Cara Jitu Merawat Perabotan Dapur Berbahan Stainless Steel

dapurIdeal.com – Merawat Perabotan Dapur terutama yang berbahan Stainless Steel membutuhkan kemauan serta kesabaran agar barang kesayangan Kita di dapur tetap awet dan terjaga fungsinya. Namun Kita perlu tahu cara yang jitu sehingga saat merawat perabotan dapur berbahan stainless steel tetap mampu memberikan penampilan dapur ideal Kita menjadi semakin cantik dan terawat.

Sebenarnya dalam merawat perabotan dapur stainless steel cukup mudah. Point utama dalam menerapkan perawatan ini adalah menjaga agar lapisan antikarat yang terdapat pada perabotan stainless steel tidak lekas terkikis sehingga diperlukan cara yang tepat untuk merawatnya.

L Shaped Kitchen Table

Berikut Trik jitu merawat perabotan dapur stainless steel

Ada empat cara mudah yang bisa Kita gunakan dalam melakukan perawatan perabotan dapur berbahan stainless steel.

  1. Sebelum menggunakan perabotan dapur berbahan stainless steel kali pertama, terlebih dahulu dilakukan pencucian dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun dan air jeruk nipis. Langkah ini berguna untuk menghilangkan kotoran yang terbawa dari pabrik.
  2. Disiplinkan diri untuk selalu melakukan pencucian perabotan dapur berbahan stainless steel sehabis digunakan. Namun perlu diperhatikan proses pencuciannya karena jika cara mencucinya salah maka akan mempengaruhi keawetan perabotan berbahan stainless steel dimana akan mengikis lapisan antikarat yang berada di permukaan perabotan dapur. Jangan gunakan cairan yang mampu bereaksi negative terhadap stainless steel dan usahakan untuk tidak menggosok perabotan dapur menggunakan bahan yang kasar seperti sikat berbahan logam dan kasar karena hal ini akan merusak permukaan perabotan dapur berbahan stainless steel.
  3. Jika dalam memasak mengharuskan perabotan dapur stainless steel terkena noda hitam akibat panas api saat proses memasak, maka sebelum digunakan sebaiknya perabotan tersebut Kita olesi dengan cuka atau air jeruk lemon pada bagian yang harus terkena api tersebut. Hal ini bertujuan agar noda tidak mudah menempel pada permukaan stainless steel.
  4. Jika perabotan stainless steel Kita terlanjur berubah warna menjadi coklat karena gosong maka perlu dicuci dengan cuka putih atau jus lemon. Kemudian setelah dirasa kembali ke warna semula, cuci kembali dengan sabun pencuci piring, lalu bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan lap bersih. Saat melakukan pengeringan, jangan biarkan kering karena angin, karena jika ini terjadi, maka kombinasi air dan udara bisa menyebabkan titik-titik karat di perabotan stainless steel Kita. Untuk itu sehabis dicuci dan dibilas dengan air bersih langsung dikeringkan dengan lap bersih.

Demikianlah cara jitu dan mudah yang bisa Kita gunakan untuk membersihkan perabotan dapur berbahan stainless steel. Lakukan perawatan sejak kali pertama perabotan tersebut hadir di dapur ideal Kita, dan lakukan pencucian dengan cermat mengikuti cara jitu merawat perabotan dapur berbahan stainless steel.

Cara Jitu Merawat Perabotan Dapur Berbahan Stainless Steel |Asiyah |4.5 | dibaca 1,627 kali