Cara Mudah Membersihkan Saluran Air Dapur yang Macet

dapurideal.com – Dapur yang ideal dan sehat merupakan dambaan setiap ibu rumah tangga terlebih jika ditunjang juga dengan interior dapur yang modern. Namun itu semua menjadi tidak berguna jika saluran air sebagai komponen pokok di dapur tersumbat.

Tersumbatnya saluran air di dapur bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti sampah sisa makanan, rambut yang secara tidak sengaja jatuh di kitchen sink, yang akhirnya akan bercampur dengan benda-benda lain kemudian membusuk dan menyebabkan bau tajam yang tidak sedap. Akhirnya dapur ideal yang sehat menjadi sebuah PR kembali untuk mewujudkannya, yaitu dengan membersihkan saluran air yang macet.

Banyak cara membersihkan saluran air yang tersumbat, dari yang sederhana sampai yang cukup rumit dan membutuhkan keahlian tukang untuk menyelesaikannya. Kali ini, dalam artikel cara mudah membersihkan saluran air yang macet, penulis mencoba berbagi tips yang patut dicoba sebelum melangkah lebih lanjut menyelesaikan tersumbatnya saluran air di dapur.

Saluran air dapur macet

Untuk langkah awal gunakan soda api, bahan ini bisa digunakan untuk membersihkan saluran air yang macet di dapur. Caranya dengan menuangkan dua atau tiga sendok makan soda api ke dalam lubang pembuangan air, kemudian diamkan beberapa saat lalu siram dengan air panas. Soda api yang tercampur dengan air panas akan segera membersihkan saluran air yang macet sehingga saluran air bisa berfungsi kembali dengan baik.

Cara lain untuk membersihkan saluran air di dapur adalah dengan menggunakan soda kue dan cuka. Cukup dengan menuangkan soda kue ke saluran air kemudian diikuti dengan menyiram air panas, disusul dengan menambahkan soda kue lagi lalu dilanjutkan dengan cuka. Proses ini akan menghasilkan buih dan suara-suara seperti gemuruh yang menandakan proses pembersihan saluran air di dapur sedang berlangsung. Setelah bunyi-bunyi gemuruh reda yang ditandai dengan hilangnya buih maka perlu dibersihkan dengan menyiram kembali saluran air dengan air panas sebagai proses pembilasan terakhir.

Jika saluran air yang dibersihkan hanya untuk wastafel, cukup menuangkan satu atau dua cangkir tiap bahan di atas sebagai prosesnya. Namun jika ukuran pipa saluran air lebih besar, maka bisa disesuaikan lagi takaran bahannya disesuaikan dengan besar pipa saluran air yang digunakan.

Soda api, soda kue dan cuka merupakan bahan yang digunakan sebagai cara yang mudah dan praktis membersihkan saluran air yang macet. Selain bahan-bahan tersebut bahan dapur seperti garam juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah saluran air seperti ini. Cukup praktis dan mudah juga dalam menggunakan garam sebagai bahan pembersih saluran air yang macet di dapur, hanya dengan setengah cangkir garam dengan satu ember air panas lalu dituangkan ke saluran air yang macet maka saluran air tersebut bisa lancar kembali.

Setelah saluran air di dapur lancar kembali maka jangan dilupakan untuk membersihkannya secara rutin dan selalu berhati-hati untuk tidak membuang sampah apapun yang melalui saluran air. Usahakan wastafel memiliki filter di saluran airnya, juga selalu tempatkan filter bawaan kitchen sink ditempatnya terlebih saat mencuci peralatan dapur seperti piring sehabis makan atau sehabis masak. Ingat lebih baik mencegah daripada memperbaiki.

Cara Mudah Membersihkan Saluran Air Dapur yang Macet |Ais |4.5 | dibaca 2,375 kali