Membasmi Jamur di Area Dapur

dapurideal.com – Dapur yang bersih dan higienis adalah sebuah keharusan, tetapi ketika dapur terserang jamur maka hal ini bisa menjadi berita buruk. Dapur tersebut harus berhenti digunakan dan harus dilakukan pembasmian menyeluruh karena bisa beresiko pada hasil masakannya. Tetapi jangan khawatir, solusi untuk membasmi jamur ada di tips berikut.

Kita akan menggunakan cengkeh sebagai bahan pembasmi jamur di dapur. Selain digunakan sebagai bumbu dapur atau bahan dasar pembuatan rokok kretek di negeri ini, cengkeh memiliki fungsi hebat lainnya yaitu sebagai pembasmi jamur alami dan ramah lingkungan. Untuk membersihkan jamur di area dapur, kita akan menggunakan minyak cengkeh yang mengandung senyawa antispetik dan berguna secara efektif membunuh jamur dan spora.

Minyak cengkeh dihasilkan dari ekstraksi kuncup, batang dan daun cengkeh yang dipasaran dinamakan minyak astiri cengkeh. Senyawa antiseptic yang terkandung di dalam minyak cengkeh disebut sebagai Eugenol yang sangat dimusuhi oleh jamur. Sehingga sangat berguna untuk membasmi jamur di area dapur, dan berikut ini adalah tips membasmi jamur dengan minyak cengkeh.

Membasmi jamur dengan cengkeh

Step 1 – Gosok terlebih dahulu area dapur yang terindikasi terserang jamur dengan sikat yang sudah dicelupkan ke dalam air panas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan jamur yang terlihat dan untuk mempersiapkan langkap pembersihan berikutnya.Pastikan permukaan area dapur yang tadi telah digosok telah bersih, gunakan kain atau tisu untuk mengangkat sisa-sisa jamur dan kotoran.

Step 2 – Larutkan 1 sendok the minyak cengkeh ke dalam empat gelas air di dalam botol semprot. Gunakan air hangat atau panas saat melarutkan minyak cengkeh,pastikan botol semprot air tahan terhadap air panas atau air hangat dan gunakan sarung tangan sebagai pelindung tangan.

Step 3 – Semprotkan larutan minyak cengkeh ke are dapur yang ditumbuhi jamur hingga benar-benar basah.  Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan usap dengan kain. Akan terlihat jejak jamur yang berwarna kehitaman akan turut lenyap.

Step  4 – Semprotkan kembali minyak cengkeh secukupnya ke area yang sebelumnya ditumbuhi jamur, namun jangan diseka atau dilap, cukup biarkan saja sampai kering yang berguna untuk menghambat pertumbuhan jamur dan membunuh spora jamur yang masih tersisa.

Step 5 – Kemudian secara berkala lakukan penyemprotan kembali larutan minyak cengkeh ke area dapur terutama ke area yang terserang jamur sebelumnya. Lakukan satu atau dua kali per bulan untuk mencegah jamur tumbuh kembali.

Lalu perlu diperhatikan juga ventilasi udara di area dapur dan penerangan yang cukup dari sinar matahari. Hal ini perlu karena jika kedua hal tersebut kurang optimal maka resiko tumbuh kembalinya jamur di area dapur akan besar. Lebih baik melakukan pencegahan dibandingkan melakukan pembasmian.

Semoga tips membasmi jamur di area dapur di atas dapat berguna bagi Kita semua. Tips yang mudah bukan dan ramah lingkungan. Juga selalu jaga kebersihan dan ke-hegienis-an dapur Kita.

Membasmi Jamur di Area Dapur |Ais |4.5 | dibaca 1,286 kali