangan lupa untuk membersihkan kompor termasuk di tungkunya, jika perlu sikat dengan sikat berbahan keras untuk menggerus noda minyak atau noda makanan yang menempel di kompor. Intinya Disiplin untuk menjaga kondisi dapur selalu bersih setelah digunakan. (Baca: Tips Merawat Peralatan Memasak)

3. Sangat Disarankan menggunakan Cooker Hood

Cooker hood sangat disarankan terpasang di dapur, dan pilih cooker hood yang sesuai dengan gaya dapur yang akan dibangun. Jangan tunggu dapur jadi terlebih dahulu lalu sibuk memilih cooker hood yang cocok karena besar kemungkinan perlu modifikasi tambahan baik di area dapur maupun di cooker hood itu sendiri. (Baca: Tips Memasang Cooker Hood)

Cooker hood cerobong

Cooker Hood sangat berguna untuk menghisap bau tidak sedap dan asap yang dihasilkan dari proses memasak guna memastikan ruangan tetap segar. Cooker hood sangat disarankan untuk tipe dapur indoor terlebih tidak adanya akses langsung ke jendela.

4. Saluran Air Kitchen Sink Lancar

Selalu pastikan saluran air kitchen sink lancar, hal ini perlu dijaga karena sampah sisa makanan seringkali menyumbat saluran airnya. Jika tersumbat maka berpotensi membusuk sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Gunakan soda kue dan cuka lalu air panas untuk membersihkannya jika saluran air sink dirasa mulai tersumbat. Jangan lupa untuk selalu menempatkan penyaring di lubang pembuatan kitchen sink sehingga sampah sisa makanan yang berukuran agak kecil langsung tersaring terlebih dahulu sebelum masuk ke saluran air sink. (Baca: Tips Merawat Saluran Air Kitchen Sink Dapur)

Kitchen sink

Kitchen sink

5. Atur Ruang Simpan di Dapur

Dapur Ideal pastinya memiliki pengaturan ruang simpan yang sudah terorganisasi baik. Namun dalam perjalanan waktu, kondisi ideal ruang simpan akan lama kelamaan hilang sehingga untuk itu perlu mendisiplinkan diri untuk menyimpan peralatan memasak dalam lemari atau cabinet. Minimalisir peralatan dapur yang harus ada di meja dapur untuk memberikan kondisi dapur yang rapi. Untuk bahan bumbu masakan, gunakan toples kaca dan mempunyai label untuk tiap-tiap bumbu masakan untuk menghindari potensi tertukar saat digunakan memasak. Dan buang segala peralatan atau bahan makanan dan masakan yang sudah tidak diperlukan lagi.(Baca: Tips Mengatur Ruangan Simpan Dapur)

6. Pengelolaan Sampah Modern

Limbah dapur pasti terdiri dari dua kategori yaitu limbah sampah kering dan basah. Untuk itu diperlukan manajemen sampah yang baik dengan cara memisahkan kedua tipe sampah tersebut dalam masing-masing tempat sampah. Gunakan juga tempat sampah yang berpenutup untuk menghindari adanya kecoa atau serangga lainnya bahkan tikus. Untuk menetralisir bau saat sampah masih di area dapur, gunakan jeruk lemon dan letakkan di tempat sampah dapur.

Dengan tips-tips di atas diharapkan kondisi dapur yang bersih selalu terjaga karena dengan kondisi dapur yang tetap terawat bersih akan mempengaruhi saat memasak dan menjaga kebersihan hasil masakan untuk selalu lezat, sehat dan bergizi.

Cara Mudah Menjaga Dapur tetap Bersih |Ais |4.5 |