Kesalahan Dalam Merancang Dapur Ideal

Kesalahan Merancang Dapur¬†–¬†Mempunyai Dapur yang ideal adalah idaman banyak orang, dapur yang memiliki tampilan luar biasa menjadi sebuah keharusan bahkan menjadi ajang pamer dari semua area rumah ke teman, keluarga dan tamu. Hanya saja tidak semua orang ngeh dalam usaha mempercantik penampilan ruang dapurnya. Ada hal-hal yang dilanggar saat merancang desain dapur, berikut adalah enam kesalahan dalam merancang dapur ideal.

1. Kitchen Triangle Terabaikan

Kitchen Sink, lemari es dan kompor adalah kitchen triangle. Ketiga hal tersebut adalah fitur utama yang banyak digunakan dengan kitchen sink sebagai aktor utamanya yang paling sering digunakan di dalam dapur namun sering berhubungan dengan kompor dan kulkas. Jadi, seyogyanya saat kita mengakses ketiga fitur utama tersebut tidak ada penghalang. Lalu lintas antar dan ke fitur-fitur utama tersebut harus lancar.

L Shaped Kitchen Table

2. Ruang Simpan

Di dalam dapur banyak terdapat ruang simpan, kitchen set merupakan salah satunya. Meskipun demikian banyak ditemukan desain kitchen set yang kurang optimal saat digunakan sebagai ruang simpan peralatan dapur atau barang keperluan dapur lainnya. Hal ini terjadi karena seringnya kita hanya fokus pada salah satu bidang saja yaitu bidang horizontal. Untuk itu perlu diperhatikan juga bidang vertikal yang bisa diptimalkan sebagai ruang simpan. Rancanglah kitchen set dengan desain yang mengoptimalkan semua bidang horizontal dan vertical guna memaksimalkan ruang simpan dapur ideal yang ada.

3. Meja Dapur

Meja dapur sebagai bagian yang penting terkadang juga luput dari perhatian saat merancang desain dapur yang ideal dan memukau. Desain meja dapur apa adanya tanpa memperhitungkan sebesar apa countertop atau meja dapur yang dibutuhkan untuk beraktivitas di dapur. Seperti kita tahu, ada pekerjaan persiapan dalam memasak sehingga hindari menempatkan banyak barang di meja dapur yang mengakibatkan terganggunya kegiatan persiapan memasak.

4. Kurang Optimalnya Pencahayaan Dapur

Jangan lupakan lighting di dapur, pencahayaan merupakan hal yang vital karena tanpa pencahayaan yang baik dapat merubah area dapur menjadi area paling berbahaya di rumah. Rancanglah dapur dengan pencahayaan yang baik dan terang benderang sehingga membuat kita nyaman bekerja di dalamnya.

Stunning aqua glass dining tables dining chairs dining tabletop hanging bulb lampsdining room flooring dining room decoration design

5. Backsplash

Diding di meja dapur harus didesain dengan baik dengan melibatkan tampilan juga bahan materialnya. Pilihlah material yang mudah dibersihkan dan tahan terhadap air seperti stainless steel atau yang paling murah dan banyak digunakan orang yaitu keramik. Hindari membiarkan backsplash hanya berupa tembok yang di cat karena proses memasak yang melibatkan banyak bahan memasak seperti minyak, kecap, cuka dan lain-lain pastinya akan mengenai dinding sehingga menyebabkan kerusakan pada dinding dapur tersebut.

6. Ventilasi Udara

Ventilasi udara yang baik adalah wajib bagi sebuah dapur ideal. Meskipun tampilan sebuah dapur sangat memukau, tanpa ditunjang ventilasi yang baik akan membuat kita sangat tidak nyaman terutama dari bau masakan yang tajam. Ventilasi yang baik juga menghindari kelembaban yang berlebihan di dapur, hal ini wajib diperhatikan karena bisa mengundang spora jamur tumbuh dibagian tersembunyi dari sebuah ruang dapur. Jika hal ini terjadi, selesai sudah masa bakti sebuah dapur karena sangat beresiko untuk kesehatan jika digunakan akibat adanya jamur di area dapur.

Kesalalahan-kesalahan di atas merupakan hal yang sering terjadi saat kita mendesain sebuah ruang dapur, banyak hal yang harus diperhatikan dan memerlukan pengetahuan yang cukup untuk mewujudkan dapur yang bersih dengan tampilan yang memukau. Jika dirasa perlu, maka gunakan jasa professional dalam merancang bentuk dan tampilan dapur juga dalam proses kontruksinya. Karena itu semua menjadi satu kesatuan untuk menghindari kesalahan dalam merancang ruang dapur.

Kesalahan Dalam Merancang Dapur Ideal |Ais |4.5 | dibaca 2,193 kali