Cara Mencegah Rembesan pada Kitchen Sink

Pasang Kitchen Sink – Salah satu bagian dapur adalah Kitchen Sink atau jika di bahasa Indonesia kan menjadi bak cuci piring. Bagian ini sangat penting sehingga dalam proses pembuatan dapur yang ideal menjadi hal utama dan pertama yang harus diperhatikan. Bak cuci piring atau kitchen sink banyak berhubungan dengan air, maka jika membangun lantai meja dapur terlebih dengan bahan cor, posisi pipa, sambungan pipa dan penempatannya di antara bahan cor-an dan tertutup dengan keramik menjadi hal yang sangat krusial karena jika tidak baik dalam pengerjaannya, resiko bocor atau rembesan pada kitchen sink akan besar.

Untuk itu perlu diperhatikan tips berikut ini untuk mencegah rembesan pada kitchen sink yang mulai dilakukan sebelum pemasangan bak cuci piring tersebut dilaksanakan.

  1. Pastikan ukuran lubang meja dapur sesuai dengan ukuran kitchen sink.
  2. Jika sudah pas posisinya, pastikan sambungan antara sink dan lantai meja dapur benar-benar tertutup
  3. Gunakan semen atau bahan yang direkomendasikan untuk menutup celah antara meja dan sink. Lakukan deteksi dan pengetesan untuk memastikan tidak ada rembesan. Jika dirasa perlu tambahkan semen untuk menambal area yang dideteksi masih ada celah.
  4. Gunakan sealant sebagai pelapis terakhir pada bidang antara sink dan meja dapur. Berikan sealant agak banyak, lalu ratakan.
  5. Lakukan pengetesan kembali, jika sudah tidak ada rembesan pada kitchen sink. Lanjutkan dengan pembangunan area dapur lainnya.

Tips mencegah rembesan pada Kitchen Sink di atas perlu dilakukan karena jika air rembesan mengenai pinggiran celah antara kitchen sink dan keramik atau marmer akan membuat area sekeliling bak cuci piring mudah mengelupas dan akhirnya koyak.
Mencegah Rembesan pada Kitchen Sink
Untuk itu menghindari pemasangan Kitchen Sink yang asal jadi sudah menjadi keharusan dari kali pertama kitchen sink dipasang. Karena jika kitchen sink rembes akan berpengaruh terhadap kebersihan dan estetika dapur, yang akhirnya akan berakibat pada tidak optimalnya fungsi bak cuci piring tersebut. Dampak rembesan Kitchen Sink baru akan terlihat pada jangka panjang karena akan mengakibatkan karat atau rusting dan bisa menjadi tempat subur tumbuhnya ornganisme berbahaya seperti jentik nyamuk, kuman dan sebagainya. Jadi pastikanlah saat melakukan pemasangan alat keperluan dapur termasuk pemasangan bak cuci dapur benar-benar mengikuti prosedur yang baku dan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya.

Pastikan Kitchen Sink di dapur Anda benar-benar terpasang dengan benar, hindari adanya rembesan dan potensi yang bisa mengakibatkan adanya rembesan sejak dini, sejak pembangunan dapur dilakukan. Jika diperlukan, gunakan jasa tukang yang berpengalaman saat memasang bak cuci piring dan terus memonitor kemajuan proses pekerjaan pemasangannya. Jika anda tidak bisa terus menerus melakukan monitoring, serahkan pada jasa konsultan pembangunan atau renovasi rumah yang cukup banyak bermunculan dan menawarkan harga yang kompetitif, pilih yang cukup bonafid dan berpengalaman.

Kitchen sink atau bak cuci dapur merupakan titik fokus utama peralatan dapur selain titik fokus lainnya seperti kran air, backsplash, kitchen set dan komposisi pengaturan ruangan dapur apakah menggunakan konsep pulau atau island, atau bentuk pengaturan kitchen triangle. Semoga saja dengan beberapa tips pemasangan bak cuci piring di atas mampu menjadi faktor apa saja yang harus diperhatikan saat memasang bak cuci piring di ruang dapur.

Cara Mencegah Rembesan pada Kitchen Sink |Ais |4.5 | dibaca 7,891 kali